6.09.2008

gorengan crispy

aku dapet email dari temen2 tentang gorengan crispy yang ngegorengnya pake plastik biar ga butuh banyak minyak dan rasanya kriyuk2 trus tahan ampe berjam2 kriyuk2nya. naaahhh... sebenernya aku dah dapet berita ini lumayan lama, trus ga terlalu ngeh banget, eeeh baru aja tadi pagi tuh makan gorengan di ruangan ternyata temenku sendiri baru bilang kalo dia ngeliat si abangnya nuangin minyak sekalian ma plastik2 ma karet2nya.. huuuuhhhhh serem amaaatt!!... udah gitu aku rada seriiiing lagi makan gorengannya abang itu hukhukhuk... tapi dari pada pusing2 mikirin yang udah terjadi, mendingan mikir positifnya aja, gini: plastik kan bahan yang awet, tidak mudah terbaur, berarti awet kan? apalagi tuh fungsinya buat ngawetin makanan supaya tetep crispy. nah... makanan aja bisa awet berjam2 gara2 plastik, apalagi kita manusia yang makan gorengan yang mengandung plastik... kita bisa lebih awet lagi dong hahahahaha (pikiran aneh)!!.

Ni dia nih email forward-an dari temen.

Buat yg hobby makan gorengan... Temenku punya pengalaman juga, waktu beli pecel lele di daerah Jakarta selatan, ternyata abangnya tidak menuangkan minyak goreng yang masih diplastik ke penggorengan. Tapi malah meletakkan minyak goreng yang masih dalam plastik ke dalam penggorengan panas. Sehingga plastiknya meleleh larut dalam minyak panas, baru pecel lelenya digoreng dan hasilnya pecel lelenya crispy!(crispy= renyah) seremyaaaaaaaaa

Kepada semua Tolong baca ini.
Ini adalah kisah nyata, dan seseorang
juga menceritakan hal itu kepada saya, yang terjadi padanya di Kedah Tunjang. Saya kira itu juga terjadi pada kita juga.


Di PERLIS (area pasar malam, dimana mereka selalu menjual PISANG GORENG pada sore hari). Pamanku melihat mereka menggoreng PISANG GORENG,mereka menambahkan sedotan plastik ke dalam minyak goreng panas(sedotan=yang biasanya kita gunakan untuk minum), sedotan dilelehkan/dicairkan (melted) ke dalam minyak goreng panas sebelum menggoreng, itulah sebabnya PISANG GORENG, UBI GORENG, dll selalu tetap crispy=renyah selama beberapa jam.Pamanku tidak dapatvmenjelaskan kenapa. Kemudian dia bertanya kepada mereka,namun mereka tetap diam, kemudian pamanku mengatakannya pada ibuku, kemudian kami mempraktekkannya dan cara inilah yang membuat makanan tetap renyah.
Kemudian ibuku berkata, hati-hati pada makanan Thailand juga,seperti ikan bilis, bawang goreng, meskipun kita meletakkannya pada udara terbuka selama beberapa jam, makanan tetap renyah (tidak melempem).

Seperti di CANADA, hanya di tempat kami hujan turun selama 5 kali atau kurang dalam setahun, jadi bila kita meletakkan roti di udara terbuka selama semalam,keesokan harinya rati itu menjadi sangat renyah atau kering karena lingkungan disini sangat kering, tetapi di Malaysia, hal itu tidak akan terjadi karena disana kelembaban terlalu tinggi. Saya pernah ke dataran tinggi Kamerun dengan keluarga saya, sekitar pukul 3 sore kami berjalan-jalan disekitar pasar, kami melihat banyak penjaja kios melakukan usaha mereka, tiba-tiba sesuatu menarik perhatian saya... di salah satu kios, ada sebuah wajan besar minyak goreng yang didalamnya ada botol plastik kosong(ukuran 5 1/2 liter), botol itu pelan-pelan mencair di minyak goreng yang panas dan saya terkejut.Saya kira itu suatu kesalahan yang dilakukan oleh anak kecil, tetapi ketika saya melihat lebih dekat, saya melihat ada beberapa sedotan plastik (chopstick)didalam botol plastik tersebut, segera meminta keluarga saya
untuk datang dan memeriksanya, pada saat itu orang tua anak kecil tadi datang, mereka memandang kami dengan garang, mereka menggunakan cairan plastik untuk menggoreng makanan, alasannya agar makanan yang digoreng tidak melempem.

Kami mempraktekkannya seperti ini,Minyak goreng tanpa plastik, makanan agak melempem setelah beberapa lama. Kemudian ditambahkan plastik, kemudian menggoreng lagi ... makanan menjadi renyah, lebih renyah dari KFC.

udah baca semua kan??... semoga bermanfaat bagi yang belum baca.

Setelah baca ntu semua... aku punya satu kesimpulan. appaan tuh??.. kesimpulan kalo orang indonesia tuh cerdas-cerdas dan kreatif. eh, bener lho, jangan salah kita ni sebenernya orangnya cerdas-cerdas dan kreatif banget dibandingin yang lain. cuma sayangnya, kita tuh kebanyakan kreatif dalam hal yang negatif, maka jadilah kita bobrok kaya gini. mau untung gede.. minyak dicampur ma plastik, sedotan, karet etc kayak di atas enoh, bensin di campur ama apaa gitu, trus sekarang ni minyak tanah dioplos ma oli atau.. apa ya di tv tuh, apalagi coba.... bedak. dari bedak bayi ampe bedak dewasa dicampurin segala macem sedemikian rupa sehingga..., DC bajakan yaaa nomer satu banyaknya... airr... yang menjadi kebutuhan dasar ga ketinggalan juga, apalagi coba.. banyak deh.... itu semua membuktikan kalau kita tuh orangnya cerdas-cerdas tappppiiiii disalurkan ke hal yang negatif kabeh.. ya jadinya negatif deh dan membunuh anak bangsa, membunuh generasi mendatang. Astaghfirullah...

coba kalo kita liat orang cerdas yang menyalurkannya ke arah positif, dia bisa bikin kerajinan dari kulit telor.. dari kedebogan pisang (dry banana trunk), trus bisa buat alat pembuka kulit duren, alat buat ngambil biji apel biar kalo di makan ga susah2 ngebuang bijinya.. trus masih banyak banget pembuktian bahwa kita tuh sebenernya orang-orang cerdas.

Aku yakin banget kalo orang2 cerdas Indonesia berkumpul dan mereka mempunyai rasa kecintaan terhadap bangsa yang tinggi, insya Allah indonesia yang tercinta ini bisa keluar dari jeratan manusia2 yang biadab, negara2 biadab yang hanya ingin mengeruk kekayaan kita aja. sekali lagi kita tuh sebenernya orang2 yang cerdas. coba liat di negara2 luar sana... aku yakin byuannnyyaaakkk buangggeeettt orang2 cerdas kita yang hidup di luar sana, kenapa mereka ga hidup dan memajukan Indonesia aja?.. jawabnya yaaa meneketeheee... tanya aja sendiri ama mereka, tar juga mereka jawab ko hehehehe.. tapi yang pasti.. di luar sana.. hidup bener2 dihargai, orang pintar pun benar2 dihargai serta untuk kenyamanan... sepertinya terlihat di sana sangat lebih nyaman dari Indonesia. so... ngapain juga mereka susah2 hidup di sini.. wong mereka seneng di sana ko.. lagian di Indonesia kerjanya tawuran mulu.. bentrok-bentrokan mulu... mana mau mereka orang2 cerdas mau bentrok2an... yaaa mendingan asik di sana dong ya ga? hehehehe... Allah a'lam ding.
/>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --