6.18.2008

Huru-hara Hari Kiamat

Sekarang ini aku lagi baca buku "Huru-hara hari kiamat" karya Ibnu Katsir. iiiii Subhanallaaahhh serem banget tauuu... di sana tuh diceritain mulai dari awal banget kejadian-kejadian penting yang diberitahukan semuanya sama Rasulullah sallallah alayhi wasallam mulai dari Abu Bakar akan memimpin kaum muslimin sepeninggal Rasulullah, trus kaum muslimin akan menaklukan mesir, persia dan romawi akan musnah dan takkan muncul kembali, Umar bin Khattab akan terbunuh, Ustman bin Affan akan mengalami cobaan berat, akan mumculnya nabi-nabi palsu yang kurang lebih jumlahnya 30 orang, trus detail muncul dan berkuasanya dajjal, Isa ibn maryam yang akan mengalahkan dajjal, sampai kejadian saat kiamat tiba, pokoknya semua kejadian yang sudah, sedanng, dan akan terjadi sampai detik kiamat telah Rasullullah kabarkan semuanya, Rasulullah bercerita tentang ini dari subuh sampai magrib, beliau tidak berhenti kecuali untuk shalat, Beliau ceritakan dengan detail dan akan ingatlah orang-orang yang ingat dan akan lupalah orang-orang yang lupa.

ini aku tulis ulang hadits-hadits tentang kiamat, ini hanya sebagian kecil aja. kalau mau tau semuanya, aku saranin tuk beli bukunya, insya Allah tidak akan rugi.
Beberapa hadits mengenai kiamat:
Rasulullah Sallallah Alayhi Wasallam bersabda:
“Kiamat tidak akan terjadi sebelum kamu sekalian memerangi suatu bangsa, yang sandal mereka (terbuat dari) rambut, dan sebelum kamu memerangi bangsa Turki, yang bermata kecil, bermuka merah, berhidung pesek, wajah mereka bagaikan perisai yang ditempa. Dan kamu dapat sebaik-baik manusia adalah orang yang (asalnya) paling membenci perkara (agama) ini, namun akhirnya dia memasukinya. Dan manusia itu serupa barang tambang. Orang yang terbaik di masa jahiliyyah adalah yang terbaik di masa Islam. Dan pasti akan datang kepada seorang dari kamu sekalian suatu zaman di mana andaikan dia bisa melihat aku, tentu itu lebih dia sukai dari pada memiliki (keluarga dan harta) seperti keluarga dan harta yang telah dimilikinya. (H.R Bukhari dari Abu Hurairah)


Imam bukhari meriwayatkan bahwa perawi hadis ini (Sa’id bin Al- Musayyab) berkata, Abu Hurairah Radiallahu ‘anhu mengabarkan kepadaku, bahwa Rasulullah bersabda “Kiamat tidak akan terjadi sebelum munculnya api dari Tanah Hijaz, yang menyinari leher-leher unta di Bushra”


Ibnu majah meriwayatkan dari Anas bin Malik Radiallahu ‘anhu, dia berkata, “Maukah kamu sekalian, aku ceritakan kepadamu sebuah hadits yang pernah aku dengar dari Rasulullah Shallallah ‘Alayhi Wasallam, yang takkan ada seorangpun yang menceritakannya kepadamu sepeninggalku?” “ Aku mendengar dari beliau, “sesungguhnya di antar tanda-tanda Hari kiamat ialah: dicabutnya ilmu, merajalelanya kebodohan, tersebarnya perzinaan, diminumnya khamr, hilangnya kaum laki-laki, dan bertambahnya kaum wanita, sehingga ada seorang lelaki menanggung lima puluh wanita”. (Hadis ini telah diriwayatkan Al-Bukhari dan Muslim dalam kitab Shahih masing-masing, berasal dari Ghandar dengan lafazh yang sama.

Diriwayatkan dalam sebuah hadis shaheh riwayat Abdullah bin Amr, sabda Rasulullah Sallallah ‘Aalayhi Wasallam, “Sesungguhnya Allah takkan mencabut ilmu dari umat manusia begitu saja, tetapi Dia mencabutnya dengan matinya para ulama, sehingga manakala benar-benar sudah tidak ada lagi seorangpun yang berilmu, maka manusia mengangkat para pemimpin yang bodoh. Para pemimpin itu ditanya, mereka memberi fatwa tanpa ilmu. Dengan demikian mereka sesat dan menyesatkan.”

Ibnu majah meriwayatkan dari Abdullah, sabda Rasulullah Shallallah Alayhi Wasallam, “Menjelang Kiamat akan ada beberapa hari di mana ilmu dicabut, lalu diturunkanlah kebodohan, dan terjadi banyak kerusuhan. Adapun kerusuhan adalah pembunuhan.”

Sedangkan menurut riwayat Ahmad dari Anas Radiallahu Anhu dari Nabi Shallallah ‘Alayhi Wasallam beliau bersabda, “Kiamat takkan terjadi sebelum manusia bermegah-megahan dalam (membangun) masjid-masjid”.

Dari Ibnu Umar Radiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallah ‘Aalayhi wa Sallam pernah berdiri di sebelah mimbar sambil menghadap ke timur, lalu bersabda, “Ketahuilah, sesungguhnya huru-hara (akan timbul) dari sini, dari tempat munculnya tanduk setan,- atau kata beliau tanduk matahari--“.


Albukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah. Dia berkata: saya pernah mendengar Rasulullah Shallallah ‘Alayhi Wasallam bersabda “ Tidak akan terjadi kiamat sehingga seseorang melewati kuburang orang lain lalu dia berkata “andaikan aku menggantikan tempatnya”.

Hadist yang lain dalam riwayat yang sama:
“ Tak kan terjadi kiamat sehingga pantat para wanita Daus bergoyang-goyang di sekeliling Dzul Khalashah”.
Dzul Khalashah adalah berhala kabilah Daus, yang mereka sembah pada masa jahiliyyah.

Sedangkan riwayat Muslim dari Abu Hurairah Radiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Sallallah ‘Alayhi Wasallam bersabda: “ Takkan terjadi kiamat sebelum lembah Efrat menyingkapkan sebuah gunung emas yang menyebabkan peperangan di antara sesama manusia yang memperebutkannya. Dari setiap 100 orang akan terbunuh 99. Dan tiap orang dari mereka berkata, Barangkali akulah yang akan selamat”.

Al-bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah Radiallahu ‘Anhu, sabda Rasulullah Sallallah ‘Alayhi Wasallam, “ Takkan terjadi kiamat sehingga ada dua pasukan besar berperang. Pertempuran terjadi diantara keduanya demikian sengitnya, padahal pengakuan masing-masing sama. Dan (takkan terjadi kiamat) sebelum dibangkitkannya dajjal-dajjal pendusta, hampir ada 30 orang jumlahnya, masing-masing mengaku dirinya utusan Allah. Dan (takkan terjadi kiamat) sebelum dicabutnya ilmu, banyak terjadi gempa bumi, waktu berlalu cepat, huru-hara merajalela dan banyak terjadi kerusuhan, yaitu pembunuhan. Dan (takkan terjadi kiamat) sebelum harta kalian melimpah ruah sehingga membuat pusing pemilik harta karena kesulitan mencari siapa yang akan menerima sedekahnya. Sampai-sampai dia menawarkannya, maka orang yang ditawari berkata, “Aku tidak membutuhkannya”. Dan (takkan terjadi kiamat) sebelum manusia berlomba membangun gedung-gedung tinggi. Dan (takkan terjadi kiamat) sebelum seorang melewati kuburan orang lain lalu dia berkata “Andaikan aku menggantikan tempatnya”. Dan (takkan terjadi kiamat) sebelum matahari terbit dari barat. Apabila matahari telah terbit disaksikan manusia, maka mereka semua beriman, tapi pada saat itu tidak bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya, yang sebelumnya tidak beriman, ataupun berbuat baik selagi telah beriman. Dan sesungguhnya kiamat benar-benar terjadi di kala dua orang lelaki sudah merentangkan kain di antara keduanya. Namun belum sempat berjual beli ataupun melipatnya. Dan sesungguhnya kiamat benar-benar terjadi di kala seorang lelaki pulang dengan membawa susu untanya, tetapi belum sempat mencicipinya. Dan sesungguhnya kiamat benar-benar terjadi di kala seseorang sedang melepa kolamnya, namun belum sempat mengisi air ke dalamnya. Dan sesungguhnya kiamat benar-benar terjadi di kala seseorang sudah mengangkat makanan ke mulutnya, tetapi belum sempat memakannya.”

Isyarat Rasulullah tentang berbagai kerusakan, yang untuk menghindarinya harus menyingkir dari masyarakat.
Abu Daud meriwayatkan tersebut dalam sebuah hadis yang disampaikan oleh Ibnu Mas’ud. Abu Daud meriwayatkan dari Muslim bin Abi Bakrah dari ayahnya, dia berkata: Rasulullah Shallallah ‘Alayhi Wasallam bersabda, “ Sesungguhnya akan terjadi suatu huru-hara, dimana orang yang berbaring lebih baik daripada orang yang duduk, orang yang duduk lebih baik daripada orang yang berjalan, orang yang berjalan lebih baik daripada orang yang berlari. Abu Bakrah berkata, “Ya Rasulullah, apa yang Anda perintahkan kepadaku?” Rasul menjawab, “Barangsiapa memiliki unta, temuilah untanya, barangsiapa memiliki kebun, temuilah kebunnya, “Rasul bersabda pula, “Barangsiapa tidak memiliki apa-apa, maka ambillah pedangnya, lalu pukullah batu dengan mata pedangnya itu, kemudian selamatkan dirinya selagi bisa”.

Hadits serupa diriwayatkan pula oleh Muslim dari Utsman As-sahham. Sedangkan menurut riwayat Ahmad, bahwa Sa’ad bin Abi Waqqash mengatakan ketika terjadi huru-hara yang menewaskan Utsman bin ‘Affan Radiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallah ‘Alayhi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya akan terjadi suatu huru-hara, dimana orang yang berbaring lebih baik daripada orang yang duduk, orang yang duduk lebih baik daripada orang yang berjalan, orang yang berjalan lebih baik daripada orang yang berlari. Sa’ad berkata, “Bagaimana pendapat Anda, kalau seseorang masuk rumahku lalu mengulurkan tangannya –maksudnya, hendak membunuhku…?” Rasul menjawab, “Tirulah seperti (Habil) putra Adam”.

Aku tadinya ga ngerti apa yang dimaksud dengan “Barangsiapa tidak memiliki apa-apa, maka ambillah pedangnya, lalu pukullah batu dengan mata pedangnya itu, kemudian selamatkan dirinya selagi bisa”. Setelah tanya ke ustad, ternyata itu artinya apabila datang saat-saat seperti itu, (huru-hara), maka jangan ikutan… tapi sibukkanlah diri kita dengan urusan kita masing2. kalo kita punya unta.. ya urusilah unta kita, kalau punya kebun, urusilah kebun kita dan kalau kita punya apa yaaa urusilah itu, tapi kalo kita ga punya apa-apa yang bisa diurusin, so ga usah ikut2, ambillah pedang kita lalu pukullah batu dengan mata pedang itu, memukulkan mata pedang ke batu kan berarti kita menghancurkan pedang, itu berarti kita harus musnahkan senjata yang ada di tangan kita, trus selamatkan diri kita selagi bisa. Kalau salah seorang dari kalian dimasuki (rumahnya), maka tirulah yang terbaik diantara kedua putra Adam yaitu Habil. Wuuuiiihhh ya Rabbeeee… serem banget ya…

GAMBARAN AL-QURAN AL-KARIM TENTANG SEBAGIAN KEDAHSYATAN HARI KIAMAT

Tulisan ini ada mulai di halaman 234 dst.

Allah Ta'ala berfirman:
"Maka pada hari itu terjadilah kiamat, dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi lemah. Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu ada delapan orang malaikat menjunjung 'Arsy Tuhan-mu di atas (kepala) mereka. Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhan-mu), tiada sesuatupun dari hal-ihwalmu yang tersembunyi (bagi Alllah)." (Al-Haqqah : 15-18).

"Dan dengarkanlah (seruan)pada hari dimana seorang penyeru (malaikat) menyeru dari tempat yang dekat. (yaitu) pada hari mereka mendengar teriakan dengan sebenar-benarnya, itulah hari keluar (dari kubur). sesungguhnya Kami menghidupkan dan mematikan, dan hanya kepada Kami-lah tempat kembali (semua makhluk). (yaitu) pada hari bumi terbelah-belah menampakkan mereka (lalu mereka keluar) dengan cepat. yang demikian itu adalah pengumpulan yang mudah bagi Kami." (Qaf:41-44).

"Karena sesungguhnya pada sisi Kami ada belenggu-belenggu yang berat, neraka yang menyala-nyala, makanan yang menyumbat di kerongkongan dan azab yang pedih. Pada hari bumi dan gunung-gunung berguncang dan menjadikanlah gunung-gunung itu tumpukan pasir yang berterbangan." (Al-Muzammil:12-14).

"Pada hari ketika langit menjadi seperti luluhan perak dan gunung-gunung menjadi seperti bulu (yang berterbangan). Dan tidak ada seorang pun teman akrab yang menanyakan temannya, sedangkan mereka saling melihat. Orang kafir ingin andaikan dia dapat menebus (dirinya) dari adzab pada hari itu dengan anak-anaknya, saudaranya, kaum familinya yang melindunginya (di dunia) dan orang-orang di atas bumi seluruhnya. Kemudian dia (mengharapkan) tebusan itu dapat menyelamatkannya. sekali-kali tidak dapat. Sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak. yang mengelupaskan kulit kepala, yang memanggil orang yang membelakangi dan berpaling (dari agama) serta mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya." (Al-Ma'arij: 8-18).

Sebenernya masih banyaaaakkk banget hadis-hadis tentang kiamat yang ada di buku “Huru-hara Hari Kiamat” karangan Ibnu Katsir. Subhanallah.. lengkap banget sampai diterangkan tentang tanda-tanda kiamat kecil dan besar secara detail, apa yang harus kita lakukan kalau kejadian itu menimpa kita, ciri-ciri dajjal dan lain-lain lengkap dari yang sudah terjadi, yang sedang terjadi dan yang akan terjadi berdasarkan hadits-hadits shaheh. Masya Allah… semoga Allah balas kebaikan semua orang yang berusaha menyampaikan kebenaran dan mengingatkan saudaranya untuk berbuat baik. Semoga Allah membalas amal kalian dengan berlipat ganda dan memasukkan kalian ke dalam golongan orang-orang yang saleh. Ameen.

So, sebelum datang huru-hara itu, lakukanlah yang terbaikmu hari ini, Do your best today.
/>

11 komentar:

  1. Ya, sama-sama mas Langgeng...

    BalasHapus
  2. bisa bantu sy dapetin buku nya gk?

    BalasHapus
  3. bisa bantu saya dapetin buku nya gk?

    BalasHapus
  4. bisa bantu saya dapetin bukunya gk?

    BalasHapus
  5. Arlan tinggal di mana? Kalau di Jakarta, buku itu banyak dijual dan sepertinya insya Allah di toko buku gramedia juga ada. Kalau ga ada, coba ke kwitang, di buyung insya Allah biasanya sih ada. Kalau ga ada juga, ketika ada tabligh akbar biasanya banyak dijual juga ko. Semoga ketemu ya Arlan..

    BalasHapus
  6. kebetulan lokasi sy di Tangerang neh....
    klo di sini kira2 dmn y?, cz klo mesti ke jakarta lumayan jauh.... ^^

    BalasHapus
  7. atw klo gk sy minta tlg maft aja yg beliin...
    ntr tgl kirim aja...
    uang nya ntr sy transfer pas bukunya dh nyampe...
    gmn?

    BalasHapus
  8. Sebenarnya di Tangerang juga ada. Terlebih di sana tempat kajiannya banyak juga. Tapi kalau Arlan benar-benar pengen punya buku itu, insya Allah nanti saya carikan dan saya kirimkan lewat pos aja (maaf, saya ga jualan ya...). Kalau setuju, sebaiknya selanjutnya by email aja, di aisyahmf@gmail.com Terima kasih.

    BalasHapus
  9. ok....
    cb di cek gmail nya...

    BalasHapus
  10. Bro . Aq pernah baca buku nya . Tp ilang . Beli d mana ya ? Daerah surabaya

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --