1.12.2009

Kemajuan Teknologi Ancam Dunia Filateli




JAKARTA--MI: Kemajuan teknologi komunikasi dinilai merupakan ancaman bagi dunia filateli. Teknologi e-mail telah mematikan kegiatan dunia pos.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Pengurus Pusat Filateli Indonesia, Soeyono, SE dalam acara "Peluncuran Perangko Shio Kerbau", di Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (10/1). Soeyono menyatakan hal itu menanggapi pertanyaan wartawan tentang keberadaan perangko di era surat-elektronik, pesan singkat (sms) dan telepon.

Menurutnya, kecanggihan alat komunikasi e-mail yang cepat dan bisa diperoleh secara gratis tidak dapat dipungkiri telah menurunkan minat masyarakat untuk menggunakan jasa pos (perangko). Sehubungan itu, ia mengingatkan bahwa perangko bukan sekadar alat bayar dalam surat menyurat, tetapi juga sebagai simbol budaya, kedaulatan negara, dan bukti sejarah karena memuat peristiwa besar.

"Misalnya Konferensi Asia Afrika, itu ada perangkonya," katanya, seraya menyatakan bahwa perangko pernah digunakan sebagai senjata dalam perang urat syaraf, dan alat pencarian dana amal (fund rising). Untuk membangkitkan kembali gairah penggunaan perangko, Soeyono berharap para orang tua mulai menanamkan kegemaran surat menyurat kepada anak-anak sejak dini.

Sementara itu, Kepala SBU Filateli, Abdussyukur menyatakan, setiap tahun Ditjen Postel menerbitkan sedikitnya 60 juta helai perangko, sebagian besar digunakan oleh masyarakat dalam surat menyurat, sebagian kecil dibeli oleh kolektor. "Seperti Perangko Shio Kerbau sekarang ini. Yang reguler diterbitkan sebanyak 300.000 lembar, 100.000 di antaranya untuk kolektor dan pengguna di luar negeri," katanya.

Ia mengungkapkan pula, selain perangko yang reguler, juga diterbitkan yang mini-sheet dan souvenir, masing-masing sebanyak 30.000 lembar. "Kalau yang dua model ini khusus untuk kolektor," katanya. (Ant/OL-06)
Sumber : MediaIndonesia.com
-------------------------------------------------------------------------------------
Memang mau tidak mau ya... kemajuan di satu bidang akan berdampak pada bidang yang lain. Beginilah dunia, akan terus berkembang, yang lama akan semakin terkikis dengan yang baru, canggih, simple, efektif dan efisien. So, bila kita tidak berbenah diri, tidak berusaha untuk berubah, kita akan semakin terkikis seperti halnya dunia filately ini. Klik untuk melihat di sini untuk melihat koleksi perangkoku.
/>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --