8.31.2008

Esia Hidayah; Ringtone Bacaan Azan dan Al-Quran, Islamikah?

Sambut Lebaran, Esia Luncurkan Ponsel Hidayah
Kamis, 21 Agustus 2008 (Selular.co.id)



Setelah sukses meluncurkan HP seri Merah-Putih untuk momen kemerdekaan, Esia kembali meluncurkan HP Esia Hidayah untuk menyambut momen bulan Ramadhan 1429 H. Harga bandrol yang ditawarkan untuk ponsel bernuansa religi ini sama dengan HP Esia Merah-Putih, yakni Rp 299 ribu dengan isi talktime sebesar RP. 14.920,- Untuk tahap awal, Esia meluncurkan sebanyak 150 ribu unit ke pasaran.

Menurut Erik Meijer, Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom, peluncuran ponsel-ponsel yang disesuaikan momentum adalah untuk mendukung suasana dari momen itu sendiri, serta adanya permintaan pasar untuk produk tersebut, khusunya HP- Esia Hidayah. “ Untuk HP Esia Hidayah, kami akan melihat dulu bagaimana reaksi pasar, jika banyak permintaan maka bisa diteruskan sepanjang tahun” ujarnya. Diakui oleh Erik,peluncuran HP Esia Hidayah ini juga untuk mendompleng target pelanggan Esia mencapai 7 juta pelanggan hingga akhir 2008.

Sesuai dengan namanya, fitur-fitur yang dibenamkan memang bernuansa Islam, mulai dari ringing tone, aplikasi pengingat waktu sholat (Adzan), Al-Quran selular hingga 30 Juz, dan doa harian dari beberapa ustadz di Indonesia. Keseluruhan fitur yang dibenamkan dalam ponsel ini telah mendapatkan rekomendasi dari Fatwa MUI Pusat. Apalagi hasil dari setiap unit ponsel ini akan diinfaqan sebesar Rp.10 ribu melalui lembaga yang khusus menagani infaq.

Dua aplikasi yang dibenamkan di dalamnya, yakni Al-Qur’an dan Adzan menggunakan BREW (Binary Runtime Environment for Wireless) untuk akses ke jaringan. Untuk fasilitas Adzan, Esia menetapkan tariff langganan per-minggu sebesar seribu rupiah. Jika berpindah ke kota yang berbeda waktunya, ponsel akan secara otomatis menyesuaikan waktu Adzan dengan kota setempat. (Dina)

---------
Aku belum pernah melihat dan belum tau bagaimana cara kerja esia hidayah ini, Sepertinya kontennya bagus, ada aplikasi pengingat waktu sholat (Adzan), Al-Quran selular hingga 30 Juz, dan doa harian dari beberapa ustadz di Indonesia (semoga doa-doanya memang benar-benar doa-doa yang shahih untuk diamalkan), selain itu harganya lumayan terjangkau. Hanya saja secara khusus apabila ada ringtone, baik itu untuk texting (sms) atau calling yang menggunakan bacaan AlQuran atau azan, maka akan melanggar keislamian itu sendiri. Bagaimana tidak, apabila seseorang yang mendapat telepon dan saat itu dia menggunakan ringtone azan, apakah saat itu pasti menunjukkan waktu shalat? seperti yang telah kita ketahui bahwa azan merupakan panggilan shalat, bukan untuk panggilan telepon.

Contoh yang lain, apabila kita menggunakan ringtone bacaan AlQuran (ngaji), ketika kita mengangkat telepon yang otomatis akan menghentikan bunyi ringtone tersebut -yang notabene adalah bacaan Al-Quran -, apakah kita pasti tahu menghentikannya di saat bacaan yang tepat? bagaimana ketika ringtone itu berbunyi "Asyhadu an laaa ilaaha, tiba-tiba kita stop, apakah Anda tahu artinya? artinya aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan. titik, tidak ada kata "selain Allah" di sana, karena kita stop saat berbunyi "La..ilaaha". islamikah itu? "Laa ilaaaha illallah.."..

Saya hanya ingin mengajak kepada Saudara-Saudaraku muslim, janganlah menggunakan bacaan azan atau bacaan ayat Quran sebagai ringtone. Janganlah niat baik kita untuk mendengarkan Al-Quran malah merusak makna ayat Al-Quran itu sendiri dengan cara menghentikan ringtone Al-Quran tersebut di saat yang tidak seharusnya yang nanti pada akhirnya bisa menghancurkan atau merendahkan islam atau bahkan akan membuat kita jadi berdosa besar. Na'udzubillah min zalik. ok, mungkin ada yang faham tentang makna Al-Quran sehingga dia bisa menghentikannya di saat bacaan yang tepat, tapi Saudaraku... tidak semua muslim mengerti Al-Quran seperti Anda. lebih banyak yang tidak faham dari pada yang faham. So, alangkah lebih baiknya menghindari mudharat yang sangat besar dari pada mencoba meraih manfaat yang hanya sedikit.
Kebenaran itu hanya datang dari Allah, apabila ada kesalahan maka itu datang dari diri saya sendiri. Saya hanya menyampaikan apa yang saya tahu karna Addiinun Nasiihah, Agama adalah nasehat. Allah a'lam.(Maf).
/>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --