12.21.2008

Serangan Vertigo

Wow.. udah lama banget gak posting setelah terakhir memposting cara-membuat-situs-pribadi dan bacaan shalat dalam hati. Selain karena di kantor lagi sibuk banget ditambah lagi dengan komputerku yang kena trojan parah sampai harus di install ulang, trus yang satu ini nih yang bikin dunia berputar "VER-TI-GO". Kalo diliat dari namanya mah keliatan keren yah, kalo nama cowo pasti aku berfikir dia ganteng hahaha dassar cewe!! lol.

Aku mau bagi cerita dikit nih tentang vertigo, so kalo kamu mengalami hal serupa, berarti kamu jadi tau bahwa vertigo sedang jatuh cinta padamu. Twing wing wing wing... jatuh cinta?? aya-aya wae.. hehe.

Ok, awalnya dulu setiap aku tidur selalu terganggu dengan bunyi kipas angin punya mba2 penghuni kamar tepat di atas kamarku. Bunyinya tuh gwong gwong gwong...menggema banget dan itu terus-terusan berlangsung setiap dia menyalakan kipas, terutama saat malam hari waktunya mau tidur. Pernah bilang juga si kalo aku terganggu tapi kan ga enak kalo tiap hari bilang, jadi ya udah deh, sabar aja. Eh, sampai suatu saat ketika bangun tidur aku merasakan dunia berputar padahal di kosanku tuh gak ada satupun yang punya ajian "jaran goyang" atau "semar mendem" hehe, trus gendang telingaku tiba-tiba tersumbat dan pendengaranku yang sebelah kanan gak jelas seperti ada gong besar yang melapisi gendang telingaku dan semakin lama kulit lapisan gong itu semakin tebal. Akhirnya aku ingat cara praktis orang-orang zaman baheula (jaman doeloe) kalo telinganya kemasukan air, kita mesti masukin air lagi biar air yang di dalem telinga tuh keluar. Karena berasumsi kemungkinan besar dengungan yang ditelinga itu karna kemasukan air waktu aku mandi malamnya, akhirnya pagi-pagi aku masukin air tuh telinga dengan harapan dengungan akan hilang (dari kecil sering juga kemasukan air di telinga saat mandi dan mencoba cara ini selalu berhasil), tapi ternyata harapan tinggal harapan dan genderang besar berdengung itu masih bersarang di telingaku, puitis banget siiii akhirnya pas di kantor, aku permisi deh ke pak Boss untuk berobat ke dokter THT, kebetulan RS yang terdekat itu RS Jakarta dan karna dulu juga pernah di rawat di sana ya udahlah sekalian aja, aku fikir gitu. Sampai dengan saat itu aku bener-bener ga ngerti sama sekali kalau aku menderita vertigo akhirnya aku yakin banget kalo aku harus pergi ke dokter THT. Udah ke sana aku diperiksa, dimasukin alat apa aku gak ngerti, trus dokter bilang gak papa, telinganya normal, sehat, nanti juga sembuh kok, trus aku dikasih obat anti mual (karena kita akan mudah muntah dalam keadaan seperti ini), beberapa obat lain dan salah satunya obat yang mengandung ginko biloba. Aku perhatikan setiap selesai meminum obat itu, ketika obat itu bereaksi, pusingku bukan berkurang malah bertambah dan lama-lama kayak film "Kera Sakti" yang lagi dibacain mantra sama gurunya kalo dia lagi bandel biar nurut, Nah... tuwing tuwing nya sampe kayak gitu tuh, kebayang kan kalo puyengnya minta mapyuuunn.... masya Allah... dunia gemerlap deh.. eh salah, itu mah dugem ya.. hahaha sori becanda, maksudku dunia berputar-putar sampai akhirnya aku coba ke dokter yang lain dan kata dokter itu aku harus menghentikan pemakaian obat yang mengandung ginko biloba karena secara tekanan darahku rendah, ga boleh dikasih penguat gitu yang menyebabkan kepala tuwing tuwing. Trus dokter itu bilang kalo aku kena vertigo alias gangguan keseimbangan. Karena pusat keseimbangan kita itu ada di telinga, makannya saat vertigo menyerang, telinga kita akan terasa tertutup oleh genderang yang bunyinya gwung gwung gwung.. gitu deh. Itu serangan pertama. Beberapa bulan sudah berlalu.

Nah... serangan yang kedua terjadi akhir2 ini ketika kuantitas pemakaian handphone hampir sehari penuh dari mulai teng masuk kerja ampe mau pulang gara-garanya banyak yang konsultasi masalah kerjaan dan setiap pertelpon itu kadang bisa lama waktunya, ditambah lagi kuantitas mata nongrong di depan komputer tuh hampir sampai mau tidur (kalo malem mah bukan karna kerjaan... itu karna nge blog dan belajar internet marketing hehe. Itu terjadi terus-menerus beberapa hari berkelanjutan sampai akhirnya dunia berputar dan genderang besar menutup telinga itu datang lagi, dan kurasakan semakin genderang itu tebal melapisi telinga, semakin pusing kita dibuatnya. Sekarang aku tau sesuatu itu bernama vertigo, si cakep yang memusingkan kepala. Ketika rasa itu datang, sempat muntah beberapa kali juga, ketika ke dokter aku di kasih obat namanya "Mertigo" saudara kandungnya vertigo qeqeqeqe. Tapi ampe sekarang aku gak minum itu satu pun, malah aku rutin minum habbatussaudah (jintan hitam) karna aku yakin sekali insya Allah lewat habbatussaudah, Allah akan menyembuhkanku seperti dalam hadis Bukhari 5688 dan Muslim 2215 dikatakan bahwa " Sesungguhnya di dalam Habbatussauda terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian" dan karna kata dokter, lebih baik cari penyebabnya dari pada berusaha menghilangkan sakit. Karena aku ywakin bwuanget vertigoku ini disebabkan 4 hal:
1. pemakaian handphone lama (ini terbukti saat pusingku udah mendingan, malemnya ada temen nelpon lama banget, tiba2 zziiingggg...twing wing wing wing...muternya kambuh lagi deh).
2. mantengin komputer mulu tanpa ada pembatas dan istirahat (tenyata kita butuh waktu istirahat 10-20 menit setiap setelah 1 jam di depan komputer)
3. kurang istirahat karena keseringan sabtu minggu ada kegiatan, pulang malam jadi setiap hari senin itu rasanya pengen dirubah jum'at.
4. mataku terlalu sensitive dengan cahaya, makanya kalo ada sinar terang banget, kepala langsung pusing serasa daging di mataku diiris dengan pedang atau ditusuk dengan benda tajam (kalo ini mungkin ga ada kaitan dengan vertigo, tapi sering menjadi penyebab sakit kepala).
So, dengan taunya penyebab itu, aku berusaha mengeliminir misalnya dengan istirahat cukup, kalo ada yang nelpon jangan langsung diletakkan ke telinga tapi pake laudspeaker, depan komputer pake pelindung (kacamata yang ada anti radiasi komputer sekalian UV protection) dan Alhamdulillah.. ternyata berhasil (at least untuk sekarang ini aku merasa lebih baik). Tapi sebenernya yang bener-bener dibutuhkan dan mewakili itu cukup satu kata "istirahat". Karna kalo kamu kurang istirahat dan belum sembuh benar, kamu akan ngerasain capek dikit aja, kepalamu akan terasa berat seakan ada batu besar berkumpul di dalam kepala.

Semua cerita dan pengalaman di atas adalah versi-ku sendiri berdasarkan apa yang aku rasakan. Tapi ada seorang teman dari Asian Brain namanya mba Yanti (makasih banyak ya mba Yanti) mengirim email tentang cara pengobatan Vertigo yang sangat simple karena ternyata vertigo ini disebabkan karena salah posisi tidur (kalo yang ini sepertinya aku gak ngerasa salah posisi hiks, ga tau juga denk). Kamu bisa baca di sini cara therapy-nya.

Semoga yang baca artikel ini tidak akan pernah merasakan bagaimana muternya dunia karna vertigo amin... mencegah lebih baik dari mengobati tapi andaikan itu terjadi, kalian sekarang sudah tau apa yang harus dilakukan, kalaupun belum sembuh juga, lebih baik langsung ke dokter dan terakhir... bersabarlah. Mungkin ujian berupa sakit ini akan mengurangi dosa-dosa kita :).
/>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --