10.14.2014

Cara Membuat Nasi Uduk Simpel, Sederhana, Gurih dan Enak

Hidup di negeri orang memang agak susah ketika kita pengen makan enak masakan Indonesia. Kalau kita pengen makan nasi uduk yang enak dan gurih, kita tinggal pergi ke nasi uduk Kebon Kacang kalo di Jakarta atau pergi ke tempat abang jualan yang mangkal dan kita bisa makan sepuasnya, simpel dan ga repot-repot membuat nasi uduk yang gurih dan enak. Simpel dan sederhana tinggal bayar doang hehe.

Kalau di sini kami harus membuatnya sendiri karena abang-abang yang jual nasi uduknya ga pada jualan di sini hihi. Alhamdulillaah di Canada ini agak lebih mudah menemukan bumbu-bumbu dapur di Indian market. Mereka menjualnya lengkap seperti halnya di Indonesia. Dari terong, labu, bawang merah, bawang putih dan lain-lain semuanya ada sampai daun salampun ada. Tapi sampai saat ini aku belum bisa menemukan lengkuas (laos) di sana dan subhaanAllaah Alhamdulillaah ternyata ada satu toko yang menjual khusus makanan dan bumbu dapurnya Indo di Vancouver ini jadi bisa beli ke ibu itu. Beliau orang Indonesia dan sudah lebih dari 30 tahun tinggal di Kanada. Cukup lengkap juga dagangannya sampe pete pun ada qeqeqe.

Wokeh, cukup intronya, kita langsung aja membuat nasi uduk simple sederhana gurih dan enak. Aku namain itu karena emang simple banget bikinnya ga usah repot-repot pake kukusan atau rice cooker atau yang lainnya. Cukup dengan satu wadah aja dan ga butuh waktu lama. Oiya resep di bawah ini buat makan 3 orang yaaaa atau mungkin buat 2 orang kalo emang makannya banyak-banyak. Mari kita mulai.

Bahan-bahan:


  • 1/4 beras putih dicuci bersih, setelah itu masukkan air yang kira2 tinggi airnya 1/4 jari telunjuk (cara nya celupkan jari telunjuk kita, trus jari yang masuk ke air itu cuma 1/4 nya aja -ujungnya aja-)
  •  1 batang sereh besar (dikeprek)
  • 3 lembar daun pandan (panjangnya sekitar 10-15cm)
  • 2 lembar daun salam yang agak besar
  • ketumbar yang sudah dihaluskan
  • 1 sendok makan minyak kelapa kalo ada (untuk lebih meng-kinclongkan dan memberi rasa pada nasi serta menghindari banyaknya kerak di dasar panci)
  • 1 sendok teh garam
  • 1 gelas santan kental
  • kalau ada daun cengkeh, boleh ditambahkan, tapi kebetulan saat itu aku ga punya cengkeh jadi ga pake cengkeh dan Alhamdulillaah ga mempengaruhi rasa ko. Suamiku bilang hasilnya enak banget sampai nambah lagi makannya hehe Alhamdulillaah
Cara membuat nasi uduk 
Masukkan minyak kelapa, garam, sereh yang sudah dikeprek, daun salam, daun pandan dan cengkeh -kalau ada- ke dalam panci beras yang akan dimasak. Kemudian masaklah dengan api yang sedang atau bahkan agak kecil (jangan terlalu besar apinya karena nanti airnya cepat habis tapi nasinya belum empuk). Tutup dan biarkan dulu selama beberapa menit, aduk-aduk lagi dan usahakan salam, sereh, dan pandan posisinya selalu berada di tengah atau di bawah agar aromanya terserap ke nasi.

Setelah airnya mengering masukkan santan kental yang sudah dihangatkan, aduk-aduk terus sampai rata dan sampai santan menyerap ke dalam nasi. Setelah air santannya mengering, kecilkan api tapi jangan dimatikan, biarkan sampai meresap tapi tetap diawasi dan sering diaduk biar ga membentuk kerak di dasar panci.
bahan-bahan membuat nasi uduk simple, gurih dan enak
Nasi Uduk Simple, Gurih, dan Enak ;)

Selesai. Simpel kan?. Hasilnya Alhamudulillaah terasa enak dan gurih. Selamat Mencoba :)

Bisa disajikan dengan:
- kering tempe
- taburan bawang merah
- kerupuk
- ayam goreng
- tempe goreng
- ceplok telor kalo pengen simpel
- kalo ada yang jual abon (ayam atau sapi) bisa dimakan pake abon juga
- irisan mentimun
- sambal

/>

1 komentar:

  1. Kontak saja sama SInta, Maft. Dia rajin banget upload foto di Facebook-nya. kira-kira sudah ada 100 masakan. :)

    Ping-o-matic kau remove ya?

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --