7.03.2012

Buah dan khasiatnya

Berikut ini daftar buah dan khasiatnya. diambil dari detik.com, dari pada lupa lebih baik aku copast aja. Ini dia:
1. Apel
Tak peduli yang merah atau hijau, apel merupakan sumber serat yang luar biasa. Bahkan kulitnya mengandung kuersetin, salah satu antioksidan yang bersifat antihistamine dan anti-peradangan sehingga bisa membantu melindungi Anda dari penyakit jantung dan reaksi alergi.

Sebuah studi di St. George's Hospital Medical School, London menemukan bahwa seseorang yang makan lima apel atau lebih dalam seminggu memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada yang tidak memakannya.

2. Pisang
Jika Anda mudah merasa lapar, cobalah makan pisang. Pisang dipenuhi dengan kandungan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah Anda. Pisang juga merupakan salah satu sumber Resistant Starch, sekelompok sumber karbohidrat yang dapat membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama dan mendorong metabolisme Anda.

3. Blewah
Blewah bisa jadi senjata rahasia Anda untuk memperoleh kulit yang tampak lebih muda dan mulus. Buah ini memperoleh predikat buah super berkat kandungan vitamin A yang mampu mendorong sel-sel bereproduksi dan menjadikannya pengelupas kulit (eksfoliator) alami.

4. Ceri
Warna merah pada ceri berasal dari antioksidan bernama antosianin yang dapat mengurangi peradangan serta menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan ditemukan bahwa ceri mengurangi dua gejala utama peradangan pembuluh darah hingga lebih dari 50 persen. Orang yang mengonsumsi ceri juga mengalami sedikit penambahan berat badan dan penurunan kolesterol besar-besaran.

5. Buah Naga
Nama dan warna buahnya yang mencolok sudah menunjukkan bahwa buah ini spesial, meskipun rasanya cukup hambar.

Empat tahun lalu, peneliti dari Universiti Putra Malaysia menganalisis bijinya dan menemukan adanya asam lemak esensial yang dibutuhkan manusia namun tak bisa diproduksi dalam tubuh pada buah tersebut.

Faktanya, 50 persen bijinya dibuat dari salah satu jenis asam lemak esensial bernama asam oleik yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam darah.

6. Anggur
Yang membuat anggur pantas dimasukkan ke dalam kategori buah super adalah kandungan antioksidannya yang kuat bernama resveratrol. Manfaatnya bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Peneliti juga telah menemukan bahwa senyawa yang ditemukan dalam ekstrak biji anggur dapat memperlambat penyakit Alzheimer serta mengalahkan sel-sel kanker yang tumbuh di kepala dan leher.

"Asam malat dalam buah anggur juga secara alami menghapuskan noda dan perubahan warna pada gigi," ungkap Elisa Mello, DDS dari New York University.

7. Kiwi
Jika Anda punya masalah pencernaan maka kiwi adalah buah super yang pas untuk Anda. Dalam satu studi, 41 orang yang mengalami sindrom iritasi usus besar dan mengonsumsi dua buah kiwi setiap harinya selama enam minggu dilaporkan mengalami pengurangan gejala lebih banyak dibandingkan penderita yang tidak melakukannya.

Bahkan kulit kiwi berserat tinggi dan mengandung karbohidrat kompleks yaitu prebiotik.

8. Jeruk
Makan satu buah jeruk berukuran sedang saja sudah memenuhi asupan vitamin C harian yang direkomendasikan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Buah manis yang familiar ini juga merupakan sumber serat, kalium, kalsium, folat dan vitamin B.

9. Stroberi
Stroberi dipenuhi dengan kandungan vitamin C. Buah ini juga merupakan sumber asam folat yang luar biasa sehingga dapat membantu melindungi jantung Anda.

Lebih dari itu, buah ini bisa memutihkan gigi Anda secara alami! Caranya, hancurkan stroberi sampai menjadi bubur lalu campurkan dengan baking soda hingga rata. Aplikasikan pada gigi dan tunggu hingga 5 menit. Anda bisa mengulanginya seminggu sekali.

10. Alpukat
Buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sembari menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda.

Lemak sehat dalam alpukat juga meningkatkan penyerapan karotenoid lainnya, terutama beta karoten dan likopen yang penting bagi kesehatan jantung.

11. Tomat
Meskipun banyak yang mengira tomat sebagai sayuran, namun tomat merupakan salah satu buah super terbaik. Hal ini karena tomat mengandung antioksidan bernama likopen yang jarang ditemukan pada buah super lainnya. Buah ini juga tinggi vitamin C, kalium dan serat serta sangat rendah kalori.

12. Pepaya
Buah tropis ini dipenuhi dengan vitamin C. Namun pepaya juga merupakan sumber vitamin A dan E yang baik sehingga bisa membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung dan kanker usus.

13. Labu
Labu juga seringkali tidak dianggap sebagai buah namun nyatanya buah ini dipenuhi dengan beta karoten yang jika dikombinasikan dengan kalium dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi.

14. Semangka
Semangka mengandung banyak likopen, bahkan kandungan likopen dari secangkir semangka dua kali lebih banyak dibandingkan tomat segar. Buah ini juga merupakan sumber vitamin A dan C.

15. Nanas
Nanas tak hanya bisa menambah rasa pada makanan Anda tetapi buah ini juga mengandung bromelain, sebuah enzim pencernaan yang akan membantu memecah makanan untuk mengurangi kembung.
/>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --