8.03.2008

Syarat join bike to work

Wuiiihhh hari ini ikutan funbike rame bangggeeet..... Subhanallahh... seneng deh, apalagi bisa ketemu temen2 BTW, ada nte Rini, Vinda, om B Rhenn K (dengan aksen R gaya bahasa prancis haha.. sori Om), ketemu om Ibra, om Lutfi dan anaknya, dll dll semua muanya deh.

Sepertinya sih keinginan masyarakat untuk ber BTW tuh besar ya, cuma mungkin masih sedikit enggan karna mungkin jarak rumah-tempat kerja terlalu jauh atau takut di jalannya atau gimanaaa gitu jadi mereka belum ber BTW. jadi ada ide napa gak sharing biking aja ya.. bersepeda ria ke kantor.
Ok, kali aja ada yang mo tau sebenernya apa aja sih yang dibutuhin seorang yang mo join bike to work?. Ini dia syarat-syaratnya:

1. Niat bersepeda
Lha, kalo ga niat sepedahan ya.. udah jalan aja... kaga bakalan dong kalian nyepedah kalo emang ga niat... jadi diniatin dulu, bismillah aku mau sepedahan biar ngirit ongkos (qeqeqeqe... lol).
2. Harus ada sepeda
Lha, kalo ga punya sepeda mana bisa bersepeda.. hmm punya sendiri lebih baik, tapi kalo gak punya minjem juga boleh tapi jangan keseringan ya... kasian yang punya sepeda. Yang paling ga boleh tuh nyuri sepeda. Naahhh itu mah udah urusan ma polisi deh bukan ma BTW.
3. Punya tempat tujuan bersepeda
Kalo kita para BTWers kan ada tujuan ke kantor tuhhh, kalo ga ke kantor ya.. asal tempat kerja aja deh di mana.. kalo ga ke tempat kerja juga gpp.. yang penting intinya ke mana-mana pake sepeda buat ngurangin polusi, mo ke pasar naik sepeda.. mau ke mall naik sepeda.. mau beli sayuran pake sepentda ( hah! pake sepeda!!??@#$%&* hahaha... aneh nih yang nulis, masa beli sayuran pake sepeda.. ya pake duit dong? lol).
4. kalo yang ni tambahan aja.. asesoris namanya kalo ga salah mah hehe.
Ditegesin lagi, yang paling penting itu sepeda doang, kalo ini cuma kalo diperluin aja. Ni dia perlengkapan2 lainnya:
-

Helmet: helm ini kita pake buat ngelindungin kepala (masa ngelindungi kakii.. aneh aja nih orang!). ini kelengkapan perang yang bisa dibilang kudu, mesti, a must, karna untuk menjaga kepala kita barangkali terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan di jalan (na’udzubillah min zalik), yang paling penting adalah terlindungnya bagian tubuh yang paling istimewa yaitu kepala. So, kalo kalian udah beli sepeda, coba deh beli helm nya. Harganya variatif ko, pilih sesuai adanya kocek kamu aja yang penting fungsinya. Kalo mau tau bocorannya... sekitar mulai 100 ribuan gitu deh. Kalo mau harga miring coba beli di daerah kampung melayu jalan mau ke arah stasiun jatinegara, di sana ada beberapa toko sepeda yang menjual perlengkapan sepeda dengan harga lumayan miring (lupa nama tokonya). Bagi kalian yang ingin punya banyak pilihan model helm bisa pergi ke roxy atau toko-toko sepeda macem roda link dan yang lainnya.
- Kita tau semua kan kalo Jakarta tuh polusinya na’udzubillah masya Allah Innalillahi. So, alangkah lebih baiknya kalo kalian bersepeda terutama jika melalui jalanan utama (jalan gede kalo ga ngerti jalan utama) atau jalan manapun yang sekiranya banyak polusi dan kita butuh melindungi paru-paru kita, pakailah masker. Masker ni banyak macemnya, ada yang asal penutup doang (kamu bisa pake sapu tangan atau kain yang bisa diiket ke belakang buat nutupin hidung), atau bisa juga beli di abang-abang yang jajain macem2 barang murah di biskota, paling harganya Cuma 3.000an kok (mungkin bisa lebih murah kalo bisa nawar). Tapi kalo aku, lebih save pake masker babi namanya (karna moncongnya dua), ada juga yang moncongnya satu
tapi lebih enak pake moncong dua


walaupun sedikit berat tapi lebih banyak udara yang bisa dihirup dan yang terpenting terlindung dari asap-asap dan bau yang gak jelas. Kalo beli yang masker moncong ini lebih baik di ACE hardware aja... huks... aku dulu ketipu... beli di Ambassador Rp. 150.000,- discount 50% jadi Rp. 75.000 ditawar Rp. 75.000,- kaga bisa-bisa sama sekali. Eeeeehhhh ga taunya temen beli di ACE hardware Cuma 30.000an... (tapi Alhamdulillahnya tuh cuma Rp.75.000 yaaa, coba kalo Rp. 150.000.. kan ketipunya lebih gede lagi hehe.. Alhamdulillah. Pokoke woteper hepen sey Alhamdulillah lahh...okeh?). sip.
- Ayooo lanjuttt... oiya.. ada yang lupa. Kalo beli refill is masker, nanti ada 2 macem yang ringan dan yang berat. Kalo aku, lebih nyaman pake yang berat karna semua udara, bau dll terserap di filter warna kuningnya itu.

Pernah nyoba yang ringan, ternyata bau asapnya masih terasa. Tapi semua terserah yang make si.. pilih mana yang nyaman aja. Hmmmm helm, masker.. apalagi ya... ooo kaca mata. Nah, kalo ini ada dua fungsi, yang pertama buat ngelindungin mata dan yang kedua buat gaya (ccciiieee ciiieee..) tapi kita niatin beli buat ngelindungin mata kita dari udara kotor yang masuk ke mata. Ini mah ga usah dikasi tau lagi banyak banget yang jual. Tapi alangkah lebih baiknya kalo pake kaca mata untuk bersepeda, cari kacamata yang full menutup mata.

- Sarung tangan diperlukan selain untuk melindungi tangan dari ganasnya sinar matahari terutama kalian para wanita yang takut item, juga untuk melindungi telapak tangan kalau jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.
- Jangan pikirkan banyaknya asesoris sepeda, karna masih banyak banget asesoris lain yang belum disebutkan, semuanya ada di toko sepeda dengan kegunaan dan harga masing-masing. Tapi yang pasti harus ada adalah sepeda, jadi kalo udah ada sepeda ya cukup, tinggal digowes aja ke kantor dan berarti kalian udah resmi menjadi anggota BTW dan mencoba berpartisipasi mengurangi pemanasan global. Semua asesoris BTW seperti bike tag, pin dan lain-lain bisa di beli di sekretarit BTW atau biasanya kalo ada acara fun bike kerjasama ma BTW biasanya mereka jual kok.
Kalo ada pertanyaan tentang bike to work silahkan ajaa.. atau bisa langsung menghubungi sekretariat BTW di situs ini . Ayo lakukan semampu kita untuk berpartisipasi memelihara lingkungan dan mengurangi global warming.

/>

2 komentar:

  1. hii . mau tanya . kalo anak SMA/kuliahan boleh ikut bike to work gak ya ? . bales ya ke blog saya . makasih .

    BalasHapus
  2. Hii Reevo...
    Aku dah bales ke blog kamu. (sengaja tetap diterbitkan barangkali ada teman-teman kita yang punya pertanyaan yang sama). Ya, siapapun boleh ikut BTW. Walaupun sebenernya BTS (Bike To School) atau BTC (Bike To Campus) atau BT BT lainnya ;)) . Gak masalah kok, yang penting kita bersepeda ke tempat kita beraktifitas baik itu ke sekolah, kampus, pasar, mall dsb. dan berpartisipasi mengurangi global warming. ayo bersepeda ria ke mana saja.... yukss.. marrriii... :) .

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --