9.29.2012

Cerita Scammer

Dulu aku pernah menulis tentang scammer di sini dan di sini. Ternyata ada sharingan bagus tentang scammer yang aku ambil dari kompasiana buah karya dari mba Fey Down. Ini dia ceritanya semoga bisa menjadi pemikiran dan kehati-hatian para wanita Indonesia terutama yang berusaha mencari pasangan atau kenal seseorang untuk serius menikah melalui internet.  

Berita tentang scamers cinta sudah menyebar kemana-mana, tapi masih ada saja wanita yang tertipu oleh mereka. Biasanya mereka mencari korban lewat FB atau situs pertemanan dengan modal photo bule, rayuan gombal ,  iming-iming uang, hadiah dan masa depan bak kisah Cinderella.

Scamers cinta sangat pandai mempermainkan perasaan wanita . Jika siwanita  sudah masuk perangkap cinta sang scamers , apapun yang diminta si ” bule” pasti akan dipenuhi. . Dia  lupa logika dan tak peduli nasihat orang. Jika uang sudah melayang, si bule palsu menghilang, barulah korban meradang.

Sejumlah teman hampir saja menjadi korban dan sempat termakan rayuan. Biasanya mereka nggak percaya kalau kita ingatkan, alias ngeyel abis. Kadang saya ngomong sendiri, kenapa harus  repot kalau yang dibilangin  ngga mau. Bodo amat lah, EGP….tapi hati nurani ngga rela jika ada wanita Indonesia dipermainkan oleh scamers cinta. Maka satu satunya cara saya perlihatkan bukti bukti  korban yang ada di websites seperti www.419baiter.com, www.stop-scammers.com dll

Maklum jika wanita lagi  jatuh cinta sama ” bule palsu alias bule bule an” siapapun yang mengingatkan dianggap angin lalu. Gimana ngga mau klepekan, hampir tiap hari di telpon , bilang I love you, darling, baby, I miss you. Wanita mana yang tak butuh perhatian, apalagi oleh “bule”  idaman. Begitu juga ketika saya berusaha mengingatkan beberapa kawan.  Setelah saya kasih lihat bukti-bukti korban yang berjatuhan, baru mereka sadar, tentu dengan sedikit patah hati.

Banyak korban tak berani cerita karena malu, tapi ada juga yang mau berbagi dan berani melapor ke polisi.

Sebut saja Yani (56 th) berkenalan melalui Facebook dengan pria bule bernama James, yang mengaku komandan infantry Inggris dan sedang bertugas di Afganistan ( nggak tahunya suka muter di Roxy mencari mangsa). Rayuan maut si bule palsu membuat Yani jatuh cinta setengah mati. Apalagi ketika James berjanji akan mengirimkan uang sejumlah 5 juta dollar Amerika yang didapatnya dari Muamar Khadafy ( too good to be true, koq percaya aja.).

Suatu hari Yani diminta oleh James mengiriminya uang untuk bea masuk sebesar 5 juta dollar.. Entah sedang jatuh cinta atau tergiur pada uang sebanyak itu,  Yani pun memenuhi permintaan kekasih mayanya. Lalu dikirimlah uang sebesar 30 juta rupiah. Setelah uang terkirim, Yani baru tersadar kalau dirinya ditipu. Langsung ia melapor ke polisi dan dalam waktu singkat komplotan ini tertangkap. Ternyata si James ini orang Afrika yang bekerja sama dengan pacarnya seorang wanita Indonesia.

Seorang teman  sebut saja Lenny, sedang masalah dengan rumah tangganya. Ketemu scamer cinta bernama  Joe yang kebetulan ada di Indonesia. Dia mengaku warga Kanada , maka jatuhlah Lenny dalam pelukannya. Mereka sering bersama dan anehnya biaya semua dari Lenny dari makan hingga sewa apt. Alasan si pria nunggu uangnya cair dari UK. Sebulan berlalu, Joe butuh uang katanya mau investasi sama temannya (ternyata komplotannya juga). Lenny minjam sana sini dan 5000 dollar pun diserahkan pada Joe. Habis terima uang, Joe mengajak anak anak Lenny belanja dan dengan bangga Lenny bilang betapa perhatiannya si Joe pada keluarganya. Ngga sadar yang dipakai uangnya juga.

Beberapa hari kemudian Joe mengajaknya menyaksikan cara membuat dollar palsu, katanya uang yang 5000 sudah diserahkan pada teman Joe, nantinya jadi 10.000.  Tak lama bungkusan besar diserahkan pada Lenny , kata Joe semua berjumlah 10.000 tapi harus dibuka beberapa hari kemudian. Begitu dus di buka yang ada hanya kertas lembaran. Lenny pingsan dan Joe menghilang. Dia rugi dua kali, ibarat main catur , SKAK dan STER. Rugi sudah di apa apain plus uang pinjaman melayang.

Korban lain sebut saja Jenifer. Ia  tertipu rayuan gombal pria yang dikenalnya lewat internet. Si pria mengaku tentara Amerika yang sedang bertugas di Iraq.  Dia mulai membicarakan masa depan nan indah. Katanya ia ingin hidup di Indonesia bersama Jenifer. Dia ingin memberikan berlian, dan laptop. tetapi menurutnya barang-barang itu tertahan di Malaysia.

Tak lama kemudian, ada orang yang mengaku dari Custom Malaysia ( padahal komplotannya juga) yang meminta uang tebusan karena ” hadiah wah” tertahan di airport Malaysia. Demi cintanya pada si pria,  Jenifer yang sudah mengkhayal bakal dapat hadiah super mewah harus kehilangan uang 700 juta rupiah yang didapatnya dari menjual perhiasan, mobil dan menggadaikan rumah. Setelah uang melayang, si pria pun menghilang.

Ciri-ciri seorang scamer cinta :

    Biasa memasang foto bule yang diambil dari majalah model pria. Biasanya cuma ada satu atau dua photo yang dipajang.

    Mengaku engineer, dokter,  tentara, mariner, staff di UN, NATO dll, atau businessman

    Sedang tugas di UK, Afrika, Malaysia atau negara lainnya biar keliatan sibuk

    Baru kenal udah manggil honey, baby , super perhatian dan agresive.

    Kadang kirim bunga biar wanita makin ke GR an

    Omongin masa depan bersama, pengen invest, beli rumah mewah di Indonesia

    Mengajak si wanita hidup di luar negeri dengan segala kemewahan yang dijanjikan biar makin klepekan

    Mulai cerita yang bikin iba si wanita, mengaku duda mengurus anak dua karena istrinya selingkuh. Nanti dia pura pura nangis dan bilang anaknya masuk rumah sakit, minta kirim uang biaya rumah sakit.

    Jika si wanita seorang muslim, maka ” si honey ” akan bilang bersedia menjadi muslim. Siapa yang tak bangga pujaan hati siap pindah agama demi cintanya pada si wanita.

    Pura pura  mau jual rumah super mewah di luar negeri, tapi ada masalah  karena rebutan sama mantan bini. Mau bayar lawyer ngga ada duit, pinjam uang dulu sama si korban, dengan janji hasil penjualan rumah akan dikirim buat si wanita.

    Menawarkan hadiah mewah seperti berlian, laptop,  dll tapi ketika dikirim alasan barang tertahan di Malaysia dan minta si wanita kirim uang untuk mengeluarkan barang-barang mahal tsb.

    Si bule palsu mengatakan akan datang ke Indonesia, lalu memperlihatkan kertas seperti tiket online. Padahal cuma  booking saja. Di situ akan ada tulisan bahwa ybs belum membayar dan memperlihatkan passport.

    Ngaku engineer sedang beli alat berat, uang nggak cukup dan meminta pinjaman sedikit saja agar bisnisnya lancar. Katanya demi masa depan berdua.

    Untuk meyakinkan kalau uang sudah di kirim, mereka menggunakan form palsu lengkap dengan track number. Caranya gampang, cek di google pasti ketauan palsu banget.

    Mereka menggunakan telpon dengan no awal +44 70 bagi yang ngga ngerti dikira benar dari UK, padahal +44 70 adalah sebuah system telekomunikasi  di UK yang disebut 070 Follow me Numbers. Bisa diakses dari mana saja. Biasanya scamers menelpon dari Nigeria dengan menggunakan 070 ini. Silahkan cek  http://www.scamwarners.com/forum/viewtopic.php?f=3&t=16485

Agar terhindar dari rayuan gombal scamer cinta ;

    Jangan mudah percaya pada foto yang diperlihatkan hanya satu atau dua buah

    Pertama chat ajak bicara cam to cam ( pasti nolak dengan banyak alasan)

    Suruh telpon dan kenali logatnya, jangan asal dengar cowok pake bahasa Inggris dah dianggap bule

Jika mereka tak dapat memenuhi syarat di atas, bye…bye ajah. Untuk apa kenalan dengan manusia nggak jelas.

Memang sih tak semua pria yang dikenal lewat internet sebagai scamer cinta. Banyak wanita Indonesia yang menemukan pria baik dari berbagai bangsa lewat internet. Lalu mereka saling mengenal cukup lama, akhirnya menikah dan hidup bahagia.

Jodoh memang Allah yang menentukan, namun caranya berbeda-beda. Ada yang lewat internet, kenalan, sahabat jadi pasangan dll. Tetapi sebagai wanita kita tetap harus waspada. Jangan mudah termakan rayuan gombal dari pria dimana saja.

Tulisan ini hanya sekedar berbagi agar kita semua waspada dan bisa mengingatkan keluarga dan teman-teman. Semoga manfaat.
/>

2 komentar:

  1. Terima kasih sudah menampilkan tulisan saya disini. Semoga manfaat ya non

    BalasHapus
  2. Sama-sama mba Fey, malah makasih banyak telah sharing cerita scammer ini, semoga bermanfaat bagi teman2 kita yaa.... Amin. Thanks mba Fey... :)

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --