9.26.2014

Wahai Para Istri, Jadilah Barang Mewah (Harta yang Terbaik)


Semua manusia berusaha mencari harta dan kekayaan di dunia ini dan berlomba-lomba untuk mendapatkan harta yang banyak dan menjadi orang terkaya di wilayahnya bahkan dia tidak akan puas dengan harta yang ia dapatkan sehingga dia akan terus mencari harta yang lebih banyak dan banyak lagi sebagaimana yang Rasulullaah ShallAllaah ‘alayhi wasallam sabdakan:

“Jika anak Adam diberikan satu lembah emas, maka dia akan mencari (lembah emas) yang kedua dan jika dia diberikan (lembah emas) yang kedua, maka dia akan mencari (lembah emas) yang ketiga dan tidak ada yang bisa menutup mulut anak Adam melainkan tanah (kematian) dan Allaah Subhanahu wata’ala akan menerima taubat siapa saja yang bertaubat” (H.R. Bukhari no 6072, Muslim no 1042).


Dalam Fathul Baari, Al Kirmani mengatakan tentang hadis ini bahwa seolah-olah sabda beliau ini berarti manusia tidak akan puas dengan materi dunia ini sampai dengan dia mati. Itulah sifat tamak dan rakusnyamanusia terhadap harta dunia. Padahal dengan banyaknya harta yang mereka miliki, belum tentu kebahagiaan bisa mereka dapatkan atau mereka beli. Pun tidak bisa menjadi patokan bahwa orang yang paling kaya harta adalah orang yang paling bahagia. Belum tentu!. Karena kebahagiaan tidak bisa diukur dengan kekayaan. Mereka yang miskin dan kekurangan yang hidupnya di pinggir jalan dan kolong jembatan bisa tersenyum bahagia dan tertawa lepas karena mereka menikmati kesederhanaan hidupnya. Sedangkan orang kaya harta yang hidup dalam rumah megah dengan mobil mewah terus menerus ingin menumpuk kekayaannya, mereka kebanyakan stress dan tidak bisa menikmati hartanya dan tidak merasakan kebahagiaan dalam tumpukan emasnya. Yang sebenarnya mereka kejar adalah harta yang banyak dan selalu ingin mendapatkan harta yang terbaik dan barang mewah lainnya dan mereka terus menerus disibukkan dengan ketamakannya terhadap harta. Padahal mungkin mereka tidak akan melakukan semua itu jika mereka mengetahui apa itu hakikat barang mewah atau apa itu hakikat harta yang terbaik bagi manusia?.

So, apakah sebenarnya barang mewah atau harta yang terbaik bagi manusia itu?.

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh sebuah gambar yang kutemukan di internet dan subhaanAllaah itu sangat menginspirasiku tentang barang mewah atau harta yang terbaik bagi manusia. Juga tulisan ini sebagai nasihat bagi diri saya sendiri untuk selalu berusaha menjadi barang mewah atau harta yang terbaik untuk suamiku. Semoga Allaah selalu membantuku. Amin. Ini dia gambarnya.

Jadilah Barang Mewah
Jadi, harta terbaik itu bukanlah handphone keluaran terbaru, bukan pula motor gede yang bikin yang naiknya jadi tambah gagah, bukan pula mobil mewah yang menjadikan pengendaranya bisa mentereng dan bergaya, bukan rumah mewah yang bertingkat-tinggat, tetapi barang mewah atau harta terbaik di dunia ini adalah ISTRI SALEHAH. Istri salehah adalah SEBAIK-BAIK PERHIASAN DUNIA.  Sebagaimana dalam hadis riwayat Muslim no 1467 dikatakan “Sesungguhnya dunia itu perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita salehah”. Dijelaskan lebih lanjut dalam ‘Aunul Ma’bud bahwa istri salehah yang cantik (lahir dan batinnya) karena ia akan selalu bersamamu menemanimu, bila engkau pandang menyenangkanmu, ia tunaikan kebutuhanmu bila engkau membutuhkannya. Engkau dapat bermusyawarah dengannya dalam perkara yang dapat membantumu dan ia akan menjaga rahasiamu. Engkau dapat meminta bantuannya dalam keperluanmu, ia mentaati perintahmu dan bila engkau meninggalkannya, ia akan menjaga hartamu dan memelihara anak-anakmu.

Jadi, jika seorang suami mendapatkan istri yang salehah yang taat kepada Allaah dan berusaha sebaik mungkin untuk menyenangkan suaminya dan memberikan support dan dukungan kepada suaminya ketika suami dalam keadaan down dan putus asa, membantu suaminya untuk selalu taat kepada Allaah, memberikan kebahagiaan dan ketenangan ketika dia dalam keadaan sedih, menemani dan melayani kebutuhan lahir maupun batinnya, selalu tersenyum di hadapannya dan membuatnya senang, menjaga amanah suaminya ketika dia tidak di rumah dan melaksanakan kebaikan lainnya maka laki-laki itu telah mendapatkan sebaik-baiknya perhiasan dunia. Suami akan merasa tenang dan damai meskipun mereka dalam keadaan kekurangan harta. Tetapi kebahagiaan akan terus mereka dapatkan dengan adanya cinta karena Allaah. Saling mencintai karena Allaah dan bukan karena saling mencintai disebabkan nafsu syahwat dunia, bukan karena warna kulit, ketampanan atau kecantikan wajah atau karena ke-sexy-an tubuh. Maka wahai para wanita, marilah kita menjadi barang mewah, marilah kita menjadi harta yang terbaik yaitu dengan menjadi wanita salehah, istri salehah, marilah menjadi barang mewah untuk suami kita dan membuat dia merasa kaya dengan memiliki kita, marilah kita buat suami kita merasa tenang dan damai ketika dekat dengan kita, marilah kita menjadi supporter terbaik untuk dia, buatlah dia selalu tersenyum dan bahagia, bantulah dia menjadi muslim yang baik dan dekat dengan Allaah dan bantulah dia menjadi manusia yang selalu bersabar dengan segala ujian dan bersyukur atas segala nikmat Allaah. Sekali lagi wahai para wanita, MARILAH MENJADI ISTRI SALEHAH, MARILAH MENJADI BARANG MEWAH UNTUK SUAMI KITA.

Dan engkau para lelaki, ketika kalian mencari seorang istri, carilah mereka para wanita yang salehah untuk menjadi pendampingmu, carilah wanita yang takut kepada Allaah, carilah wanita yang amanah (bisa dipercaya)  dan yang pandai bersyukur serta tidak tamak atau rakus terhadap materi dunia, carilah wanita yang bisa menjaga diri dan kehormatannya dan mengerti tentang agamanya sehingga dia akan bersikap sopan dan santun terhadapmu, dia tidak akan kasar terhadapmu bahkan dia akan membahagiakanmu dan merasa tenang ketika engkau meninggalkannya sendirian di dalam rumah. Semoga Allaah memberikan wanita yang salehah kepada kalian. Tetapi janganlah kalian takut karena wanita salehah akan bisa dapatkan ketika engkau berusaha menjadi laki-laki yang saleh dan takut kepada Allaah. Sebagaimana yang Allaah firmankan dalam surat An-Nur:26 bahwa “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita yang baik (pula)…”. SubhaanAllaah, jadi janganlah takut Allaah akan memasangkan kita dengan orang yang salah. Karena in shaa Allaah, Allaah akan memberikan pasangan yang baik jika kita terus berusaha untuk selalu menjadi pribadi yang baik dalam kehidupan kita.

Marilah kita selalu berusaha menjadi orang yang baik. In shaa Allaah, Allaah akan memberikan lebih banyak lagi kebaikan kepada kita. karena yakinlah bahwa Allaah mengatakan dalam Al-Quran bahwa “TIDAK ADA BALASAN KEBAIKAN KECUALI KEBAIKAN” :) .

/>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --