7.14.2016

Tehnik Menghafal Al-Quran Dengan Mudah

Bismillaah,

Tulisan ini termotivasi oleh mereka yang suka menghafal AlQuran. Alhamdulillaah di masjid deket rumah ada kelas khusus menghafal Quran. Jadi setiap hari minggu, seminggu sekali kami semua datang tuk menyetorkan hafalan, baik itu 1 halaman 2 halaman bahkan ada yang sampai menyetorkan hafalan 5 halaman setiap minggu. Maa syaa Allaah.

Untuk menghafal AlQuran sebenarnya yang dibutuhkan hanya tekad yang kuat selain memang Quran itu sendiri atau bisa juga lewat aplikasi Quran HP kita. Aku sangat sangat yakin semua orang bisa menghafal Al-Quran walaupun ga bisa baca sama sekali, walaupun ga ngerti huruf Al-Quran itu sendiri tapi mereka tetep bisa menghafalnya. Buktinya anak kecil yang belum belajar huruf sekalipun bisa menghafal surat2 pendek bahkan sampai ada yang sudah bisa menghatamkan Al-Quran. Apa rahasianya? yaitu dengan MENDENGARKAN BACAAN Al-Quran dari orang lain terutama mereka yang faham cara membaca AlQuran dengan benar seperti para masya syaikh.

Metode mendengar ini juga merupakan metode yang paling mudah untuk dipraktekkan kalau menurut pengalamanku yaaaaa... Caranya /tipsnya:
  1. Download aplikasi Quran di HP. Kalau aku pake aplikasi Quran seperti ini. Aplikasi ini cuma ada di android ya temen-temen... karna aku dah coba di apple ga bisa-bisa. Jadi cuma android aja.
Cara mudah menghafal Quran - Aplikasi Quran Android














2. Kalo udah di install di HP, pilih syaikh yang bacaan Qurannya yang paling kamu suka. Kalo aku paling suka bacaan Qurannya syaikh Sa'ad AlGhamdi. Jadi aku selalu dengarkan bacaan Syaikh Sa'ad AlGhamdi dari awal sampai akhir. Perlu diperhatikan di sini, bahwa sangat penting bagi kita untuk stick, untuk tetep mendengarkan 1 syaikh aja, jangan pernah pindah2 syaikh sampai kita khatam/selesai 30 juz karna akan membingungkan hafalan kalau kebanyakan syaikh yang kita dengar. Pengalaman dulu waktu awal-awal belajar menghafal Quran, aku pindah dari 1 syaikh ke syaikh lainnya sampai beberapa syaikh. Lama-lama ko jadi bingung ya? trus aku diingatkan kalau lebih baik tetap mendengarkan 1 orang syaikh aja dan ternyata memang benar, menghafal jadi lebih mudah. Beda cerita kalau kita udah hafal seluruh Quran dengan 1 syaikh dan kemudian pengen menghafal dengan syaikh yang lain maka insyaa Allaah ga masalah.
 
3.  Allaah kasih kita waktu 24 jam. Memang sebagian besar kita kerja dan katanya tidak punya waktu tuk menghafal AlQuran. Aku termasuk yang ga setuju dengan statement itu. Sesibuk-sibuknya kita insyaa Allaah ada waktu buat istirahat. Nah, waktu istirahat itulah kita manfaatkan tuk minimal mendengarkan bacaan Al-Quran. Sekali lagi minimal mendengarkan AlQuran. Ibu-ibu rumah tangga yang sibuk dengan anak di rumah, sibuk dengan masak, nyuci piring dan lainnya bukanlah suatu halangan juga. Yang aku lakukan ketika di rumah, ketika aku masak, atau nyuci piring atau lagi ga enak badan atau bahkan sakit, tetap dengarkan bacaan AlQuran lewat HP  dan fokus pada ayat yang sedang kita hafalkan. Apliasi AlQuran Android di atas, bacaannya bisa diulang-ulang per ayat atau 2 ayat atau sebanyak yang kita mau. Pengulangannya pun terserah yang kita suka mau diulang 1x, 3x bahkan seterusnya sampai baterai habispun bacaan Qurannya akan terus diulang-ulang. Jadi enak kita bisa fokus dengerin 1 ayat dan kita teruuuuuuuus dan teruuuuuuuus dengerin sampai kita ga sadar kalo kita udah hafal di luar kepala bahkan sebelum kita benar-benar menghafalnya.

4. Tips atau trik untuk menghafal dengan cara mendengar adalah ketika kita udah mendengar beeeeerrrkali-kali sampai kita kayaknya udah familiar dengan ayat tersebut, maka ketika kita mendengarkan lagi, kita coba untuk ikuti. JANGAN DIAM ketika mendengarkan tapi IKUTI bacaan syaikh tersebut sehingga suara dan panjang pendek bacaan kita akan percis cis sama dengan syaikh yang kita ikuti. Coba deh, nanti lama2 akan percis cis sama. Nah, kalo udah bener2 yakin kita udah hafal ayat tersebut. Sekarang matikan HP dan coba baca sendiri ayat yang kita sedang hafal tadi, nanti kita akan terkejut bahwa nada bacaan kita percis cis sama dengan syaikh yang kita ikuti. Pastinya itu butuh waktu dan mendengarkannya ga cuma sekali dua kali. Kadang kalau ayatnya agak susah bisa sampai 20x bahkan lebih.
 
 5. Untuk ayat yang pendek, tips no 4 mungkin bisa dilakukan. Tapi untuk ayat yang panjang dan agak susah (kalo menurutku surat At-Taubah agak rumit menghafalnya subhaanAllaah) maka kita perlu waktu khusus untuk duduk menyendiri dan fokus menghafal ayat tersebut sambil melihat tulisan Al-Qurannya. Jadi mata kita tertuju pada tulisan Al-Quran di HP, telinga kita mendengarkan cara syaikh membaca ayat tersebut, mulut kita ikutan seperti yang syaikh ucapkan. Teruuuuuuusss dan teruuuuus aja jangan pernah bosan. Sekali lagi butuh waktu ga cuma sekali dua kali, kadang kalau ayatnya panjang dan susah banget bisa lebih dari 20x baru bisa hafal.
 
6. Ok, kita udah hafal di luar kepala 1 ayat hari ini atau mungkin 1/2 atau 1 halaman hari ini. Kita PD kalo udah hafal di luar kepala. Tapi aku yakin ketika besok kita coba ulang lagi hafalannya, kita akan tercengang bahwa hafalan kita hilang begitu saja. Oleh karena itulah besoknya dibutuhkan pengulangan lagi. Terus-terusan diulang lagi minimaaal banget 10x. Setelah kita yakin bener2 hafal, kita bisa pindah ke ayat selanjutnya atau ke halaman selanjutnya kalau kita menghafal 1 halaman sehari. Itu hari ke dua ya temen-temen. Nah, hari ke tiga sama juga. hafalan hari pertama kita ulang-ulang terus sampai di luar kepala lagi (mungkin kali ini cuma 5 kali bisa hafal) dan dilanjutkan mengulang hafalan hari ke dua (butuh waktu lebih lama minimal mungkin 10 atau 20x bergantung mudah susahnya ayat tersebut). Kalo hafalan hari pertama dan kedua udah di luar kepala, kita bisa nambah hafalan yang baru. Trus besoknya percis sama seperti itu juga, hafalan hari pertama kita ulang lagi (kita akan merasakan hafalan hari pertama akan sangat mudah paling cuma sekali atau maximal 3x pengulangan udah no problem, bacaan tersebut udah bener2 di luar kepala kita) lalu lanjut ke hafalan hari ke dua dan seterusnya terus dan terus seperti itu. Lama2 bacaan yang awal2 tanpa kita sadari udah bener-bener di luar kepala tanpa mendengar bacaan syaikh pun kita udah bisa sendiri.
 
7. SABAR. Kesabaran sangat dibutuhkan kita menghafal Al-Quran. Allah telah menjanjikan mereka yang menghafal Quran dan mengalami kesulitan dalam menghafalnya maka Allaah akan memberikan double pahala. Jadi ga ada ruginya kita menghafal Quran malah kita untung kalo susah dapet pahala double. Enak kan? Jadi walaupun susah-susah sabar aja. Susah di dunia tapi bahagia di akhirat insyaa Allaah.

8. Bantu dengan coret-coretan. Menghafal 1 ayat 2 ayat mungkin lebih gampang tapi kalo udah beberapa hari dan jadi beberapa ayat maka kita akan bingung mana duluan ayat yang dibaca. Jadi kalau kita perlu coret-coretan, kita buat sendiri coret-coretan yang bisa dengan mudah kita fahami untuk menghubungkan 1 ayat dengan ayat yang lainnya. Jadi ketika kita menghafal, kita akan tau setelah ayat ini akan dilanjut dengan ayat yang berbunyi seperti ini.

9. BACA ARTINYA. Menghafal AlQuran akan jauh lebih mudah jika kita mengetahui artinya. Disamping dengan mengetahui arti yang kita baca, kita akan lebih mudah meresapi AlQuran itu sendiri. Kita akan bahagia mendengar berita-berita gembira yang Allaah turunkan kepada kita tentang Syurga dan kenikmatannya, yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, yang penghuninya bertelekan di atas dipan-dipan ALLAAHU AKBAR semoga kita digolongkan ke dalam penghuni Syurga dan langsung masuk Syurga tanpa hisab dan adzab. Aaamiin. Juga kita akan membaca tentang sejarah kaum terdahulu, sejarah nabi-nabi, para sahabat dan bagaimana perjuangan mereka menegakkan kalimat Tauhid dll.

10. BACA TAFSIRNYA. Membaca artinya aja kita ga akan mengerti mengapa ayat tersebut diturunkan. Maka dengan membaca tafsirnya akan lebih memudahkan kita dalam mengingat hafalan Quran terutama urutan ayat. Kalau aku download aplikasi di android juga tuk tafsirnya. Namanya tafsir Ibnu Katsir Lengkap. Bentuknya seperti ini: 
Tafsir Ibnu Katsir
  11. Last but not least, semoga tips dan trik di atas bisa memudahkan kalian semua untuk menghafal Al-Quran dan semoga kita semua yang berusaha menghafal AlQuran, Allaah pertemukan bersama-sama di Syurga-Nya kelak, In syaa Allaah! Selamat menghafal teman-teman dan sampai ketemu di Syurga!. :)
/>

10.30.2014

Mari Kembalikan Penilaian Kita Berdasarkan Sudut Pandang Islam

Baru-baru ini Indonesia dihebohkan oleh seorang wanita yang memegang jabatan tetapi wanita tersebut dipandang oleh sebagian orang kurang memenuhi standar pendidikan dalam jabatannya, kemudian dia merokok, suka berpakaian sexy dan lain sebagainya, tapi dia terdengar cukup sukses dalam bisnisnya. Saya tidak akan membahas perilaku keseharian atau kehidupan wanita tersebut karena memang hal seperti itu adalah ghibah atau menggunjing orang dan itu adalah perbuatan dosa. Alangkah baiknya kita doakan semoga Allaah Subhaanahu wata'ala memberikan dia hidayah untuk menerima kebenaran dan kembali ke jalan yang benar, ke jalan yang diridhoi Allaah dan meninggalkan semua kemaksiatan yang dilakukannya. Terkait menggunjing, Allaah Subhaanahu wata'ala berfirman dalam surat Al-Hujurat: 12 yang artinya:

“Janganlah kalian menggunjingkan satu sama lain. Apakah salah seorang dari kalian suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kalian merasa jijik kepadanya. Bertaqwalah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah itu Tawwab (Maha Penerima taubat) lagi Rahim (Maha Menyampaikan rahmat).”

lebih baik mana tidak berjilbab tapi tidak korupsi
Kembalikan Penilaian kita berdasarkan sudut pandang Islam
Sekali lagi alangkah baiknya kita doakan mereka para pejabat dengan doa yang baik, terutama kita doakan kepada presiden kita siapapun itu dengan doa yang baik. Karena jika kita mendoakan kebaikan untuk dia dan ternyata Allaah kabulkan, maka kebaikan itu akan bermanfaat untuk seluruh masyaratkat yang ada di bawah kekuasaannya. Namun jika kita mendoakan keburukan, niscaya keburukan itu akan berdampak pada seluruh masyarakat yang dipimpinnya. Jadi mari doakan para pemimpin kita karena manfaatnya akan jauh lebih besar dan mari doakan yang baik-baik saja karena jika doa kita dikabulkan, maka akan sangat bermanfaat untuk kebaikan ummat manusia.

Dalam tulisan ini saya tidak akan membahas masalah ghibah, tetapi tentang cara pandang kita terhadap perbuatan seseorang. Banyak sekali dari kita yang memandang seseorang itu baik tetapi tidak dengan kaca mata agama, hanya baik dipandang dengan kaca mata sebelah mata, kaca mata "mata satu", kaca mata liberal, kaca mata mereka yang mengutamakan akalnya, atau kaca mata apapun namanya selain kaca mata Islam. Padahal jika kita memandang suatu kebaikan, maka kita harus memandangnya dengan kaca mata Islam, berdasarkan sudut pandang Islam, karena kebaikan itu hanya ada dalam Islam, tidak ada dalam yang lain. Kebenaran itu hanya ada dalam Islam, dan tidak ada kebenaran selainnya. Jadi sekali lagi jika kita ingin menilai sesuatu itu benar atau salah, baik atau buruk maka kembalikan penilaiannya itu berdasarkan timbangan Islam. Karena Islam telah mengatur seeeeeeemua-muanya dari urusan yang paling kecil sampai yang paling besar, dari yang simpel sampe yang rumit, dari urusan pribadi sampai negara, dari aturan bangun tidur sampai tidur lagi, dari menjaga kesehatan sampai penyembuhan penyakit, dari cara makan sampai buang hajat. Seeeeeemua-muanya sudah Islam atur sedemikian rupa sehingga tidak ada satupun aturan di dunia ini yang tidak diatur dalam Islam. Maka kuncinya kembalikan penilaian kita, benar atau salah, baik atau buruk berdasarkan sudut pandang Islam.

Sangat disayangkan secara tidak sadar masyarakat kita ditanami pemikiran-pemikiran yang sesat dan menyesatkan, pemikiran yang hanya berdasarkan logika (yang kadang dipaksakan) yang lama kelamaan menjauhkan kita dari pemikiran Islam dan memang itulah tujuannya, tujuan utama mereka adalah menjauhkan masyarakat muslim dari agamanya. Muslim tapi cara fikirnya liberal atau yahudi atau muslim tapi perbuatannya mengikuti orang-orang nashrani atau majusi. Na'udzubillaahi min dzaalik.

Kita kembali lagi kepada cerita pejabat yang disebutkan di atas yang suka merokok, suka berpakaian sexy, suka minum alkohol dan lain sebagainya, maka sebagian besar orang mengatakan:
"It's ok apa yang dia lakukan (merokok, suka minum alkohol dan lain sebagainya) tapi dia ga korupsi, dari pada si anu yang ketahuan muslim, dan pendiem tapi ternyata korupsi".

atau pernyataan yang sepadan:

"mendingan dia yang ga pake jilbab tapi royal dari pada dia yang pake jilbab tapi pelit" atau mengatakan "mendingan si anu yang ga shalat tapi baik dari pada si itu yang shalat tapi akhlaknya buruk".
 
Miris mendengar pernyataan seperti itu karena lama kelamaan pemikiran liberal tersebut menyatu dengan pemikiran masyarakat kita. Apakah pemikiran seperti itu salah? YA, SALAH.
 
Lho kok salah? dimana letak salahnya? Ok marilah kita berfikir sejenak. Mari kita lihat masyarakat kita yang sedikit demi sedikit digiring pemikirannya ke arah liberal. Digiring pemikirannya ke arah "rapopo", "ga papa". Gapapa kamu merokok asal baik, gapapa kamu ga shalat asal hati kamu baik, gapapa kamu ga berjilbab asal kamu jilbabi hati (menjaga hati), gapapa kamu nikah sama laki-laki dari agama lain asal kamu masih muslim...gapapa...gapapa.... dan gapapa lainnya. Padahal SEMUANYA ITU SALAH KARENA MELANGGAR ATURAN ALLAAH!. Mari kita fikir bersama-sama berdasarkan logika jika kita mengatakan gapapa atau rapopo dalam hal ini adalah logis,

- merokok itu HARAM, bisa merusak badan dan berbahaya bagi perokok dan orang-orang yang berada di sekitarnya. Apakah gapapa kita menyakiti badan kita sendiri dengan rokok? apakah rapopo kita menyakiti orang lain sampai batuk-batuk karena asap rokok yang kalian hembuskan? apakah ndak papa membuat orang lain tidak nyaman?. Jadi ketika ada yang merokok bagaimanapun baiknya orang itu, bagaimanapun pintarnya, bagaimanapun tingginya jabatannya, bagaimanapun suksesnya, bagaimanapun kayanya, tetap MEROKOK ITU SALAH DAN BERDOSA.

- meninggalkan shalat itu DOSA, apakah rapopo ketika kita melakukan dosa?, ENGGA!. TIDAK! Ga bisa kita bilang gapapa meninggalkan shalat bagaimanapun baiknya hati kita, bagaimanapun pintarnya kita, bagaimanapun banyaknya amal kita, tetapi tidak boleh meninggalkan shalat karena itu artinya kita melanggar perintah Allaah dan melakukan perbuatan dosa yang dosanya sangat sangat besar dan sangat mudah menjerumuskan kita kedalam api neraka. Apakah dijerumuskan ke dalam api neraka yang paling dalam itu gapapa?. Na'udzubillaah, silahkan aja kalau mau.
- berjilbab adalah kewajiban bagi setiap muslimah. Siapapun itu wanita yang mengaku dirinya seorang muslim maka WAJIB baginya untuk berjilbab menutup auratnya karena itu perintah dari Allaah. Nah, jika kita tidak memakai jilbab berarti kita telah melanggar perintah Allaah kan?. Apakah gapapa jika kita melanggar perintah Allaah?. Yang Allaah perintahkan untuk kita tutup adalah aurat kita, kulit dan bentuk tubuh kita, bukan hanya hati kita. Jadi bagaimanapun baiknya hati kita, bagaimanapun sopan santunnya kita, bagaimanapun care nya kita kepada orang lain, bagaimanapun mulianya kita dihadapan manusia, kita sebagai muslimah tetap WAJIB untuk menutup aurat kita karena kita menjalankan perintah Allaah. Jadi sekali lagi SALAH besar ketika kita mengatakan rapopo kamu ga shalat asal hati kamu baik.
- Menikah dengan laki-laki yang beragama lain itu HARAM dan jika kita lakukan itu maka hukumnya sama dengan zina dan semuanya itu sudah jelas aturannya di dalam Islam. HARAM tetap HARAM dan jika dilakukan itu dosa. Apakah gapapa jika kita tetap menikah dengan non muslim dan dihukumi zina dan berbuat dosa lalu dicemplungkan ke neraka?. Na'udzubillaahi min dzaalik.

Sekali lagi jika kita kembalikan sudut pandang kita berdasarkan aturan Islam, maka in shaa Allaah kita akan bisa menjawab apakah perbuatan itu baik atau buruk, apakah perbuatan itu salah atau benar. Mari kita berlogika kembali berdasarkan aturan Islam:

- Apakah gapapa jika kita merokok tapi tidak mengganggu orang lain?. Berdasarkan aturan Islam perbuatan itu tidak baik karena mendzalimi diri dan orang lain dengan asap rokoknya. Maka merokok adalah HARAM walaupun sendirian dan tidak di hadapan orang lain karena merokok itu merusak diri sendiri, merusak kesehatan perokok itu sendiri dan Allaah melarangnya:
"Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu” (QS. An Nisaa’: 29)
Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan“. (QS. Al Baqarah: 195).
Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang yang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata.” (QS. Al Ahzab: 58
Tidak boleh memulai memberi dampak buruk (mudhorot) pada orang lain, begitu pula membalasnya.” (HR. Ibnu Majah no. 2340, Ad Daruquthni 3/77, Al Baihaqi 6/69, Al Hakim 2/66. Kata Syaikh Al Albani hadits ini shahih).

Sekali lagi. Apakah rapopo kalau kita merokok tapi hati kita baik, tapi kita sukses dalam karir?. Maka berdasarkan sudut pandang Islam di atas, bagaimanapun baiknya hati seseorang, bagaimanapun suksesnya dia dalam berbisnis, bagaimanapun tingginya jabatan dia, tetap haram untuk merokok dan tidak patut bagi kita untuk mencontohnya.

- jika ada orang yang mabuk. Apakah itu baik?. Islam melarang alkohol karena alkohol membahayakan kesehatan dan merusak badan, jadi siapapun yang meminum alkohol dan suka dengan alkohol maka dia melakukan perbuatan yang tidak baik. (dalil sama dengan di atas)

- jika ada yang berjilbab. Apakah itu baik?, Ya, karena Islam menyuruh setiap wanita muslim untuk menutup auratnya dengan berhijab. Lalu ketika ada orang yang berjilbab yang korupsi misalnya, maka tidak bisa kita menyalahkan jilbabnya. Karena memakai jilbab itu benar (menjalankan perintah Allaah) sedangkan korupsinya yang salah dan kita tidak bisa menyalahkan jilbab karena dia korupsi. Janganlah memandang kesalahan seseorang dari cara dia menjalankan perintah Allaah. Karena SEMUA perintah Allaah itu baik dan SEMUA larangan Allaah itu pasti ada keburukan di dalamnya. Jadi ketika ada orang yang berjilbab tapi korupsi, maka jangan salahkan jilbabnya, karena memakai jilbab itu perbuatan baik dan dia sudah berusaha sebisanya untuk menjalankan perintah Allaah dengan berjilbab dan korupsi yang dia lakukan itu buruk dan dia sudah melanggar perintah Allaah.

Lalu jika kita bandingkan antara orang yang merokok, sukses, tidak berjilbab, mempunyai jabatan dan tidak korupsi dengan orang yang memakai jilbab tapi korupsi, manakah diantara keduanya yang lebih baik?. Sekali lagi yang lebih baik adalah siapapun yang menjalankan perintah Allaah dan menjauhi larangan-Nya dan kita tidak boleh mencontoh perbuatan buruk seseorang hanya karena kesuksesannya, pun kita tidak boleh men-judge atau menghakimi seseorang hanya karena kesalahannya. Tidak ada manusia yang sempurna, tidak ada manusia yang tidak mempunyai kesalahan. Jika kita ingin mencontoh manusia yang paling sempurna maka contohlah Rasulullaah ShallAllaahu 'alayhi wasallaam dalam setiap segi kehidupannya. Jangan mencontoh pejabat yang tidak korupsi tapi dia merokok atau minum alkohol atau bertato atau tidak berjilbab atau semacamnya, tetapi contohlah pejabat yang berusaha sebisa mungkin amanah dalam jabatannya, tidak merokok, menjalankan shalat, tidak minum alkohol, tapi jika dia korupsi, janganlah tiru korupsinya karena korupsi adalah perbuatan yang salah dan berdosa, pun jika dia korupsi maka jangan hubung-hubungkan korupsi dengan shalatnya karena hanya Allaah lah yang berhak menghakimi shalatnya.

Islam mengajarkan kepada kita untuk beriman kepada Allaah dan beramal saleh (Ar-Ra'd 29). Beriman artinya kita meyakini Allaah dengan segala ketentuannya, dengan segala aturannya dan kita tunduk dan patuh dengan semua ketentuan dan aturan Allaah tersebut. Ukuran salah dan benar adalah ukuran Allaah, ukuran agama Islam dan Allaah lah yang menilainya. Allaah tidak menyuruh kita untuk menilah orang lain itu baik atau buruk tapi Allaah menyuruh kita untuk melaksanakan perintah Allaah dan menjauhi larangan-Nya. Hanya itu tugas kita. Selanjutnya biarlah Allaah saja yang menilai amal kita.

Semoga Allaah jadikan kita manusia yang bertakwa, yang selalu berusaha menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dan semoga Allaah berikan kita kekutan iman dan kesabaran yang besar atas setiap cobaan yang menimpa kita dan semoga Allaah jauhkan kita dari neraka dan masukkan kita ke dalam Syurga-Nya. Amin.
/>

10.14.2014

Cara Membuat Nasi Uduk Simpel, Sederhana, Gurih dan Enak

Hidup di negeri orang memang agak susah ketika kita pengen makan enak masakan Indonesia. Kalau kita pengen makan nasi uduk yang enak dan gurih, kita tinggal pergi ke nasi uduk Kebon Kacang kalo di Jakarta atau pergi ke tempat abang jualan yang mangkal dan kita bisa makan sepuasnya, simpel dan ga repot-repot membuat nasi uduk yang gurih dan enak. Simpel dan sederhana tinggal bayar doang hehe.

Kalau di sini kami harus membuatnya sendiri karena abang-abang yang jual nasi uduknya ga pada jualan di sini hihi. Alhamdulillaah di Canada ini agak lebih mudah menemukan bumbu-bumbu dapur di Indian market. Mereka menjualnya lengkap seperti halnya di Indonesia. Dari terong, labu, bawang merah, bawang putih dan lain-lain semuanya ada sampai daun salampun ada. Tapi sampai saat ini aku belum bisa menemukan lengkuas (laos) di sana dan subhaanAllaah Alhamdulillaah ternyata ada satu toko yang menjual khusus makanan dan bumbu dapurnya Indo di Vancouver ini jadi bisa beli ke ibu itu. Beliau orang Indonesia dan sudah lebih dari 30 tahun tinggal di Kanada. Cukup lengkap juga dagangannya sampe pete pun ada qeqeqe.

Wokeh, cukup intronya, kita langsung aja membuat nasi uduk simple sederhana gurih dan enak. Aku namain itu karena emang simple banget bikinnya ga usah repot-repot pake kukusan atau rice cooker atau yang lainnya. Cukup dengan satu wadah aja dan ga butuh waktu lama. Oiya resep di bawah ini buat makan 3 orang yaaaa atau mungkin buat 2 orang kalo emang makannya banyak-banyak. Mari kita mulai.

Bahan-bahan:

/>

10.07.2014

Frequently asked interview questions for permanent residence in Canada - Pertanyaan Interview PR Canada


pertanyaan interview permanent resident kanada
Pertanyaan interview PR Canada
Untuk teman-teman yang sedang mengajukan proses permanent resident ke Canada khususnya teman-teman yang mengajukan Permanent Resident of Canada karena menikah dengan warga negara Canada, berikut ini ada beberapa pertanyaan yang diambil dari sebuat situs forum diskusi, semoga bisa membantu untuk inteview (jika pihak kedutaan menyatakan untuk interview). Seperti yang pernah aku tulis di sini bahwa interview sangat menentukan diterima tidaknya Permanent Resident kita. Aku ceritakan juga di postingan sebelumnya bagaimana teman baruku dari Myanmar yang interview di hari yang sama ternyata permohonan Permanent Resident nya ditolak gara-gara salah satu sebabnya dia lupa kejadian diantara mereka karena saking udah lamanya (sekitar hampir 2 tahun yang lalu pernikahannya) yang ketika pihak kedutaan mengkonfirmasi jawaban kepada suaminya di Canada, suaminya (yang juga sepertinya tidak siap dengan konfirmasian inteview lewat telepon) menjawab seingatnya dan ternyata jawaban mereka banyak yang berbeda yang pada akhirnya menyebabkan permanent resident istrinya ditolak. Padahal suaminya sudah beberapa kali mengunjungi istrinya di Myanmar tapi ternyata hal ini tidak bisa menjadi bukti untuk pihak kedutaan bahwa mereka memang suami istri. Jadi saranku alangkah lebih baiknya untuk benar-benar mempersiapkan diri untuk inteview ini. Ini Frequently asked questions for interview for permanent resident of Canada, pertanyaan yang biasa ditanyakan di interview untuk permanent resident Canada yang aku ambil dari sebuah forum diskusi. Semoga bermanfaat.

Frequently asked questions for interview for permanent resident of Canada:

/>