1.02.2010

Mengatasi Keram Perut Bagian Bawah (Rahim)

Understanding Cervical Cancer Anatomical Chart- Paper unmountedAda yang pernah keram perut ga? Biasanya cewe tiap datang bulan sering merasakan keram perut kan? Sama ko aku juga. Hampir tiap datang bulan sakitnya bukan main tapi Alhamdulillah ga sampai pingsan dan setelah ditanyakan ke dokter katanya itu masih normal. Kalo sampe pingsan-pingsan nah itu yang ga normal.

Kalau tentang keram perut karena haid pernah aku tulis di sini, sedangkan untuk yang sekarang ini aku mau sharing tentang mengatasi keram perut secara general. Mungkin alangkah lebih baiknya aku coba runut penyebab keram perutku yang aku sendiri ga yakin apa penyebabnya.

Awalnya aku ke dokter untuk suntik anti kanker cervic (cervical cancer) yang kedua, suntikan itu bertujuan untuk mencegah kita dari terkena cervical cancer yaitu kanker leher rahim. Itu dilakukan 3 kali jaraknya sebulan dari suntikan yang pertama dan 6 bulan dari suntikan yang ke dua. Nah, kemaren itu aku baru suntikan yang kedua.

Di RS lamaaa banget nunggu antrian, belum sarapan pula, akhirnya aku baru sarapan seadanya beli di kantin RS (lemper 1 sama susu kotak) jam 11an lebih. Ok, setelah disuntik, aku janjian ma temenku pergi ke daerah kota liat-liat tempat wisata. Kita liat banyak museum di sana, ada musem Bank Mandiri, museum BI, dan lainnya, kita makan di depan museum Bank Mandiri jam 1an lebih. Setelah selesai, sorenya mau maghrib kita liat ada pertunjukan sulap di lapangan salah satu gedung itu. Sulap itu yang bawain orang-orang suku dayak. Nah, pada saat itu ada adegan seseorang yang tadinya diikat nanti bisa lepas sendiri ikatannya dan orang itu yang tadinya laki-laki akan berubah jadi perempuan cantik. Nah… pada saat adegan itu berlangsung, aku iseng-iseng masuk daerah yang diwarnain putih dan ngomong sendiri “Laaa hawla wa laa quwwata illaabillah, kalau Allah berkehendak lain, apa yang mereka pertunjukkan tidak tejadi, maka tidak akan terjadi”, terus-terusan aku ngomong sendiri seperti itu sambil telapak tangan kananku mengarah ke mereka. Aku lakuin itu beberapa kali dan bapak-bapak tukang sulap dari batak itu sempet liat ke aku bentar (hiks GR banget!). Perlu diketahui bahwa aku sama sekali tidak punya ilmu hitam atau ilmu putih atau ilmu kanuragan atau ilmu apalah namanya, sama sekali ga punya. Yang aku lakukan itu hanya sekedar iseng dan atas dasar keyakinan pada Allah bahwa kalau Allah berkehendak lain, sulapan mereka itu tidak akan terjadi. Intinya iseng deh. Setelah beberapa menit, aku ga tau kenapa perut bagian bawahku terasa sakit, semakin lama sakitnya semakin menjadi (sakitnya itu sama persis dengan sakit haid tapi yang ini lebih sakit lagi). Akhirnya aku liat mereka sambil jongkok untuk menahan perut sakit. Setelah dibawa jongkok berapa menit sakitku bukannya mendingan malah tambah parah. Akhirnya aku sama temenku keluar dari barisan penonton dan pergi ke tempat lain untuk cari tempat duduk. Belum berapa langkah aku bener2 ga tahan akhirnya aku duduk sekenanya di samping lapangan yang lagi di pake sepakbola. Kebetulan ada beberapa mas2 yang lagi pada nongkrong di bawah pohon ga jauh dari aku duduk. Biasanya kalau sakit haid, posisi duduk dengan kedua kaki ditekuk ke atas lumayan bisa ngebantu. Tapi saat itu engga sama sekali malah tambah sakit. Akhirnya karna bener2 ga tahan sakitnya aku telpon dokter yang tadi siang nyuntik anti kanker cervic ke aku. Aku Tanya dokter apa suntikan itu bikin daerah rahim jadi sakit? Beliau bilang engga, udah banyak pasien yang dia suntik juga tapi ga ada yang ngeluh sakit di bagian rahim. Dan emang waktu suntikan pertama juga setelah suntik, aku malah jalan2 ke taman mini, ke mana sampe malem dan ampe aku cape banget tapi ga ada keluhan apa-apa dengan bagian rahimku.

Ketika mas2 yang pada duduk di bawah pohon ngeliat aku kesakitan, mereka ngedeketin aku dan tanya kenapa, aku jawab sakit bagian ini (sambil nunjuk perut), trus satu dari mas2 itu tanya apa boleh dia pijit urat kakiku? aku tanya balik apa dia ngerti urat? Dia bilang ya, ya udah akhirnya karna aku fikir mungkin itu bisa membantu meringankan sakit yang minta ampun sakitnya dan aku fikir aku pake kaos kaki juga kan?, so aku bilang ok. Trus mas2 itu mencet jempol kakiku, aku tau dia coba ngeliat apa reaksiku. Karna ga sakit akhirnya aku diam ga ngerengek. Trus dia tanya perut bagian mana? Aku jawab perut bagian bawah, akhirnya dia mencet urat rahim yang ada di bagian kaki (bagi yang tau tempat urat, mungkin tau banget urat rahim di kaki itu di mana) dan sudah aku duga dia akan mencet bagian itu dan aku ngejerit kesakitan. Trus aku bilang ke dia, “mungkin ini karna efek suntikan tadi siang Pak”, dia bilang “ooo habis di suntik ya?, kalau habis di suntik ya jangan di refleksi, nanti pengaruh obatnya hilang”. Sekarang sih terserah mba aja mau lanjut dipijit insya Allah nanti cepat sembuh tapi efek suntikan ilang atau biarin aja biar suntikannya ada efeknya?” trus aku fikir-fikir mendingan aku biarin aja, dari pada aku kehilangan efek suntikan itu. gila aja sekali suntik 700 rebu trus ilang efeknya gara-gara direfleksi, yaaaaa mendingan ga usah refleksi aja…

Akhirnya aku putusin untuk tahan sakit aja. Trus bapak itu bilang ke aku “tadi telat makan ya?” aku bilang ya, trus dia bilang “pantesaaan… nih perutnya kosong, ga ada isinya“ sambil nerusin kata-katanya “badan kamu lemah, tekanan darahmu rendah trus gula darahmu juga rendah, kamu males makan ya?” waduh aku kaget. Lho, ko Bapak bisa tau? Trus dia jawab “aku kan paranormal” “glek… kaget aku. Trus dia lanjut lagi, “kamu ini kayaknya turun bero deh”. Hahahah ada rasa pengen ketawa tapi gimana.. mau diem tapi lucu.. mau ketawa tapi perutku sakit banget. Akhirnya ya… iya2 aja deh aku ga ngerti. Trus dia nyuruh aku makan dulu biar perutku ada isinya. Akhirnya kita pergi beli jagung yang deket situ, dan aku ga bisa liat sulapan itu lagi karna ternyata udah selesai. Singkat cerita aku pulang naik taksi dari kota ke kosan. Nah..karna dia bilang aku turun bero dan aku inget kata2 ibu2 yang suka mijit aku, dia bilang kalo turun bero, tinggal naikin aja kakinya ke atas, buat sudut 90 derajat trus biarin aja sampai dengan ada bunyi “klek” nah itu baru bener lagi, dia bilang gitu. Akhirnya pulang2 aku coba naikkan kakiku ke atas ngebentuk sudut 90 derajat dan setelah lama2 aku di posisi itu, tiba2 perutku pada keruyukan dan terasa banget banyak angin keruyukan di dalem yang pengen pada keluar. Subhanallah ternyata posisi itu posisi bagus untuk angin di dalam perut untuk keluar (maaf, yang saya maksud saya angin adalah “kentut”). Akhirnya lama-lama semua angin itu keluar dan subhanallah.. setiap angin itu keluar, perutku terasa banget berkurang sakitnya. Aku tunggu lamaaa banget sampai aku yakin angin itu ga keluar lagi dan subhanallah, saat itu langsung sembuh. Berarti yang dari tadi aku ngerasain sakit yang sedemikian hebatnya itu (sampai bener2 ga bisa jalan lhoo… harus nunduk kayak nenek2 gitu, masya Allah bener2 sakitnya minta ampun ngelebihin sakit haid) itu semua isi di dalemnya cuma angin doang. Dan ketika aku pulang ke rumah, aku dipijit lagi, aku minta tukang pijit itu untuk melihat posisi rahimku dan dia bilang ga ada masalah, ga ada turun bero atau gimana-gimana, semuanya bagus. Jadi berarti emang bener sakit yang sedemikian rupa sehingga itu isinya cuma angin doang.

Jadi, kalau di antara kalian ada yang sakit perut bagian bawah atau bagian rahim, coba deh kakinya di keatasin buat posisi 90 derajat. Semoga nanti cepet sembuh seperti yang aku rasain. Tapi yang jadi tanda tanyaku sekarang. Sebenernya penyebab aku sakitku ini apa ya?
- Apa karna efek suntikan anti kanker cervic itu?
- apa karna sering telat makan?
- Apa karna keisenganku sama tukang sulap dayak itu jadi aku dikerjain sama dia?
- Apa karna kecapean?

Hehehe aku ga tau. Intinya kalo kamu ngerasain yang pernah aku rasain itu… coba deh apa yang pernah aku coba. Good luck ya….
/>

1 komentar:

  1. gw banggeeetttttt, tadi pagiiiii...sakit banget emang nya juga, di coba dehh, thx bgt ya tulisan nyah....

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --