6.10.2010

Cara Membuat Template Sendiri dengan Dreamweaver dan Fireworks

Alhamdulillaah......... hehehe seneng banget setelah sekian lama belajar akhirnya aku bisa buat template sendiri juga. yihuyyyy hehehe, abis dari dulu utak atik blog ini kaga ngerti-ngerti, tapi senengnyaaaa minta ampun saat aku bisa ngerubah 2 kolom menjadi 3 kolom, menambah kolom tambahan yang kecil-kecil itu (hehe maklum, aku kan gaptek, ga ngerti tentang blog).

Aku pernah coba bikin template situs (sayangnya sekarang udah ga aktif lagi), dulu aku buat bener-bener dari awal banget, mulai dari blank page. Generally, templatenya aku buat dengan fireworks yang kemudian di export ke dreamweaver. Soon aku pengen coba praktekin dan online-in yang flashnya, baik yang full flash ataupun hanya sekedar animasi flash. 
 
Awalnya aku design itu pake fireworks. Sebenernya kita bisa design suatu template itu pake dreamweaver aja, full dreamveaver. Tapi kalau kita pake full dreamweaver, kita ga bisa design yang macem-macem, misalnya ada garis di antara produk, atau nulis nama sendiri, menggambar atau kreasi lainnya yang macem-macem, yang lucu-lucu yang tidak bisa dilakukan di dreamweaver.

Trus kalo udah selesai design di fireworks, kita export ke dreamweaver, eits, sebelum di export, jangan lupa di maximize dulu ya... biar filenya jadi kecil. Di dreamweaver, jangan lupa juga untuk menyimpannya sebagai template sehingga kita bisa menggunakannya untuk banyak halaman dengan hanya sekali doang membuat tempate. Jadi template itu hanya untuk mempermudah kita aja. Hehehe bingung ya? tenang aja.. aku juga dulu bingung banget ko,lieur lieur pabalieut deh. Tapi setelah coba coba dan coba lagi, ternyata ga terlalu susah juga. Alhamdulillah.
 

 Udah pernah coba tapi susah? Do not worry, aku sangat yakin semua orang ga ada yang bodoh, yang ada hanya malas. Aku yakin juga semua orang bisa belajar apa aja yang penting dia punya kemauan dan keyakinan yang kuat kalau dia bisa. Buktinya backgroundku bukan designer atau IT tapi aku bisa membuatnya.

Untuk aplikasinya, bisa beli di yang jual software-software. Kalau aku belinya di Ambassador. Bilang aja beli aplikasi dreamweaver CS4 atau CS5 (CS5 ini yang terbaru dan lebih memudahkan kita). Yang aku buat itu pake CS4. Kalau kalian pengen tau tentang PHP, HTML, mySQL untuk menyimpan data kita, ebook ini yang tepat untuk dibeli karna di sana dijelaskan detail apa itu HTML, apa itu PHP, SQL, bagaimana hubungan HTML, PHP, dan MyQSL dll. Keren dah. Lagipula kalau dibandingin sama kursus tentang itu semua, jauh banget lho. Dulu aku kursus tentang web desain di International Design School di Jakarta bayarnya sekitar 5 jutaan lebih untuk bisa belajar Dreamweaver, Fireworks, dan Flash itupun tahun 2011 kalo ga salah, ga tau sekarang bayarnya udah berapa. Tapi untuk beli ebooknya jauh lebih murah dari itu. Hehe promosi banget ya.. tapi emang ini kenyataannya ko. :P

Wes, itu dulu ya... nanti kapan-kapan kita sambung lagi lebih detail. Kalau ada yang mau sharing tentang belajar Dreamweaver, Fireworks, dan Flash, silahkan mengisi komentar di bawah ini. ;)
/>

8 komentar:

  1. ni mau jualan ebook apa sharing ..........????

    BalasHapus
  2. wahahaha main amazon ya gan wkwkwkwk.salut saya gan,semangat ! :)

    BalasHapus
  3. saya termasuk baru nih mas dalam menggunakan dreamweaver.saya bookmark dulu deh, thanks tutornya mas:)

    BalasHapus
  4. :-/ mana tutorialnya?

    BalasHapus
  5. wahhh bolehhh juga nichh
    thank's dachh

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --