7.14.2016

Tehnik Menghafal Al-Quran Dengan Mudah

Bismillaah,

Tulisan ini termotivasi oleh mereka yang suka menghafal AlQuran. Alhamdulillaah di masjid deket rumah ada kelas khusus menghafal Quran. Jadi setiap hari minggu, seminggu sekali kami semua datang tuk menyetorkan hafalan, baik itu 1 halaman 2 halaman bahkan ada yang sampai menyetorkan hafalan 5 halaman setiap minggu. Maa syaa Allaah.

Untuk menghafal AlQuran sebenarnya yang dibutuhkan hanya tekad yang kuat selain memang Quran itu sendiri atau bisa juga lewat aplikasi Quran HP kita. Aku sangat sangat yakin semua orang bisa menghafal Al-Quran walaupun ga bisa baca sama sekali, walaupun ga ngerti huruf Al-Quran itu sendiri tapi mereka tetep bisa menghafalnya. Buktinya anak kecil yang belum belajar huruf sekalipun bisa menghafal surat2 pendek bahkan sampai ada yang sudah bisa menghatamkan Al-Quran. Apa rahasianya? yaitu dengan MENDENGARKAN BACAAN Al-Quran dari orang lain terutama mereka yang faham cara membaca AlQuran dengan benar seperti para masya syaikh.

Metode mendengar ini juga merupakan metode yang paling mudah untuk dipraktekkan kalau menurut pengalamanku yaaaaa... Caranya /tipsnya:
  1. Download aplikasi Quran di HP. Kalau aku pake aplikasi Quran seperti ini. Aplikasi ini cuma ada di android ya temen-temen... karna aku dah coba di apple ga bisa-bisa. Jadi cuma android aja.
Cara mudah menghafal Quran - Aplikasi Quran Android














2. Kalo udah di install di HP, pilih syaikh yang bacaan Qurannya yang paling kamu suka. Kalo aku paling suka bacaan Qurannya syaikh Sa'ad AlGhamdi. Jadi aku selalu dengarkan bacaan Syaikh Sa'ad AlGhamdi dari awal sampai akhir. Perlu diperhatikan di sini, bahwa sangat penting bagi kita untuk stick, untuk tetep mendengarkan 1 syaikh aja, jangan pernah pindah2 syaikh sampai kita khatam/selesai 30 juz karna akan membingungkan hafalan kalau kebanyakan syaikh yang kita dengar. Pengalaman dulu waktu awal-awal belajar menghafal Quran, aku pindah dari 1 syaikh ke syaikh lainnya sampai beberapa syaikh. Lama-lama ko jadi bingung ya? trus aku diingatkan kalau lebih baik tetap mendengarkan 1 orang syaikh aja dan ternyata memang benar, menghafal jadi lebih mudah. Beda cerita kalau kita udah hafal seluruh Quran dengan 1 syaikh dan kemudian pengen menghafal dengan syaikh yang lain maka insyaa Allaah ga masalah.
 
3.  Allaah kasih kita waktu 24 jam. Memang sebagian besar kita kerja dan katanya tidak punya waktu tuk menghafal AlQuran. Aku termasuk yang ga setuju dengan statement itu. Sesibuk-sibuknya kita insyaa Allaah ada waktu buat istirahat. Nah, waktu istirahat itulah kita manfaatkan tuk minimal mendengarkan bacaan Al-Quran. Sekali lagi minimal mendengarkan AlQuran. Ibu-ibu rumah tangga yang sibuk dengan anak di rumah, sibuk dengan masak, nyuci piring dan lainnya bukanlah suatu halangan juga. Yang aku lakukan ketika di rumah, ketika aku masak, atau nyuci piring atau lagi ga enak badan atau bahkan sakit, tetap dengarkan bacaan AlQuran lewat HP  dan fokus pada ayat yang sedang kita hafalkan. Apliasi AlQuran Android di atas, bacaannya bisa diulang-ulang per ayat atau 2 ayat atau sebanyak yang kita mau. Pengulangannya pun terserah yang kita suka mau diulang 1x, 3x bahkan seterusnya sampai baterai habispun bacaan Qurannya akan terus diulang-ulang. Jadi enak kita bisa fokus dengerin 1 ayat dan kita teruuuuuuuus dan teruuuuuuuus dengerin sampai kita ga sadar kalo kita udah hafal di luar kepala bahkan sebelum kita benar-benar menghafalnya.

4. Tips atau trik untuk menghafal dengan cara mendengar adalah ketika kita udah mendengar beeeeerrrkali-kali sampai kita kayaknya udah familiar dengan ayat tersebut, maka ketika kita mendengarkan lagi, kita coba untuk ikuti. JANGAN DIAM ketika mendengarkan tapi IKUTI bacaan syaikh tersebut sehingga suara dan panjang pendek bacaan kita akan percis cis sama dengan syaikh yang kita ikuti. Coba deh, nanti lama2 akan percis cis sama. Nah, kalo udah bener2 yakin kita udah hafal ayat tersebut. Sekarang matikan HP dan coba baca sendiri ayat yang kita sedang hafal tadi, nanti kita akan terkejut bahwa nada bacaan kita percis cis sama dengan syaikh yang kita ikuti. Pastinya itu butuh waktu dan mendengarkannya ga cuma sekali dua kali. Kadang kalau ayatnya agak susah bisa sampai 20x bahkan lebih.
 
 5. Untuk ayat yang pendek, tips no 4 mungkin bisa dilakukan. Tapi untuk ayat yang panjang dan agak susah (kalo menurutku surat At-Taubah agak rumit menghafalnya subhaanAllaah) maka kita perlu waktu khusus untuk duduk menyendiri dan fokus menghafal ayat tersebut sambil melihat tulisan Al-Qurannya. Jadi mata kita tertuju pada tulisan Al-Quran di HP, telinga kita mendengarkan cara syaikh membaca ayat tersebut, mulut kita ikutan seperti yang syaikh ucapkan. Teruuuuuuusss dan teruuuuus aja jangan pernah bosan. Sekali lagi butuh waktu ga cuma sekali dua kali, kadang kalau ayatnya panjang dan susah banget bisa lebih dari 20x baru bisa hafal.
 
6. Ok, kita udah hafal di luar kepala 1 ayat hari ini atau mungkin 1/2 atau 1 halaman hari ini. Kita PD kalo udah hafal di luar kepala. Tapi aku yakin ketika besok kita coba ulang lagi hafalannya, kita akan tercengang bahwa hafalan kita hilang begitu saja. Oleh karena itulah besoknya dibutuhkan pengulangan lagi. Terus-terusan diulang lagi minimaaal banget 10x. Setelah kita yakin bener2 hafal, kita bisa pindah ke ayat selanjutnya atau ke halaman selanjutnya kalau kita menghafal 1 halaman sehari. Itu hari ke dua ya temen-temen. Nah, hari ke tiga sama juga. hafalan hari pertama kita ulang-ulang terus sampai di luar kepala lagi (mungkin kali ini cuma 5 kali bisa hafal) dan dilanjutkan mengulang hafalan hari ke dua (butuh waktu lebih lama minimal mungkin 10 atau 20x bergantung mudah susahnya ayat tersebut). Kalo hafalan hari pertama dan kedua udah di luar kepala, kita bisa nambah hafalan yang baru. Trus besoknya percis sama seperti itu juga, hafalan hari pertama kita ulang lagi (kita akan merasakan hafalan hari pertama akan sangat mudah paling cuma sekali atau maximal 3x pengulangan udah no problem, bacaan tersebut udah bener2 di luar kepala kita) lalu lanjut ke hafalan hari ke dua dan seterusnya terus dan terus seperti itu. Lama2 bacaan yang awal2 tanpa kita sadari udah bener-bener di luar kepala tanpa mendengar bacaan syaikh pun kita udah bisa sendiri.
 
7. SABAR. Kesabaran sangat dibutuhkan kita menghafal Al-Quran. Allah telah menjanjikan mereka yang menghafal Quran dan mengalami kesulitan dalam menghafalnya maka Allaah akan memberikan double pahala. Jadi ga ada ruginya kita menghafal Quran malah kita untung kalo susah dapet pahala double. Enak kan? Jadi walaupun susah-susah sabar aja. Susah di dunia tapi bahagia di akhirat insyaa Allaah.

8. Bantu dengan coret-coretan. Menghafal 1 ayat 2 ayat mungkin lebih gampang tapi kalo udah beberapa hari dan jadi beberapa ayat maka kita akan bingung mana duluan ayat yang dibaca. Jadi kalau kita perlu coret-coretan, kita buat sendiri coret-coretan yang bisa dengan mudah kita fahami untuk menghubungkan 1 ayat dengan ayat yang lainnya. Jadi ketika kita menghafal, kita akan tau setelah ayat ini akan dilanjut dengan ayat yang berbunyi seperti ini.

9. BACA ARTINYA. Menghafal AlQuran akan jauh lebih mudah jika kita mengetahui artinya. Disamping dengan mengetahui arti yang kita baca, kita akan lebih mudah meresapi AlQuran itu sendiri. Kita akan bahagia mendengar berita-berita gembira yang Allaah turunkan kepada kita tentang Syurga dan kenikmatannya, yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, yang penghuninya bertelekan di atas dipan-dipan ALLAAHU AKBAR semoga kita digolongkan ke dalam penghuni Syurga dan langsung masuk Syurga tanpa hisab dan adzab. Aaamiin. Juga kita akan membaca tentang sejarah kaum terdahulu, sejarah nabi-nabi, para sahabat dan bagaimana perjuangan mereka menegakkan kalimat Tauhid dll.

10. BACA TAFSIRNYA. Membaca artinya aja kita ga akan mengerti mengapa ayat tersebut diturunkan. Maka dengan membaca tafsirnya akan lebih memudahkan kita dalam mengingat hafalan Quran terutama urutan ayat. Kalau aku download aplikasi di android juga tuk tafsirnya. Namanya tafsir Ibnu Katsir Lengkap. Bentuknya seperti ini: 
Tafsir Ibnu Katsir
  11. Last but not least, semoga tips dan trik di atas bisa memudahkan kalian semua untuk menghafal Al-Quran dan semoga kita semua yang berusaha menghafal AlQuran, Allaah pertemukan bersama-sama di Syurga-Nya kelak, In syaa Allaah! Selamat menghafal teman-teman dan sampai ketemu di Syurga!. :)
/>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --