1.18.2009

Antara Blogspot dan Wordpress

Mau sharing pengalaman aja. Malem ini aku coba belajar wordpress, utak atik - utak atik ternyata lebih enak Wordpress dibandingkan dengan Blogspot ya... Kalo di blogspot, kita bener-bener harus tau minimal sedikit kode html untuk merubah-rubah tampilan dan harus tau mana bagian header, mana body, mana footer misalnya kita mau menambahkan sesuatu di bagian header atau body atau footernya, melebarkan, dll dll harus bisa menempatkan html tersebut. Aku pernah beberapa hari utak-atik menambah kolom dari 2 kolom menjadi 3 kolom di blogger ga sukses-sukses hahaha dasar aja aku yang kaga bisa-bisa tapi Alhamdulillah akhirnya bisa juga kok hehe(sebenernya sih bisa aja tinggal download template tiga kolom cari di google, tapi kan selera masing-masing orang beda, kadang kita suka tampilan template 2 kolom tapi kita pengen bikin template itu dirubah jadi 3 kolom).

Kalau di wordpress, sama sih tinggal download aja template yang kita suka tapi yang bikin simplenya tuh kita gak perlu ngerubah-rubah kode (mungkin ada sedikit-sedikit perubahan html kalau kita ingin tampil beda) tapi teknisnya lebih simple. Mi-sal-nya, kalau di blogspot kita mau nambahin header seperti about me atau apapun yang ditampilkan di header, contoh tambahan bagian header di blogku seperti yang di bawah tulisan do your best today di atas, trus dibawahnya ada tulisan home, modul gratis internet marketing, panduan belajar membuat website, RSS syndicate. Nah.. untuk menambahkan tulisan-tulisan itu kita harus menggunakan kode html di header area, tapi kalau di wordpress kita tinggal nambahin aja di pages. So, di wordpress lebih simple.

Trus kalo di wordpress, enaknya tuh kalo mo nulis, options buat edit tulisan lebih banyak pilihan misalnya rata kanan, rata kiri dll dll. Pokoknya lebih mantep deh dan ternyata... kalo kita pake wordpress tuh, lebih mudah untuk diindex sama om Google lhooo lebih mudah juga dalam menambahkan meta tag dan lain-lain. Pokoknya kalau menurutku (berdasarkan pengalamanku yang masih secuil ini), wordpress lebih asyik deeehh.. ummm tapi blogspot juga gak kalah kok, dari informasi yang aku baca ternyata kalau kita mau berbisnis lewat internet dengan menggunakan google adsense, account adsense kita akan lebih mudah di approve kalau kita menggunakan blogger karena blogger masih salah satu "keluarga google". So, semua ada kekurangan dan kelebihan. Itu semua menurutku loohh.. kali aja ada dari kalian yang pengen sharing tentang nge blog, silahkan aja :). Nanti kalo aku belajar yang lain.. mau sharing lagi aaahh.. hehe. Good luck for you all.
/>

6 komentar:

  1. Assalamu'alaykum
    mba template di wordpress itu disebelah mana ya??
    saya baru belajar nih. pengen pasang radio dll jadi ga bisa. mohon bantuannya ya..
    jawabannya kirim ja ke komen salah satu tulisan di blogku = fandikasbara.wordpress.com
    syukron..
    ohya, blognya bagus mba.. -)

    BalasHapus
  2. Wa'alaykumsalam warahmatullah wabarakatuh

    Buat Fandi kasbara, afwan aku seharusnya tidak terbitkan komentar ini karena sesuai permintaan, jawaban langsung dikirim di komen blog Fandi. Aku terlajur klik terbitkan komentar saat ada komen dan belum pernah menghapus komentar yang sudah diterbitkan, udah kucari-cari caranya tapi gak ketemu2. So, afwan banget atas diterbitkannya komentar Fandi.

    Maksud Fandi mau merubah template di WP? setelah aku lihat, blog Fandi sudah berubah template-nya kok. Kalau mau cari pilihan template, coba ke google dan ketik "free Wordpress templates" nanti tinggal pilih aja mana template yang Fandi suka.

    Kalo pengan pasang radio dll, itu berkaitan dengan kode html. Jadi temukan dulu kode html nya (mereka biasanya ngasih kodenya kok), trus tinggal copy paste aja kodenya di "text" di dalam pengaturan WP.

    Aku juga masih belajar WP karena yang aku pake di blog ini, bukan WP tapi blogspot.

    Semoga ini jawaban yang ditanyakan Fandi, kalau ada yang belum jelas atau jawaban ini tidak menjawab pertanyaan Fandi, silahkan tanyakan lagi saja di kolom komentar ini. terima kasih.

    BalasHapus
  3. Bu, mau tanya nih, gmn caranya menambah kolom dari 2 kolom menjadi 3 kolom di blogger?. Aku baca kutipan di atas "(sebenernya sih bisa aja tinggal download template tiga kolom cari di google, tapi kan selera masing-masing orang beda, kadang kita suka tampilan template 2 kolom tapi kita pengen bikin template itu dirubah jadi 3 kolom"). Kalau cari di google,dg nama apa?....
    Trims ya +han ilmunya

    BalasHapus
  4. Hehe seneng banget deh Lisa tanya-tanya tambah template, berarti bener-bener ada keinginan untuk jadi blogger sejati :D .

    Lisa tinggal search aja di google, keyword-nya "cara menambah kolom di blogspot" aku gak tau Lisa blogspot-nya yang lama atau yang baru karena nanti kodenya akan beda. Tapi Lisa sendiri bisa liat kok pada saat masukin kode-kode itu pasti dipandu seperti "coba cari kode berikut" "taro script ini tepat di bawah kode itu" dll dll, kita bener-bener dipandu kok untuk nempatin kode html-nya, tinggal ikutin aja. So, don't worry.

    Nah... kalo Lisa gak nemuin kode yang dicari (misalnya saat itu nyoba menambah kolom untuk template blogspot lama) berarti template yang Lisa punya adalah template blogspot yang baru. So, nyoba search lagi di google dengan kata kunci "cara menambah kolom blogspot baru".

    Ini salah satu situs yang membahas tentang itu http://inblogspot.co.cc/2009/01/tutorial-menambah-kolom-di.html atau di sini http://www.jaloee.blogspot.com/2007/10/trik-cepat-menambah-tiga-kolom-di.html

    Selamat mencoba ya Lisa... good luck!.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --