7.24.2010

Arah Kiblat Shalat yang Benar

Saat kajian, ada yang menanyakan tentang perubahan arah kiblat untuk shalat, karena adanya pergeseran pada lempeng bumi sekitar satu meter. Apakah kita harus merubah arah kiblat? dan berapa derajat harus kita ubah? atau apakah kita harus membongkar masjid untuk menyesuaikan dengan arah kiblat yang benar?. Walaupun MUI sudah mengeluarkan fatwa, tapi banyak sekali umat islam yang bingung tentang hal ini, dan ketika ustadz ditanyakan ditanyakan tentang fatwa ini, maka jawab beliau adalah:
- bahwa perubahan kiblat itu pernah terjadi pada masa Rasulullah yaitu dari Baitul Maqdis (Masjidil Aqsa) ke Masjidil Haram (Ka'bah yang sekarang ini kita berkiblat ke arahnya)
- kalau kita shalat melihat ka'bah, maka kita shalat dengan menghadapnya, oleh karena itu shaf-shaf orang shalat di depan ka'bah bukanlah berjejer, tapi memutari ka'bah
- kalau kita shalat tidak di depan ka'bah alias kita tidak melihat ka'bah (dzatnya ka'bah) maka cukuplah untuk menghadap ke arahnya. Kalau di Indonesia, menghadap ke arah barat, kalau di Madinah, menghadap ke arah selatan. Oleh karena itu shaf-shaf kita berjejer semua untuk menghadap ke arah kiblat.
- apabila ada perintah dari pemerintah (dalam hal ini MUI) bahwa kita diharuskan untuk merubah arah kiblat kita (untuk sedikit condong atau ditentukan derajat-derajatnya), maka apabila itu suatu anjuran, alangkah lebih baik untuk dilakukan, tapi kalau itu suatu kewajiban, maka itu urusan lain lagi.

Alhamdulillah ternyata semua jawaban itu sejalan dengan fatwa MUI Nomor 3 Tahun 2010 yang dikeluarkan 22 Maret 2010 tentang Kiblat yang menyebutkan bahwa: (1) Kiblat bagi orang shalat dan dapat melihat ka’bah adalah menghadap ke bangunan Ka’bah (ainul ka’bah)(2) Kiblat bagi orang yang shalat dan tidak dapat melihat Ka’bah adalah arah Ka’bah (jihat al-Ka’bah)(3) Letak georafis Indonesia yang berada di bagian timur Ka’bah/Mekkah, maka kiblat umat Islam Indonesia adalah menghadap ke arah barat.
/>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --