2.02.2009

ACER = Akan CEpat Rusak?

Aku adalah pengguna ACER ASPIRE 4710. Aku beli ACER ini karena memang spec nya lumayan dan harganya juga tidak terlalu mahal bila dibandingkan dengan spesifikasi yang sama dengan merk yang berbeda. Sebenernya aku gak terlalu peduli saat temenku bilang kalau ACER tuh kependekan dari Akan CEpat Rusak, dia bilang sambil bercanda. Sebenernya aku gak terlalu peduliin apa lelucon dia tentang kepanjangan ACER, tapi setelah beberapa bulan pemakaian, sering sekali terjadi eror pada layar monitor. Layar monitornya selalu berubah jadi garis-garis pelangi, sama kayak waktu aku masih kecil nonton TV kalo udah jam 12 malem kan TV akan berubah sendiri menjadi bergaris-garis warna-warni. Nah.. seperti itulah layar monitor ACER-ku setelah pemakaian beberapa bulan. Padahal aku tidak utak-atik ni layar.

Memang waktu itu aku pernah kena virus WLM yang menyebabkan laptopku harus diinstall ulang, tapi baru beberapa bulan setelah install ulang... garis-garis berwarna-warni yang kemudian langsung disusul dengan layar putih tanpa ada tulisan apa-apa, hanya warna putih semua itu muncul lagi, entah apa penyebabnya. Ada yang tau? apa memang kepanjangan dari singkatan itu benar? Hari ini aja kuhitung sudah 3 kali eror perubahan layar jadi putih itu terjadi.

Aku suka berfikir sendiri mencari jawaban dengan mencoba-coba bagaimana caranya agar problem ini bisa kuselesaikan sendiri tanpa bantuan orang lain dan setelah mencoba berkali-kali akhirnya jawaban itu kutemukan juga. Alhamdulillah.

Jadi, barangkali ada teman-teman pengguna ACER yang mengalami nasib yang sama, cobalah trik berikut:
pada saat layar monitor putih dan tidak bisa diapa-apakan (padahal saat itu semua program kita masih berjalan, cobalah tekan tombol "membuka window" letaknya berada di sebelah kiri "alt" tepatnya antara tombol "Fn" dan "alt". Setelah di klik, lanjutkan dengan menekan tombol anak panah ke atas yang kalau kita lakukan dalam keadaan normal, tombol itu akan membawa kita pada pilihan "turn off monitor" setelah itu kita tekan enter 2x. Enter pertama fungsinya untuk menyetujui bahwa kita membuka window pop up shutdown, enter kedua menyatakan kita memilih pilihan "Stand by" setelah di enter 2x, tunggu beberapa detik, kita lihat tombol power yang tadinya berwarna kuning akan terlihat berwarna orange. Setelah tombol power berubah warna menjadi orange, barulah kita klik tombol power tersebut dan kita akan memasuki window seperti yang sedang kita kerjakan sebelum error terjadi dengan mengklik program running yang muncul. Selamat Mencoba. Kepada fihak ACER, semoga singkatan tersebut tidak menjadi benar dengan peningkatan kwalitas ACER.

- Maftuha -

/>

10 komentar:

  1. Sdr Maftuha yang terhormat,

    Terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan Anda menggunakan produk Acer.

    Dari posting Anda, saya menyimpulkan telah terjadi beberapa masalah pada unit notebook tersebut. Gangguan pada notebook dapat disebabkan faktor dari dalam maupun dari luar, yang terkadang tidak kita sadari. Dari posting Anda, sayangnya saya tidak menemukan informasi, apakah Anda telah membawanya ke Acer Customer Service Center untuk pengecekan lebih lanjut.

    Agar ketidaknyamanan ini dapat dideteksi faktor penyebabnya dan mendapat solusi yang tepat, saya sarankan Anda membawanya ke Acer Customer Service Center terdekat. Di Jakarta kami memiliki dua lokasi, yaitu di Ratu Plaza dan Mangga Dua Square. Anda juga dapat menghubungi contact center Acer di 021-2650 7777 untuk konsultasi mengenai gangguan pada unit Anda dan cek garansi kerusakan.

    Atas nama Acer Group Indonesia, kami mengucapkan terima kasih atas kesetiaan Anda dalam menggunakan produk kami, serta berbagi tips dengan pengguna Acer lainnya. Secara konsisten kami terus meningkatkan layanan kami, atas ketidaknyamanan yang Anda alami, kami mohon maaf.

    Salam hormat,

    Astrid Warsito
    Acer Group Indonesia

    BalasHapus
  2. Kepada Bpk Astrid Warsito dari ACER Group Indonesia,

    Terima kasih atas tanggapan dan saran Bapak. Pada saat terjadi kerusakan, saya sudah tidak punya garansi lagi (garansi cuma 1 tahun) jadi saya tidak membawa ke Acer Customer Service Center. Tapi tidak apa-apa kok, saya sudah tau solusi kalau kerusakan itu terjadi. Sebenarnya sampai saat ini juga masih sering terjadi... mungkin karena saya terlalu lama pada saat pemakaian.
    Makasih ya Pak..

    BalasHapus
  3. ACER = ASELI CEPET RUSAK….

    service centrenya rame always kayak orang antree sembako gretongan….artinya tuch barang banyak yg rusak…....

    BalasHapus
  4. :) Kalau memang apa yang dikatakan Anonim itu benar, semoga menjadi masukan kepada ACER (Bpk Astrid Warsito selaku pihak Acer Group Indonesia) agar ACER bisa meningkatkan kualiatas barangnya.

    BalasHapus
  5. wow...kayaknya ganti deh jadi Amat Cepat Rusak..

    Saya juga punya masalah yang sama...Terus di Acer Center katanya disuruh ganti LCD yang harganya diatas 2 juta.

    Padahal dulu ganti LCD juga gara2 laptop Acer itu ringkih banget. Alhasil saya ngomel-ngomel dan mereka ganti baru.

    Eh bary seminggu LCDnya udah bermasalah lagi...Trus besok rencananya saya mau komplen lagi.

    Cape bolak balik ke acer si Amat Cepat Rusak!

    BalasHapus
  6. knp laptop acer saya tu berkedip-kedip?
    apa lcdnya mulai rusak atau gmn?

    mohon solusinya dong!

    BalasHapus
  7. Mendingan ganti aja atau tukar tambah laptop anda.
    Soalnya Acer 4730ZG saya juga mengalami nasib yg sama

    Layarnya 'shaking' dan ada pelangi nya.

    Padahal laptop saya udah diservis, masih aja monitornya rusak.

    Coba pake bebrapa hari, kalo tambah parah, mending jual aja. :)

    BalasHapus
  8. Kami juga pernah punya masalah dengan kejadian tersebut....Layar Monitor Acer 4710 saya dan teman saya yang kebetulan belinya bareng....keduanya setelah pakai hampir 1 tahun....tiba-tiba mengalami whitescreen. Terutama bila sedang setel video atau photo tapi nggak terbatas pada itu saja sih, ketika sedang kerja pakai excel atau word juga sama.
    Kejadian dari beli tahun 2007 hingga sekarang tidak ada perubahan. Kalau ada kejadian tersebut, saya buat force standby seperti yang dilakukan oleh Sdr Aisyah di atas, cuma hal ini kami lakukan dengan melakukan setting tombol power di Power Management (Control Panel), kemudian jalanin lagi. Bisa jadi 2 kali baru white screen-nya hilang.
    Ketika iseng-iseng komputer tersebut saya bongkar.....ternyata ada kabel monitor yang rawan kendor, sehingga kami coba untuk di lem sehingga tidak bergerak.

    Setelah perbaikan tsb, kejadian white screen hilang.

    Jadi problem bukan pada LCD atau lainnya.

    Coba juga solusi lain, kalau gak berani bongkar sendiri Acer anda, yaitu coba aktifkan screen saver. Kadang hal ini juga membantu, agar pada posisi komputer lama tidak digunakan (dalam posisi on) tidak berubah jadi white screen.

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas semua komentarnya dan sarannya ya mas...

    Mas Johan, Untuk komputer jadi white screen itu bukan karena tidak digunakan lama mas, tapi itu terjadi karena kita suka merubah2 posisi screen (itu yang aku perhatikan), kalaupun kita ingin menggeser screen nya, maka geserlah secara perlahan-lahan sekali, karena kalau asal geser, kemungkinan besar white screen akan terjadi.

    Ada satu tips lagi agar layar tidak jadi berubah menjadi white screen yaitu ketika layar kita berubah bergerak jadi pelangi. (hihi, ini aku mencobanya dengan tidak sengaja tapi it does work walau untung2an tapi Alhamdulillah banyak untungnya). Gini caranya: pada saat layar bergerak sendiri menjadi warna pelangi, tabok (itu bahasa jawa, artinya memukul dengan telapak tangan), taboklah secara cepat dan keras bagian yang digunakan untuk menggerak2an kursor, yang dibawahnya ada bagian untuk klik kanan dan klik kiri, tapi yang ditabok itu hanya bagian yang digunakan untuk menggerak2an kursor aja (ga tau deh namanya apa), ini seringnya berhasil cuma mungkin resikonya benar-benar Akan CEpat Rusak qeqeqe...

    BalasHapus
  10. saya juga pengguna acer 4740G
    fiturnya ajib mana ada yg bisa nolak
    waktu itu prosesor udh i5 memory 2gb hdd 500
    y singkatnya keren
    saya pake sejak awal maret 2010 sampai saat posting ini agst 2012 masalah nya cuma 1 kalo waktu panas leppy langsung mati dgn bunyi "clek". nah pas kejadian biasanya ga aku kasih kipas dan kondisi ngegame berat kaya PES 2011ato ngegame berat yg menimbulkan cepet panas.
    Jd solusinya ya kipas selalu ada di dekat leppy.

    adapengalaman juga gr2 lepptop dkt mknan jd sarang semut. Penasaran dan karna garansi udh lewat saya berani bongkar...ya kalo bs idup lagi syukur kalo ga ya udh pake 2 tahun.. dan ternyata memang kotor , sy mulai bersihkan dan juga rangkai lagi(dengan petunjuk cara buka di forum2 dan sy catat tiap lokasi part yg sy bongkar agar tidak lupa saat pasang)
    dan sejak saya bongkar tadi saya lepasjuga dvdRW nya anggep aja buat lubang angin karena memang udh ga fungsi(cuma bs bc dvd dah ga bs buat rw lg karna sy mending pake eksternal) dan sejaksaat itu sy dah ga pake kipas lagi.
    bukanpromosiya..ini mungkinkarena saya beruntung dapet acer yg bandel, karena memang banyak teen yg pake cepet rusak. pelajarannya memang kalopake dengan durasi panjang dan kerja berat leptop jadi cepet rusak...apapun itucoba buat ngegame 3hr 3 malem nonstop dan berkalikali pasti ya lama lama jebollll...

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --