12.22.2008

Penyembuhan Vertigo

Kemarin aku cerita tentang vertigo dan bilang ada temenku yang mengirim email tentang cara penyembuhan vertigo, ini dia file nya (aku co-past), semoga bermanfaat terutama bagi kalian yang benar-benar terserang vertigo kayak aku.

VERTIGO & THERAPY

Dear all,
Ini sekilas tentang VERTIGO, bagi yang belum pernah merasakannya sebaiknya DICEGAH, jangan sampai masuk dalam VERTIGO CLUB. Ini pengalamanku sendiri, mungkin saja tidak sama dengan penderita lainnya, tapi aku hanya ingin sharing kepada para beberapa teman-temanku yang juga vertigo.

Hanya orang yang pernah mengalami VERTIGO bisa merasakan tersiksanya kalau sedang kumat, kita seperti berada di dalam sebuah ROUND TABLE lalu diputar berkeliling atau terkadang terasa seperti di ayun ke segala arah yg tidak jelas , di angkat tinggi dan berputar semuanya ...... ????!!!!!

Kepala saat diletakkan ke bantal sangat tidak nyaman, terus ingin berputar dan kita seakan mencari pegangan kemana-mana. Apalagi melihat atau menunduk ke bawah jelas tidak mungkin. Rasanya lebih baik tidur duduk saja.

Confidence level turun karena kita tidak tau kapan sang Vertigo akan muncul. Dia akan muncul begitu saja. Biasanya dengan MERISLON bisa hilang tapi TIDAK TUNTAS sembuhnya. Aku setiap tahun kumat sekali. Namun serangan vertigo yang terakhir menyebabkan aku tidak bisa tidur pada posisi kanan, setiap mau balik ke kanan maka vertigonya kumat. Aku merasakan ada sesuatu yang salah namun tidak tau apa itu ????. Akhirnya ketika Reuni Lebaran di Bali seorang teman memberikan reference untuk berobat ke seorang Profesor di Mt E- Spore, dimana dokter ini seorang NEUROLOG dan ahli dlm penyakit Stoke, baginya vertigo enteng . Maka untuk mencari kesembuhan aku menemuinya Jumat kemarin.

Mula-mula dokter melakukan Blood Circulation Scan, di mana segera diketahui apakah ada bagian pembuluh darah yg mampet atau alirannya kurang lancar dls. Sesudahnya dilakukan Therapy di kursi sofa oleh seorang suster sbb :
Aku telentang dengan kepala sebagian nongol keluar kursi tanpa bantal dan dipegang oleh suster, kemudian disuruh noleh ke kiri, ADUUHHHH langsung VERTIGOnya kumat, dunia berputarrrrrr, sampai tanganku menggapai-gapai mencari pegangan.... , disuruh relax sesudah hilang maka harus menoleh ke kanan, kumat lagi walau tidak separah yang kiri, relax lalu balik badan dan kepala melihat ke lantai, lalu bangun perlahan2
dengan mata melihat ke bahu , kemudian duduk kembali.
Hanya itu therapynya, tapi MANJURRRR, lalu aku diharuskan tidur bolak balik, kanan - kiri - kanan kiri dst ...dst ( Total waktu therapy sekitar +/- 15 menit ) Sesudah aku tanya kenapa bisa vertigo ternyata SANGAT SEDERHANA . Apa itu ??? Vertigo terjadi karena kita salah posisi tidur, mungkin tanpa kita sadari kita selalu tidur pada satu posisi, misalnya kebanyakan kiri terus dan jarang kanan/kiri, sehingga ini akan memperparah vertigo, yang mengakibatkan adanya "christal" istilah mereka yg lepas dari telinga kita sehingga menyebabkan keseimbangan kita terganggu. Nah therapy itu utk mengembalikan posisi "Christal" itu, that'all ... So Simple ya, ternyata tidak ada related dengan kolesterol atau lain sebagainya. Aku hanya diberikan 1 jenis obat yang hanya diminum 1 kali saja pada malam sesudah therapy, itupun kalau masih merasa berputar. Pada malam hari itu aku tidur dengan nyenyak dan mengikuti advise nya agar tidurnya kanan-kiri-kanan- kiri, dan memakai bantal 2 buah ditumpuk agar tinggi serta harusmerubah pola tidurku yang salah. ITU SAJA cara pengobatannya. Aku adalah penggemar pijet, maka aku sempat tanya ke dokter apakah masih boleh pijet kepala, disarankan sebaiknya tidak pijet kepala, krn kuatir tk pijetnya kan tidak tau jelas pembuluh mana yang kena pencet. Huhuhu aku kini STOP pijet dulu deh, karena ketika kena serangan yang baru lalu itu aku pas sedang dipijet bagian kepala, mungkin saja saat itu ada yang kurang pas. Sayangnya selama ini aku belum pernah di advise therapy begitu oleh para dokter yang pernah aku datangi. Kalau sedang vertigo maka akan dihubungkan dengan kolesterol/lipitor, istirahat, minum obat pengencer darah, dls... , sedangkan minum merislon itu membuat kita lemas.
Sabtu pagi aku therapy sekali lagi sebelum kembali ke Jakarta, sekarang aku merasa FIT dan tidak vertigo lagi, moga-moga ini akan selamanya dan aku tidak minum obat apapun. Nah moga-moga sharing ku di atas dapat bermanfaat bagi para teman yang kebetulan sudah masuk dalam VERTIGO Club , ataupun mungkin bisa di sharing kepada family yang kena vertigo ataupun kepada yang belum pernah kena vertigo .

Note :
TIDURLAH dengan sikap yang baik yaitu BOLAK-BALIK kiri kanan !!!
SEGERALAH perhatikan dan ubah pola tidur anda bilamana anda mempunyai kecenderungan tidur pada satu posisi.
Lakukan pola tidur ini mulai sekarang walaupun anda belum pernah kena vertigo.
PENCEGAHAN lebih baik.
/>

21 komentar:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat bagi saya pribadi terima kasih telah memosting pengalaman anda yang sangat berharga ini,semoga dapat membantu saya mengobati vertigo roctaria yg saya alami ini??????

    BalasHapus
  2. terima ksh , saya akan mencoba pada tman saya yg memiliki penyakit ini .

    BalasHapus
  3. @Rohman dan Farhan: Ya sama-sama, semoga Allah sembuhkan penyakit vertigonya. Amin.

    Ternyata setelah diperiksa, kemungkinan vertigo yang aku alami adalah vertigo klasik, tapi Alhamdulillah tidak kambuh lagi sepanjang tidak "memforsir" badan terutama mata dan fikiran kita untuk terus bekerja dan berfikir. Intinya memang kita harus istirahat. :)

    Semoga Allah selalu berikan nikmat sehat-Nya kepada kita, amin.

    BalasHapus
  4. Iya mdh2an bermanfaat bagi saya karena saya sekarang menderita vertigo. Tapi saya minta tlg dikasihtahu untuk di bandung dimana ya yang ada? Terima kasih ya atas infonya.

    BalasHapus
  5. AlIan, maaf sekali aku tidak tau di Bandung itu di mana yang ada penyembuhan vertigo. Tape lebih baik AlIan coba cara di atas dulu aja. Coba ikuti step by step sesuai langkah itu.

    Syafakallah, semoga Allah sembuhkan AlIan ya... amin. Sabar ya AlIan... insya Allah dengan bersabar, rasa sakit itu akan menggugurkan dosa-dosa kita insya Allah.

    BalasHapus
  6. Iya terima kasih ya Maft, doain saya ya mdh2an cepet sembuh dan beraktifitas dengan normal lagi ya...

    BalasHapus
  7. Ummu Aisyah, terima kasih atas info yang sudah disharing ini, saya sedang mencari artikel tentang pengobatan vertigo. Afwan, apakah terapi di kursi sofa ini, bisa juga diterapkan untuk penderita usia lanjut ( sekitar 60 - 70 tahun ) ?
    Dan apakah ada pantangan yang harus dihindari (Do or Don't ) sebelum dan selama melaksanakan terapi ini. Mungkin ada info sewaktu konsultasi dengan dokternya.
    Jazakallah khoiran.

    BalasHapus
  8. Anonim, terima kasih sudah berkunjung tapi afwan saya tidak tau pasti apakah ada limit usia untuk terapi tersebut, juga Do or Don't nya.

    Dokter hanya bilang harus istirahat dan memberikan beberapa obat. Tapi sepanjang pengalaman saya, selain istirahat total, usahakan untuk mengeliminir kontak dengan radiasi baik itu komputer atau handphone dan semacamnya, bahkan sinar matahari yang menyengat.

    Kalau saya sendiri, saya sangat sangat yakin dengan kebenaran hadis Rasulullah tentang pengobatan dengan habbatussaudah yang bisa mengobati segala macam penyakit kecuali kematian. saya sangat yakin itu dan Alhamdulillah obat dokter saya gantikan dengan habbatussaudah ternyata Allah sembuhkan vertigo saya. Alhamdulillah.

    Sekali lagi maaf saya tidak bisa membantu, semoga Allah berikan kesembuhan total dari vertigo dan penyakit lainnya bagi penanya ataupun yang sedang sakit. amin. Syafakallah.

    BalasHapus
  9. alow, boleh lebih detail lagi theraphy yg didapat di s'pore itu? istri skarang dirawat gara2 vertigo. pls, kalo ke s'pore blm sanggup sih hehe, ditunggu di veerdee@gmail.com ya thx (ian)

    BalasHapus
  10. wah moga ini berguna bagiku....
    krn dgn pnykit ini aku sungguh tersiksa...
    dan yg aku takutkn bila sedang membawa kndran,
    thnkzz....( machdy )

    BalasHapus
  11. Terimakasih bt infony.. Bp saya terkena vertigo. Smpe2 klo lg kumat, ga tega ngliatny. Kepala terasa berputar2 ktnya.. Trs mual n muntah. Dr dl jg srg kambuh vertigony, Cm br kemaren kambuh dan ga sembuh2. Minta penjelasan yg lbh rinci langkah2 terapinya dan krm k emailqu san_ny19@yahoo.com.. Terimakasih atas jwbnny, smg allah membalas kebaikan anda

    BalasHapus
  12. ILMU YANG BERMANFAAT ITU JADI AMAL JARIAH... KANG
    NUHUN..NUHUN..

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah,
    Terima kasih banyak atas informasinya mengenai vertigo. Saya baru saja mengalami vertigo, dan sdh berkonsultasi dg Dokter, memang terapinya hampir sama, tetapi dengan adanya informasi dari bpk kayaknya lebih komplit. Terima kasih sekali lagi, mudah2an kita dijauhkan dari penyakit...Amiiin..

    Salam
    Dedi Cardi

    BalasHapus
  14. Untuk semuanya, terima kasih atas komentarnya dan jazaakumullah khair atas doa2nya, semoga Allah balas doa kalian dengan yang jauh lebih baik lagi, semoga Allah hilangkan penyakit2nya atau diberikan kesabaran yang besar atas penyakit ini, ameen.

    Aku mau bagi cerita kalo hari ini aku baru aja bekam (wow antrinya masya Allah, dari dateng jam 1 siang, baru diproses ba'da isya ampe baru selesai tengan malem, nyampe rumah jam 1an malem subhanallah ampyun daaah hehe). Nah, ketika bekam itu ada yang dibekam di kepalanya dan waktu di tanya, itu karena dia suka vertigo. Jadi sepertinya bekam mungkin bisa dijadikan alternatif penyembuhan lain untuk vertigo kali ya... Allah a'lam. Tar coba aja deh tanya ustadznya.

    Hehe.. untung waktu itu aku ga bilang ke ustadznya kalo aku sering sakit kepala dan kena vertigo, kalo bilang mungkin kepalaku dibotakin dikit untuk dibekam hihihi.. atuutt... seyeeeemm... qeqeqeqe.

    Oh, satu lagi. Waktu aku dibekam kan mereka tau rambutku panjang banget, dan ada salah satu mba2 yang bekam itu bilang
    "Mba, coba deh dipendekin rambutnya nanti insya Allah vertigonya ilang, karna dulu saya sering vertigo (waktu rambutnya panjang banget), dan setelah konsultasi ke ustadz disuruh potong rambut dan Alhamdulillah vertigonya ga kambuh2 lagi".

    So, kali aja diantara kalian perempuan berambut panjang yang sering kena vertigo, coba deh rambutnya dipotong dulu. Abis itu bagi-bagi cerita di sini ya... bener ga kalo potong rambut vertigonya ilang. Kalo untuk pria aku ga tau ya.. kali aja potong rambut bisa diganti dengan potong kuku qeqeqe lol ;).

    BalasHapus
  15. Pa banyax pikiran tu slah 1 penyebab vertigo?
    Cz dh 4th nie ak di voniz dokter lou ak vertigo. Pdhal ktane vertigo hnya di derita org yg dh tua. Sdg ak kna vertigo sjk umur 15th. Tp slma 1th nie ak g mw brobat cz obt dokter (kya merislon) tu cuma bkin ak kya ktagihan za

    BalasHapus
  16. Terima kasih infonya. Mm saya bbrp kali kena vertigo sampai ga bs bangun setahunan ini pdhl biasanya jarang2 aja. Saya minta detail dokter dan pengobatannya scr rinci. Terima kasih.

    BalasHapus
  17. Terima kaseh atas infonya...Aku dah 1 thn ini alami vertigo,aku dah berobat ke mana2 tp tetep ga sembuh2....klo bisa tolong di perjelas teraphynya...klo bisa tlg email ke, wensis_lonely@yahoo.co.id makasih sebelumnya

    BalasHapus
  18. terima kasih infonya sangat membantu,kalo boleh tau di Mt.Elizabeth itu dokter siapa?saya sangat butuh infonya.Trims sebelumnya.

    BalasHapus
  19. please info , nama dokternya di mt elizabeth
    terimakasih

    BalasHapus
  20. Minta penjelasan lebih rinci donk soal theraphy'ny..
    Soalny suami sy kena vertigo.
    Trus td kan dibilang, dokterny ngasi 1 jenis obat, obatny apa yah..

    Reply yah :))
    Inryseventh@gmail.com

    Makasii.

    BalasHapus
  21. @ Puput: Banyak fikiran salah satu penyebab vertigo? Mmmmm.... Ga tau Put, Allah a'lam, mungkin kali yaaa (hiks sotoy deh aku). Gini Put, mungkin solusinya Puput jangan banyak fikiran lagi, enjoy aja hehe.

    @ Cynthia and 2 Anonim: sama-sama, tapi maaf saya tidak mempunyai detail dokternya.

    @ Mba Inry & Anonim, untuk terapinya mungkin bisa dibaca kembali artikel di atas :) .

    Kalau 1 jenis obat untuk vertigo, setau saya kemungkinan insya Allah itu adalah Mertigo mba Inry.. (saya tidak tau obat yang lainnya).

    Mba, saya menulis ini sebelum saya dibekam di kepala, tapi setelah saya memberanikan diri bekam di kepala sepertinya bekam itu penyembuhan yang tercepat untuk sakit kepala (mungkin termasuk vertigo juga), Allah a'lam. Itu yang saya yakini karena setelah bekam di kepala, saya Alhamdulillah tidak pernah lagi merasakan vertigo bahkan sakit kepala yang tuwing2 senut2 pun sangat jarang saya rasakan kecuali saya memang benar2 memforsir otak dan mata untuk terus bekerja atau terkena banyak asap rokok (karena saya alergi asap rokok).

    Semoga Allah berikan kesembuhan dan/atau kesabaran yang besar kepada mereka yang kena vertigo. Amin.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --