6.13.2010

Belajar DIV, Tag, Class, ID

Masih inget tulisanku yang dulu tentang kode . dan #di sini?, kalau belum, kalian bisa baca dulu di sini "semua-postingan-tercoret-dan-beda-kode".

Dulu aku ga ngerti sama sekali itu kode apaan. Tapi setelah belajar dreamweaver, baru terjawab semua tentang kode-kode itu. Mari kita bahas bersama.

Jika kita mau membuat CSS (fungsinya untuk membuat format sesuai dengan kemauan kita dan memudahkan kerjaan kita), di dalamnya ada 4 unsur yaitu tag, class, ID, compound, keempatnya berbeda penggunaannya.
1. tag, jika kita pilih tag, artinya kita membuat kode sesuai dengan yang sudah tertera di tabel, tinggal pilih aja, misalnya p (paragraf), strike, small, span, ul dan lain-lain. Kalau udah selesai, apa yang kita buat akan ter-apply sesuai dengan kodenya. Misalnya kita berkreasi di strong, kita buat setiap strong itu akan selalu tebal, berwarna merah, dengan kode hufur arial, dan ukuran 15, maka semua strong akan selalu seperti itu.

2. class, nah ini dia salah satu yang bikin aku bertanya-tanya saat utak atik blog otodidak. kode titik (.) itu adalah class karena kode class selalu diawali dengan titik (.), jadi kalo kita liat di source code suatu blog (bisa diliat di view -> source, kalau ada kode diawali dengan titik (.) berarti itulah class. Enaknya class ini bisa kita apply ke mana aja sesuai yang kita suka.

3. ID, ID ini merupakan kode di CSS yang diawali dengan #, fungsinya sama dengan yang lain, hanya kode ini diaplikasikan misalnya pada div body atau div header dll.

4. Compound, Compund ini artinya kode akan ter-apply sesuai dengan yang kita klik, misalnya kita klik di div header, kalau kita tambah CSS (new CSS rule), maka saat masuk ke tab compund, akan otomatis terdeteksi bahwa kursor kita berada di div header dan akan berkreasi di sana.

(off the record, lol) Hehe kadang aku senyum senyum sendiri lho kalau ingat gimana penasarannya sama kode-kode ini. Tapi setelah aku belajar dan tau, ternyata apa yang ingin aku tau selama ini tidak terlalu diperlukan jika kita ingin berada di halaman pertama google. Yang dibutuhkan adalah ilmu SEO, bukan ilmu kode-kode.Insya Allah nanti aku coba sharing tentang bagaimana ilmu SEO secara umum baik itu diaplikasikan di blogspot ataupun wordpress. Walaupun baru dikit banget yang aku dapet. Tapi gpp... sedikit di share lebih baik dari pada banyak tapi tidak bermanfaat untuk orang lain.

Barangkali ada yang lebih tau mendetail tentang ini, monggo silahkan berbagi dengan mengisi komentar di bawah ini.

Terima kasih.

/>

1 komentar:

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --