5.24.2012

Syarat Menikah dengan Warga Negara Asing (WNA)

syarat menikah dengan orang luar negeri
Syarat menikah denganWNA
Tulisan berikut ini hanya sebagai catatan pribadiku yang mungkin suatu saat diperlukan kembali ketika ada yang menanyakan hal yang sama dan semoga bisa berguna bagi mereka yang membutuhkan. Tulisan ini akan dibagi 2 yaitu yang harus dilakukan sebelum menikah dengan warga negara asing dan yang dilakukan setelah menikah ketika mengajukan permanent resident visa khususnya untuk negara Kanada.

To the point aja ya.., ketika kita akan menikah dengan warga negara asing (WNA), syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk ke KUA adalah :
1. Copy KTP dan copy Kartu Keluarga calon pengantin
2. Surat Pengantar RT/RW/Kelurahan dari wilayah setempat (di mana KTP kita terdaftar)
3. Surat Keterangan untuk menikah (N-1) dari kelurahan
4. Surat Keterangan asal-usul (N-2) dari kelurahan
5. Surat keterangan tentang orang tua (N-4) dari kelurahan
6. Pas foto 2x3= 4 lembar
7. Copy paspor dan visa
8. Surat ijin dari kepolisian setempat
9. Surat ijin menikah dari kedutaan (CNI = Certified Non Impediment- to marriage, atau surat yang menyatakan tidak keberatan atas ybs untuk menikah di Indonesia)
10. Copy Identitas diri dan akta lahir
11. Surat Lunas Pajak (bagi mereka yang bekerja di Indonesia)
12. Surat Keterangan dari dinas kependudukan (bagi mereka yang bekerja di Indonesia)
13. Sertifikat masuk islam (bagi mereka yang sebelumnya non muslim)

Keterangan tambahan:
- Penikahan kami melalui KUA karena kami berdua Alhamdulillah muslim, apabila kedua calon bukan muslim, maka dilakukan di catatan sipil dan bisa ditanyakan di catatan sipil setempat untuk syarat2nya.

- Berdasarkan pengalaman, yang pertama kali di lakukan sebaiknya meminta CNI dari kedutaan. Kalau bisa jangan lewat telpon apalagi email karena akan membutuhkan waktu lama dalam pelaksanaannya. Dulu dibilang proses CNI itu 2 bulan, tetapi setelah datang langsung ke kedutaan Canada, ternyata Alhamdulillah prosesnya hanya 5 hari kerja dan membayar 256.000 untuk adminstrasinya.

Setelah CNI selesai, foto dan dokumen lain lengkap semua, langsung minta surat pengantar ke RT --> RW --> Kelurahan --> baru ke KUA. Biasanya untuk RT, RW, kelurahan akan di charge seihlasnya (untuk KUA bergantung KUA nya :P ).

Jangan dipusingkan oleh N-1, N-2, N-4 karena itu yang ngurus kelurahan, bukan kita.

Untuk foto, Alhamdulillah bisa terpisah, dalam arti kami tidak harus datang langsung untuk berfoto bersama dalam 1 pas foto, tapi bisa terpisah-pisah, jadi lebih mudah terutama jika sang calon pengantin tinggal beda wilayah pada saat itu.

Surat Ijin dari kepolisian setempat bergantung kondisi calon pengantin. Apabila yang bersangkutan sudah ada di Indonesia, sebaiknya langsung ke kepolisian setempat dengan membawa copy visa on arrivalnya, tapi kalau masih belum di Indonesia, bilang aja ke KUA kalau dokumen tersebut akan disusulkan setelah dia datang. Insyaa Allaah untuk surat ijin dari kepolisian ini bisa ditunggu, bawa aja copy CNI, passport, ktp dan visa on arrival sebagai syaratnya. Yang penting sudah setting date dulu ke KUA bahwa kita akan menikah di tanggal sekian, jam sekian dan visa on arrival menyusul. Waktu itu aja ngurus surat ijin dari kepolisiannya pagi hari percis di hari H pernikahan (nikahnya sore) qeqeqe nekat banget. Alhamdulillah saat itu ada sahabat2ku yang membantu mengurusi surat ijin kepolisian ini, jazaakumullah khair ya teman-teman... subhaanallah... semoga Allah mereward kalian dengan yang jaaaauuuuhhh lebih baik lagi, memudahkan semua urusan kalian dan selalu memberikan yang terbaik bagi dunia akhirat kalian. Amin. Amin. Baarakallah fiikum semoga Allah selalu memberkahi kehidupan kalian. Amin. Sekali lagi terima kasih banyak telah amat sangat membantu kami, hanya Allah lah yang bisa membalas kebaikan kalian. Love you all.

Karena saat itu calon suami tidak tinggal dan tidak bekerja di Indonesia, maka mohon maaf tidak bisa sharing tentang Surat Lunas Pajak dan Surat Keterangan dari dinas kependudukan.

Bagi mereka yang berasal dari negara bukan muslim seperti Canada misalnya, KUA akan menanyakan agama calon kita karena tidak ada satupun informasi agama di seluruh dokumen yang ada. Walaupun dari namanya sudah jelas-jelas muslim tapi tetap akan dimintai keterangan kalau beliau adalah seorang muslim. Alhamdulillah pada saat itu KUA percaya kalau calon suami adalah muslim. Tapi ketika mengurus stempel buku nikah ke kemeterian agama, mereka akan tetap meminta surat keterangan kalau suami adalah muslim.

Mungkin itu dulu yang bisa di-share, semoga bermanfaat. Bagi yang akan melangsungkan pernikahan, menggenapkan setengah dari Dien ini, semoga Allah mudahkan jalannya dan Allah jadikan keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Amin.

Teman-teman semuanya.... dikarenakan semakin banyak yang bertanya lewat email dengan pertanyaannya hampir sama bahkan terkadang memang sama, ada juga yang sudah saya tulis di blog tapi masih ditanyakan kembali. Jadi untuk tidak mengulang jawaban yang sama ke beberapa email dan agar teman2 bisa sharing pengalaman di sini juga sehingga bisa lebih bermanfaat bagi pembaca yang lain. Oleh karena itu dimohon semua pertanyaan dituliskan di sini. Kecuali pertanyaan yang memang benar-benar sangat pribadi.

Terima kasih :) . Semoga Allaah selalu memudahkan urusan kita semua. Amin.
/>

168 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wa'alaykumsalam warahmatullah wabarakatuh mba... tolong cek emailnya ya... Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum
      mba aku masih bingung nih
      sm syarat n cara"nya
      bisa di perinci ga mba utk aku
      mohon bantuannya ya mba
      kalau bisa secara pribadi
      inshallah aku punya rencana menikah calon suamiku dari saudi please reply ya mba aku bingung deh karena firts time

      Hapus
    2. Mba klau bisa balas ke gmail saya ya
      ni dia
      Amanda25cute@gmail.com

      Hapus
  3. Wah, ribet sekali ya Maft, persiapan kamu waktu itu. Aku cuma bisa bantu sedikit. Cuma undangan kayaknya. Semoga kalian bisa reunite as soon as possible, anywhere.

    BalasHapus
  4. Amin amin doanya. Makasih banyak ya mba atas bantuannya waktu itu.

    Iya mba banyak sekali yang harus diurus untuk persiapan nikah, setelah menikah, terlebih pengurusan tuk reunite dan harus diurus sendiri, tapi itulah proses mba, yang mau ga mau, suka ga suka harus dilewati dan diselesaikan. Alhamdulillaah 'alaa kulli haal :). Alhamdulillaah, bersyukur atas apapun yang kita alami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum mba aisyah minta emailnya di
      yanti_roujwann@yahoo.com
      Thank you in advance

      Hapus
  5. Mbak Aisyah, saya mau bertanya lewat email, bisa minta alamat email ke ikhlasulamal@myopera.com

    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  6. assalamuallaikum...
    mbak untuk surat CNI itu harus diurus ybs yah? soalnya calon ku gak tinggal di sini.

    BalasHapus
  7. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh Anonim,
    CNI itu kita urus sendiri di kedutaan. Dulu waktu mau menikah juga sama ko, calon suami saat itu masih di luar, jadi kita urus sendiri ke kedutaan negara suami yang ada di Indonesia. Datang langsung yaaa.. jangan lewat telpon atau email. Insyaa Allaah jauh lebih cepat.
    Semoga Allaah mudahkan segala urusanmu untuk menggenapkan 1/2 Dien ini saudaraku... Amin.

    BalasHapus
  8. Askum mb aisyah,,,,boleh gak tnya dikit klo mau nikah dg warga thailand non muslim,,trs selesai nikah mau tinggal di indo,,tau caranya gak mb..???trims..waslm...

    BalasHapus
  9. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh,

    Maaf mba ga tau caranya. Yang aku tau sebisa mungkin seorang muslim itu menikah dengan muslim juga terlebih jika dia seorang wanita. Menikah adalah menggenapkan separuh agama kita dan mencari keridha-an Allaah. Jangan sampai dengan menikah malah menjauhkan kita dari Allaah. Na'udzubillaahi min dzaalik. Semoga Allaah menguatkan iman kita dan menjauhkan dari laknat-Nya. Amin.

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum Wr. Wb.,

    Mb Aisyah, terimakasih bgt untuk postnya :)
    Aku ada pertanyaan untuk biaya menikah dengan WNA di KUA. Salah satu temenku bilang mereka akan charge kita tinggi bahkan bisa sampai 10juta. Bener ga mb?
    Mohon infonya ya mb, karena Insya Allah ak ingin menikah tahun depan dg WNA.

    Jazakillah.

    BalasHapus
  11. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh

    Anonim (saya tebak sih wanita ya :) )

    Kalau biaya tidak resmi KUA biasanya bergantung KUAnya mba. Dulu sebelum memutuskan ke KUA Jakarta, awalnya mau ke KUA daerah asal, ternyata masyaa Allaah dipersulit banget banget yang minta persyaratan ini itu yang memang tidak ada dan calon suami saat itu pun tidak bisa memenuhinya (karena memang surat seperti itu di sana tidak ada) finally ternyata ketahuan juga endingnya UUD yang meminta tarif kisaran sekian dan sekian kalo nikah sama orang luar, akhirnya jadilah kami pindah ke KUA Jakarta yang subhaanallah cuma sekitar 2 hari langsung ok. "Charge" nya pun diminta juga cuma dengan bahasa yang lebih halus dan tidak terlalu memaksa :| . Akhirnya hasil negosiasi kami berikan uang tersebut di hari H setelah akad nikah plus sedikit oleh2 dari negara suami.(tanpa ada DP-DP an dan JANGAN MAU kalau diminta DP ya mba....)

    Jadi jawabannya setiap KUA beda2 bergantung "pejabatnya" dan yang penting kita harus pandai bernegosiasi.

    Wow 10juta gwede bwanget mbaaa....itu 10x lipatnya dari aku :D . Ingatkan aja pejabat KUA nya kalau biaya ini tidak resmi (seihlasnya dan semampunya kita) dan seharusnya tidak mempersulit orang lain apalagi orang yang mau menjalankan ibadah.

    Semoga Allaah mudahkan mba menggenapkan setengah agama ini dan memudahkan semua jalan ke sana. Amin.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. assalamualaikum wr. wb
    mb aisyah saya mau tny mengenai CNI... calon suami saya kan dari UK dan CNI bisa diurus disana apa msih perlu lgi minta dari kedutaan yg di jakarta??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum mba.

      MBa boleh minta email nya mba. Karna kebetulan calon aku juga british citizen.

      TErimakasih banyak..

      Hapus
    2. Assalamualaikum mba.

      MBa, aku boleh minta emailnya tdk.. krna kebetulan calin aku jg british citizen.. terimakasih..

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  15. Assalamu'alaikum wr wb..
    mba, boleh minta emailnya ga or kirim email kosong ke euis_solihati@yahoo.com, ada yang ingin saya tanyakan, mudah mudahan berkenan. makasih.

    BalasHapus
  16. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Nisa :) .

    Maaf saya ga tau apakah harus minta lagi ke kedutaan di Jakarta atau ga, tapi alangkah lebih baiknya mba langsung tanyakan ke kedutaan negara calon suami aja mba...

    Kalau mba belum ngurus CNI, ini cuma saran aja ya mba... sebaiknya mba urus CNI di sini aja kalau mau nikahnya di Indo. karena takutnya -ini cuma perkiraan aja ya mba-, kalau mba proses di sana, bahasanya kan inggris semua, nanti harus ke sworn translator dulu untuk di translate ke bahasa Indonesia, nanti kalau fotocopy harus minta stempel ke kedutaan lagi atau mungkin harus ke notaris dulu untuk dilegalisir sesuai asli, jadi lebih repot nantinya, apalagi kalau KUA nya mempersulit minta yang macam-macam. Laa hawla walaa quwwata illaa billaah. Tapi waktu aku langsung proses CNI di sini, langsung dapat 2 bahasa dengan stempel asli 22nya. Tapi itu hanya saran aja kalau mba belum buat dan beda cerita kalau KUA tidak mempersulit :) . Sekali lagi, langsung ditanyakan ke kedutaan yaaa... :) .

    Semoga Allaah mudahkan jalan mba Nisa menggenapkan separuh agamanya. Amin. :)

    BalasHapus
  17. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh teh Euis, silahkan cek emailnya ya.... Makasih.

    BalasHapus
  18. Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakatuh ...
    Sis, apakah benar kalo laki2 wna hendak menikahi wanita Indonesia harus membuat deposit sebesar 500juta atas Nama si wanita? Itu saya dapet info lewat Internet juga. Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  19. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh

    Alhamdulillaah engga ko insyaa Allaah, sampai sekarang tidak ada kewajiban membayar deposit dan temanku yang lain yang nikah dengan orang asing juga udah bertahun-tahun sampai punya anakpun tidak ada tagihan deposit sebesar itu Alhamdulillaah.

    Mau nikah ama orang asing juga yaaaa? hehe.. Semoga Allaah mudahkan jalannya dan dipilihkan yang terbaik yang saleh dan bisa memimpin keluarga menunju Jannatul Firdaus. Amin.

    BalasHapus
  20. assalamualaikum wr. wb,

    Mbak Aisyah, insyaallah di April ini saya akan menikah dengan WNA juga. ada yang mau saya tanyakan sedikit karena saya kurang faham. apakah saya boleh mengetahui email mbak? email saya ninyciu@yahoo.com

    Terimakasih, mbak

    BalasHapus
  21. Assallamuallaikum Mba Aisyah, subhanAllah alhamdulillah saya nemu blog mba disaat kepala di rambut sudah mulai memutih dengan smua kekhawatiran buat ngurusin smua syarat *pwuuuih how i hate bureaucracy* bisa minta emailnya biar lebih gayeng tanyanya, saya di putu.nee.hadisewoyo@gmail.com maturnuwun sangeeeet.
    wassallam

    BalasHapus
  22. waduw kok syaratnya bnyk bngt, mbak kalo ak mau nkhnya d langsungin d negara suami apa persyaratan juga sebanyak itu ya?thanks

    BalasHapus
  23. jadi ragu mau langsungin nkh d indo,kok ribet bngt ya

    BalasHapus
  24. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba2....tolong cek emailnya ya...

    Hihi... ternyata banyak juga yaaa yang mau nikah sama WNA :D . Welcome deh kalo gitu.

    Emang syarat2nya banyak mba.... tapi jalani aja, insyaa Allaah selesai juga ko, onak duri birokrasi mau tidak mau memang harus dilewati. Semoga Allaah selalu memudahkan kehidupan orang yang memudahkan urusan orang lain. Amin.

    Dulu saya juga hampir saja mau menikah di negara suami gara2 sulitnya birokrasi dan persyaratan yang macam2 yang memang tidak ada dan tidak bisa dipenuhi, tapi karena banyak faktor pertimbangan akhirnya tetap dilaksanakan di Indo. Padahal kalau baca-baca pengalaman temen2 yang lain dan saran2 mereka, ternyata menikah di negara lain lebih cepet dan gak seribet di sini. Allaah a'lam.

    Kalau syarat2 sebaiknya langsung ditanyakan ke kedutaan negara calon suami aja mba... karena kemungkinan setiap negara beda. Semoga Allaah mudahkan kalian semua menggenapkan setengah Dien ini ya...dan semoga memang mereka adalah yang terbaik yang Allaah berikan untuk dunia akhirat kalian. Amin.

    Jangan lupa selalu berdoa sama Allaah yaa.... karna hanya Allaah lah yang maha tau yang terbaik dan maha memudahkan sesuatu. Semoga Allaah memberkahi kalian semua. Amin.

    BalasHapus
  25. assalamu'alaikum mba...
    mau nanya lagi..memangnya boleh ya kalo calon suami kita menikahnya dengan menggunakan visa on arrival?

    BalasHapus
  26. Dear mbk aisyah salam kenal saya echy ,mbk kira2 berapa bulan mbk mengurus persyaratan menikah mbk supaya saya bisa persiapkan waktu,mbk waktu mbk ngurus dikelurahan apa aja syarat yg harus dipenuhi calon suami wna?kan dia wna trus ga pake surat numpang nikah gitu kan mbk yang kaya wni nikah sama wni beda domisili? trus kalau di kelurahan dulu mbk dikenai biaya administrasi berapa?makasi mbk mohon info

    BalasHapus
  27. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh

    Visa on arrival (VOA) itu sebagai syarat di Kepolisian mba... sedangkan KUA itu membutuhkan surat dari kepolisian tersebut. Jadi VOA tidak langsung dikasihkan ke KUAnya.

    Pengurusan semuanya bergantung dari banyak faktor mba Echy... Dulu mau nikah di tempat asal ternyata tidak dipermudah, jadi langsung mengurus nikah di Jakarta. Waktu itu aku mau nikah tanggal 12 April. Start aku ke RT- RW- Kelurahan Jakarta itu bulan sebelumnya yaitu tanggal 28 Maret, besoknya ke KUAnya. trus ngurus lain-lainnya serba dadakan Alhamdulillaah selesai juga. Bagi-bagi undangan seminggu sebelumya juga cukup Alhamdulillaah walau jadinya undangan sangat tidak sesuai permintaan ~x( hiks, tapi Alhamdulillaah 'alaa kulli haal. So, kalau dihitung, waktu itu cuma butuh 1/2 bulanan lah sampai selesai nikah.

    Kalau bisa dibikin rundown time perharinya mba Echy, dilakukan dan terus dipantau. Nanti listnya memang banyaak sekali tapi jangan liat banyaknya, lakukan aja, laksana kita menanjak tangga di Uluwatu di Bali yang dari pantai itu....terlihat panjaaang banget dan banyaak banget tangganya. Tapi janganlah liat ke atas, tapi tundukkan kepala, naiki tangga satu persatu nanti gak kerasa kita ternyata sampai di atas juga, tangga panjang yang harus kita lewati ternyata selesai juga. Sama dengan semua yang kita kerjakan, jangan lihat banyaknya tapi bismillah, langsung kerjakan saja, insyaa Allaah nanti selesai juga. Semua proses pastinya tidak mengenakkan, tapi kita akan merasakan enaknya ketika kita memetik hasilnya ;).

    Semangat ya mbaa... Semoga Allaah mudahkan semua urusan teman2 semua. Amin.

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum mbk,Terimakasih mbk buat info n suportnya semoga proses pernikahan saya berjalan lancar,oh ya suami mbk wna mana mbk?semoga rumah tangganya awet dan bahagia selalu,sekarang saya malah lg bingung ngurusin visa tunangan saya bulan mei udah habis rencana saya mau buat vitas tapi saya married bulan agustus kalaupun maksa mau buat vitas harus ada notification for married dr embessy jerman,mbk tau ga gimana syarat2 ngurus notification for married atau pernah denger ga tentang itu.maaf ya mbk pertanyaanku simpang siur kesana kemari hehehe sekali lagi makasi ya mbk,semoga kebaikan mbk dibalas sama Allah amin

    BalasHapus
  29. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh,
    Sama-sama mba... Amin. Makasih juga doanya ya.., semoga begitu juga dengan mba Echy, semoga Allaah mudahkan semuanya dan selalu memberikan yang terbaik untuk dunia akhirat mba Echy. Amin.

    Maaf ga tau tentang itu, baru sekali ini juga denger istilah notification for married. Lebih baik langsung ditanyakan ke kedutaan Jerman nya aja mba. Biar lebih jelas dan benar insyaa Allaah.

    BalasHapus
  30. assalamualaikum Mba Aisyah, saya mau tanya banyak hal tenntang menikah dgn WNA, tolong kirim Emailnya ke sweet_pugnrs@yahoo.com
    thank you.

    BalasHapus
  31. Assalamualikum, mbk aisyah, kl untk ngurus CNI bs pihak perempuannya, ato hrs WNA nya yg dtg lgsg ke embassy? trs kl misalnya nikah di dearahnya, trs ngurus2nya hrs di daerah pa di jkt nya? bingung nih wktu mepet, calon pngantennya msh di luar smua, kira2 1 bln cukup bwt persyaratan smp prnikahan?
    thank you.

    BalasHapus
  32. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh,

    Silahkan cek emailnya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum mba aisyah tolong di perjelas lg dong kirim ke gmail saya amanda25cute@gmail.com
      inshallah saya jg ingin menikah di bulan maret calon suami saya asal saudi
      mohon bantuannya ya mba untuk kejelasan married sm wna wassalam..

      Hapus
  33. Assalammualaikum Mba
    mohon saranya juga saya juga mau menikah dgn warga asing
    dari uk
    pls send email ke saya ya mba
    di
    lanny_bax@yahoo.com
    terima kasih mbak

    BalasHapus
  34. Assalammualaikum Mbak
    saya mohon sarannya juga untuk menika dgn warga asing
    calon saya dri uk mbak,
    mohon minta emailnya ya mbak
    ke lanny_bax@yahoo.com

    BalasHapus
  35. Assalamu'alaikum, mba Aisyah.
    Alhamdulillah akhirnya pencarianku berhenti di sini. Hampir saja jerawat keluar semua karena stress. Tapi ada banyak sekali yang ingin saya tanyakan. Please, email me, zaidahmunakib@yahoo.com.

    Jazakillah dan semoga Allah memberikan keberkahan pada keluarga sist dengan sakinah mawaddah wa rahmah.

    Assalamualaikum.

    BalasHapus
  36. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah mba2, mohon di cek emailnya.

    BalasHapus
  37. Maaf sista aisyah aq juga mau married dgn WNA insya allah mei thb ini untuk share info nya pls send ke email aq ya sista aisyah rivadv@gmail.com
    Thx....

    BalasHapus
  38. Teman-teman semuanya.... dikarenakan semakin banyak yang bertanya lewat email dengan pertanyaannya hampir sama bahkan terkadang memang sama, ada juga yang sudah saya tulis di blog tapi masih ditanyakan lagi. Jadi untuk tidak mengulang jawaban yang sama ke beberapa email dan agar teman2 bisa sharing pengalaman di sini juga sehingga bisa lebih bermanfaat bagi pembaca yang lain. Oleh karena itu dimohon semua pertanyaan dituliskan di sini. Kecuali pertanyaan yang memang benar-benar sangat pribadi.

    terima kasih :) . Semoga Allaah selalu memudahkan urusan kita semua. Amin.

    BalasHapus
  39. Assallamuallaikum Aisyah
    Maaap udah nge bombardir blog and imel dirimu ya sweetieee :) ini ada pertanyaan monggo dibantu hehehe.
    Saya posisi di Surabaya, n seperti yang Aisyah udah sebutin bahwa telepon ke pihak Kedutaan or Consulate musykil (kebetulan pas saya telepon dioper-oper dan diberikan website yang mana tidak menjawab pertanyaan saya hahaha). Wong sudah puyeng dikasi website boso Jerman jadi plonga-plongo doang. Sooo the question is:
    apa saja data yang diperlukan untuk membuat CNI teman-teman?

    BalasHapus
  40. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Neeeeee.... hehe gpp mba... cuma aku pengennya biar lebih bermanfaat untuk orang lain yang sedang kebingungan mencari informasi. Kalau ditulis di sini, semua orang bisa baca, tapi kalau di email, cuma komunikasi 2 arah aja yang mungkin sebenarnya informasi itu sangat dibutuhkan oleh teman2 kita yang lain juga.

    Kalo bener2 pertanyaan yang pribadi monggo mba send ke email juga gak popo hehe.

    Setelah buka email waktu ngurus CNI, ini dia syarat2nya:
    To issue this letter (CNI), we need to have the following information:

    - Passport copies of both parties
    - Divorce documents if any of you were married before
    - Contact information for both of the couple (include address and phone number)
    - Fee is CAN$30.00 which is currently Rupiah265,000# payable in rupiah cash only. If you are not in Jakarta, you may send the payment via Pos Wessel. Pos Wessel is a money order through the Post Office.

    Itu mbaa syarat2nya. Semoga sih sama ya...karena kadang kebijakan setiap negara beda.

    Semoga Allaah mudahkan semua urusan mba Nee. Amin.
    Cemungut ya mbaaaaaa

    BalasHapus
  41. Assalamua'alaikum Aisyah...
    sungguh keterangan disini cukup banyak membantu..namun saya masih banyak belum mengerti....
    sekarang calon saya seorang Pakistan dan netap di Pakistan...dia bekerja disana...
    INsya Allah bulan April depan dia akan datang kesini untuk menikahi saya...namun tentu dia tidak bisa lama2 disini karena dia belum dapat kerja disini dan kantornya tidak bisa memberi ijin lama2....mungkin paling lama dia hanya bisa tinggal disini 1 bulan.
    saya baca persyaratan untuk menikah...
    1. Copy KTP dan copy Kartu Keluarga calon pengantin ----> berarti KTP calon saya itu ya? apa di pakistan ada kartu keluarga juga seperti disini?

    2. Surat Pengantar RT/RW/Kelurahan dari wilayah setempat ----> ini surat pengantar apa?

    3. Surat Keterangan untuk menikah (N-1) dari kelurahan

    4. Surat Keterangan asal-usul (N-2) dari kelurahan ----> asal usul siapa?

    5. Surat keterangan tentang orang tua (N-4) dari kelurahan ---> orang tua saya atau calon saya?

    6. Pas foto 2x3= 4 lembar

    7. Copy paspor dan visa---> ini kalau saya baca dipersyaratan nikah dg WNA harus di translate ke Bahasa Indonesia, trus mesti dilegalisir . apa bisa dilakukan di Kedutaan Indonesia di Pakistan?

    8. Surat ijin dari kepolisian setempat

    9. Surat ijin menikah dari kedutaan (CNI = Certified Non Impediment- to marriage, atau surat yang menyatakan tidak keberatan atas ybs untuk menikah di Indonesia)---> ini bisa diminta di Kedutaan Indonesia di Pakistan?

    10. Copy Identitas diri dan akta lahir

    hanya ini pertanyaan saya...untuk jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih....Jazakallah sist...:)

    BalasHapus
  42. Asslamualaikum mbak Aisyah..salam kenal..saya shasha,,saya udah baca keseluruhan,,alhamdulillah saya paham,,tapi boleh g saya minta alamat emailnya,,takutnya suatu hari masih ada yang mw saya tanyakan..kirim ke chica.cute12@gmail.com
    makasih yaa mbak.. :)

    BalasHapus
  43. 1) Copy KTP dan copy Kartu Keluarga calon pengantin ----> berarti KTP calon saya itu ya? apa di pakistan ada kartu keluarga juga seperti disini?
    => Kartu identitas kedua mempelai. Kalau kita KTP, mereka bisa menggunakan passport

    2) Surat Pengantar RT/RW/Kelurahan dari wilayah setempat ----> ini surat pengantar apa?

    => Mba langsung dateng aja ke RT bilang minta surat pengantar nikah nanti dikasih, selanjutnya teruskan surat itu ke RW - Kelurahan - KUA

    3) Surat Keterangan untuk menikah (N-1) dari kelurahan
    4) Surat Keterangan asal-usul (N-2) dari kelurahan ----> asal usul siapa?
    5) Surat keterangan tentang orang tua (N-4) dari kelurahan ---> orang tua saya atau calon saya?

    => No 3,4,5, Jangan dipusingkan oleh N-1, N-2, N-4 karena itu yang ngurus kelurahan, bukan kita

    6) Pas foto 2x3= 4 lembar

    => Mba foto aja di studio foto bilang ke abangnya foto buat syarat nikah, insyaa Allaah dia ngerti

    7) Copy paspor dan visa---> ini kalau saya baca dipersyaratan nikah dg WNA harus di translate ke Bahasa Indonesia, trus mesti dilegalisir . apa bisa dilakukan di Kedutaan Indonesia di Pakistan?

    => Biasanya untuk translate dilakukan melalui sworn translator (Penerjemah tersumpah). Mba bisa cari di internet insyaa Allaah banyak jasa sworn translator.

    8) Surat ijin dari kepolisian setempat

    => Mba bisa dateng langsung ke kantor polisi setempat, biasanya di pelayanan masyarakat.

    9) Surat ijin menikah dari kedutaan (CNI = Certified Non Impediment- to marriage, atau surat yang menyatakan tidak keberatan atas ybs untuk menikah di Indonesia)---> ini bisa diminta di Kedutaan Indonesia di Pakistan?

    => Allaah a'lam tapi kemungkinan sih bisa, coba mba langsung hubungi kedutaan Pakistan di Jakarta aja untuk kepastiannya.

    10) Copy Identitas diri dan akta lahir

    => Identitas diri seingatku pakai KTP dan passport. Untuk akte lahir kadang tidak semua negara ada, coba mba tanyakan ke calon suami aja, kalo ga ada, konsultasikan lagi dengan KUA di mana mba mau menikah.

    Semoga membantu. Saranku, coba cari di internet atau info dari teman yang menikah dengan warga negara Pakistan langsung, karena setauku Pakistan prosesnya lebih rumit dibandingkan dengan negara lain (semoga saya salah dengar tentang ini). Tapi jangan putus asa, karna jalan selalu ada dan pemberi jalan kemudahan itu hanyalah Allaah jadi mintalah kemudahakan sama Allaah. Semoga Allaah mudahkan urusan mba. Amin.

    BalasHapus
  44. Wa'alaykumussalaam warahmatullaah wabarakaatuh, afwan sampai kelupaan jawab salamnya. Disatukan aja ya...

    @Anonim, sorry no 7 belum lengkap. Untuk legalisasi dokumen kalo memang dibutuhkan maka harus dipastikan sesuai persyaratan yang diminta. Apakah harus dilaksanakan di tempat dokumen asal tersebut di buat lalu di legalisasi lagi ke kementerian hukum dan HAM ataukah hanya dilakukan di kantor notaris sambil membawa dokumen asli. Mba harus benar2 pastikan untuk legalisasi ini karena harus benar-benar sesuai permintaan, tidak boleh salah. Coba mba cari info ke kedutaan Pakistan di Indonesia yaa...

    Untuk legalisasi lewat notaris cobalah cari tarif yang paling murah. Biasanya tarifnya per lembar. Ada yang 25.000 ada yang 50.000 bahkan ada yang 100.000, saranku googling dulu aja sekalian tanya tarif per lembarnya berapa.

    Kalau misalnya harus dilegalisasi sampai ke kemenhumham maka saranku jangan sampai pakai calo. Kerjakan sendiri aja. Biasanya calo mentarif 150.000 bahkan ada yang 300.000 per lembarnya. Sayang banget biayanya.

    @mba Shasha salam kenal juga. Silahkan cek emailnya tapi kalau pertanyaanya tidak pribadi tolong ditulis di sini aja biar bisa dibaca teman2 yang lain dan semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman kita yang sedang bingung mencari informasi. Terima kasih.

    BalasHapus
  45. Makasih mbak Aisyah atas jawabannya...sebelumnya saya minta maaf tidak menyebutkan nama...nama saya Vony....memang saya dengar untuk menikah dg warga negara pakistan agak rumit..saya sudah bertanya langsung kepada seorang warga negara pakistan yg kebetulan sudha netap di kota saya....mudah2an ALLAH SWT memudahkan jalan kami..Insya Allah..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum mba vonny.. Salam kenal saya lita. Kebetulan saat ini saya mengalami hal yang sama dengan mba vonny. Pasangan saya dari pakistan. Maaf mba kalo boleh saya mau banyak yang di tanyakan tentang hal itu. Kl bs kirim email mba ke melitadharma@yahoo.com terimakasih

      Hapus
  46. Sama-sama mba Vony... :). Ya mba biidznillaah. Sekali lagi kabar itu jangan bikin mba putus asa atau ciut nyali ya mba... Tidak ada yang susah kalau Allaah berkehendak untuk memudahkan. Karena Allaah lah yang maha memberi kemudahan. Semoga Allaah berikan kemudahan kalian menggenapkan separuh agama ini. Amin.

    BalasHapus
  47. Assalamu'alaikum mba Aisyah, ini lia.. salam kenal.
    Mba... saya mau tanya tentang pembuatan VISA, kira kira pembuatan VISA itu berapa lama dan berapa mahal ya mbak ? saya lihat2 di website tapi gak ada yang jelas :( trus kalo kita mau nikah sama WNA selalu memerlukan yang dinamakan KITAS ? setau saya kan itu diwajibkan bagi WNA yang menikah dengan WNI dan akan bekerja di Indonesia ya mba (Saya baca dari British Embassy website. Nah, tapi ada seseorang yang bilang dan ngotot kalau semua WNA yang menikah dengan WNA itu butuh KITAS, yang benar bagaimana mba? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak ya mba Aisyah.. Semoga Allah selalu memberikan barakah kepada mba sekeluarga, Amin :x

    BalasHapus
  48. Wa’alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh Lia… salam kenal juga :) .

    Amin amin makasih doanya ya.. Jazaakillaah khair semoga Allaah selalu memudahkan urusan Lia. Amin. Setauku dan pengalaman suamiku sendiri, saat itu beliau hanya menggunakan visa dan itu juga baru diurus di bandara. Kecuali kalau calon suami Lia mau tinggal di Indonesia lama, maka kemungkinan diperlukan kitas. Allaah a’lam. Syaratnya pun lebih rumit sepertinya. Semoga site ini bisa membantu http://www.imigrasi.go.id/

    Sorry ya Lia, untuk berapa biaya pembuatan visanya aku ga tau. May Allaah make it easy for you. Amin.

    BalasHapus
  49. Assalamu alaikum mba aisyah..sy jg mau nikah dgn WNA Iran mba..di daerah asal betul2 dipersulit.mba menikah di jakarta KUA mana ?? Trus KTPnya mba memang jakarta atau bgmn mba ?? Mohon pencerahanx..terima kasih mba..

    BalasHapus
  50. mbak,, mohon infonya, diatas mbak menyebutkan kalo menikah di KUA daerah asal urusannya ribet kalo boleh tau daerah mana ya? soalnya kondisi saya juga di daerah hanya numpang kerja aja di jkt :), sedangkan calon saya muslim dr scotlandia.. apa kita harus juga ambil surat keterangan atau pendaftaran di jakarta juga? trus rencananya setelah kita menikah nanti saya pindah ke sotlandia apa yang harus saya siapkan untuk dokumennya?

    BalasHapus
  51. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh

    KUA Jakarta Timur. Ya, KTP Jakarta. Bisa minta emailnya mba?

    BalasHapus
  52. @Mba Flyingme297. Kondisi setiap KUA beda mba walaupun daerahnya sama. Belum tentu di wilayahku dipersulit tapi di tetangga sebelah yang masih satu daerah dipersulit juga. Semua bergantung manusianya.

    Jadi coba dulu mba ke KUA di mana mba KTP nya terdaftar, lengkapi semua syarat2nya, kalau mereka mempersulit minta syarat yang aneh2 yang tidak ada dalam list dan calon suami tidak bisa memenuhi karena memang surat tersebut di negara sana ga ada, maka saranku lebih baik langsung pindah aja numpang nikah di tempat yang lain yang memungkinkan. Kecuali kalau mba mau memenuhi semua yang mereka "minta".

    Untuk perpindahan, setiap negara beda-beda syaratnya dan beda juga aturannya. Silahkan mba bisa kunjugi situs kedutaan negara tersebut atau datang langsung ke kedutaan Scotland di Jakarta.

    BalasHapus
  53. ini emailku mbak... fylingme297@yahoo.co.id

    BalasHapus
  54. assalamualaikum wr wb....
    mbak aisyah, terima kasih untuk informasi yg telah mbak bagi di blog ini. alhamdulillah saya jd punya bayangan/wacana ttg pengurusan dokumen2nya. krn apa yg ada di benak saya ttg pengurusan dokumen2 benar2 ruwet, saya tidak tau kemana dulu dan dokumen apa dulu yg harus saya urus. yg ada dibenak saya adalah ke RT/RW dulu smp dpt N1-4 br mengurus ke kedutaan. (beneran mabok mbak pas browsing n nanya2 teman perihal pengurusan dokumen)..
    insyaAllah saya akan menikah dgn WNA India. kebetulan saya sudah membuka website kedutaannya dan tidak menemukan ttg CNI, yg ada NOC Marriage. apa kedua dokumen itu sama ya mbak...?
    dlm pengurusannya semua dokumen saya yg berbahasa Indonesia harus ditranslate ke bahasa Inggris, apa saya bisa menggunakan penerjemah tersumpah manapun atau telah ditentukan oleh kedutaannya..? karena saya tdk menemukan lampiran ttg referensi penerjemahnya.

    mbak, aku sempat menemukan blog yg mencantumkan untuk membawa semua kelengkapan dokumen2 ke Departemen Luar Negeri (direktorat konsuler) dan Departemen Kehakiman (direktorat perdata) untuk mendapatkan legalisir dan keterangan ijin menikah di Indonesia selama jangka waktu 6 bulan. apa benar begitu mbak..? dan di proses sebelah mana dokumen2 itu dibawa ke kedua departemen tsb...?
    mbak, maaf ya klo mencerca dirimu dgn banyak pertanyaan. ini alamat email ku its_nanik@yahoo.com.
    terima kasih bnyk mbak, wassalam

    BalasHapus
  55. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh

    Allaah a'lam tentang apakah CNI = NOC?. Untuk kejelasannya sebaiknya ditanyakan langsung ke kedutaan Indianya mba.

    Untuk translate dokumen harus dilakukan di sworn translator atau penerjemah tersumpah. Insyaa Allaah banyak di internet. Penerjemah tersumpah biasanya dicari sendiri mba, ga tau juga kalau kedutaan India punya referensi sendiri. Sekali lagi langsung ditanyakan ke kedutaan India nya aja.

    Apabila disyaratkan oleh Indian embassy untuk melegalisasi semua dokumen ke kementerian hukum dan HAM (Kemenhumham) dan Kemenlu, maka mba harus pergi ke kemenhumham nya (di Jakarta ada di Jl. H.R. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan Jakarta Selatan) baru setelah itu ke Kementerian Luar Negeri. Nanti di sana mba ketemu banyak banget calo dari satpam sampai calo benerannya. Jangan mau dikerjain mba, kerjakan sendiri aja. Paling nunggu 3 hari aja. Kalau pengalamanku, sebelum menikah itu ribet-ribetnya ke RT-RW-Kelurahan-KUA, kepolisian, cari gedung, bikin undangan dll dll dan ga sampe ke kementerian. Ke Kementerian agama, kementerian hukum dan ham, dan kementerian luar negeri itu semua dikerjakan setelah menikah. Semua itu untuk melegalisasi dokumen yang diperlukan untuk melegalkan pernikahan kita secara internasional atau untuk keperluan perpindahan kita ke negara suami sesuai yang disyaratkan embassy.

    Mba, beda negara beda aturan. Sekali lagi, alangkah baiknya mba langsung datang aja ke kedutaan Indianya dan ditanyakan sejelas-jelasnya. Kalau saranku, sebelum ke kedutaan mba coba ke KUA dulu, minta list syaratnya apa-apa aja sekalian biayanya, baru setelah itu ditanyakan ke kedutaan terutama yang terkait dengan syarat yang diminta KUA dari kedutaan. Karena yang mau menikahkan kita itu KUA dan istilahnya sebelum pernikahan terjadi KUA lah yang megang bola. KUA lah yang berhak mengeluarkan buku nikah yang kita butuhkan. Jadi ikuti apa yang disyaratkan KUA sebelum nikah. Nah, setelah nikah, barulah kita ikutin aturan atau syarat-syarat dari kedutaan apa-apa aja yang mereka butuhkan untuk melegalkan pernikahan kita secara internasional. Jadi pernikahan kita bisa diakui di kedua negara.

    Semoga jawaban ini tidak membingungkan dan semoga Allaah mudahkan semua urusan mba. Amin.

    BalasHapus
  56. Assalamu'alaikum mbak Aisyah......
    saya Vony lagi...hehehe....
    beberapa hari yang lalu saya sudah menelfon kedutaan Pakistan di Indonesia...dan bertanya masalah syarat pembuatan visa, deposit dan masalah translate dan legalitas dokumen.....trus juga masalah apakah bisa dokumen2 itu ditranslate di Kedutaan Indonesia di Pakistan saja...tapi saya malah disarankan menyuruh calon saya itu kekedutaan Indonesia di Pakistan....
    menururt informasi temen saya yg bekerja di KBRI Malaysia, deposit itu tidak mesti disediakan calon saya, tapi cukup mengirimkan fotocopy buku tabungan saya ke kedutaan Indonesia di Pakistan...

    BalasHapus
  57. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Vony,

    Pengalamanku kalau mengurus lewat telpon terkadang kurang puas dibandingkan datang langsung ke kedutaan. Kalau datang langsung (kalau mba memungkinkan ke Jakarta lho ya...), kita bisa tanya lebih detail dan mungkin bisa minta saran-saran dari orang kedutaan tentang apa yang sebenarnya harus dilakukan sesuai aturan kedua negara.

    Kalau memang itu sarannya, berarti minta aja calon suami mba untuk bertanya ke kedutaan Indonesia di Pakistannya. Semoga ada pencerahan dari sana. Amin.

    Kalau yang mba maksud itu deposit yang 500juta sebelum menikah, maka insyaa Allaah sampai selesai menikah dan mendapatkan buku nikah pun, baik itu Kedutaan, KUA, Kemenag, Kemenhumham semuanya tidak ada yang meminta bukti deposit tersebut. Jadi jangan memusingkan diri untuk sesuatu yang belum jelas. Lebih baik langsung tanyakan kepastiannya dan kebenarannya dari kantor terkait.

    Cuma FYI aja, sebelum menikah kami berdua tidak ada yang dimintai copy buku tabungan dan semacamnya. Tapi kalau itu aturan khusus dari fihak kedutaan Pakistan ya... berarti mau ga mau mba harus ikuti. Semoga Allaah mudahkan urusan mba Vony. Amin.

    BalasHapus
  58. Assalamu alaikum mba Aisya..sy bisa minta alamat email mba aisya ?? Sy akan menikah dgn WNA Iran mba..ada yg ingin sy tanyakan..tolong alamat email mba di fifidilbarif@gmail.com.
    Terima kasih sebelumx mba...

    BalasHapus
  59. Assalamu alaikum mba Aisya...sejak 2 hari yg lalu sy isi kolom koment tp kok tdk bisa2 yah ?? Sy butuh alamat email mba,ada yg ingin sy tanyakan..tolong kirim ke email sy mba fifidilbarif@gmail.com.terima kasih

    BalasHapus
  60. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh Fifi....

    Hehe, nah, iniii... Fifi bisa isi kolom komentar. Alhamdulillaah.

    Ok karna sudah bisa, jadi pertanyaan Fifi ditulis di sini aja ya... biar bisa dibaca teman-teman yang lain yang mungkin punya pertanyaan yang sama. ;)

    BalasHapus
  61. Salam...nama sy NaNa . mbk aisyah ada hal penting yang saya mau tnya sama mbk. Saya mau menikah denga WNA. Bisa kasi email kosongnya ke na98039@gmail.com
    terima kasih
    smoga allah memberkati mbk aisyah.

    BalasHapus
  62. Assalamu alaikum mba...ini sy yg akan menikah dg wna Iran dan di daerah asal dipersulit mba..tolong alamat email mba aisyah dong..fifidilbarif@gmail.com...urgent banget mba :(...makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  63. Assalamu alaikum mba aisyah..mba,sy minta alamat email mba please..urgent mba
    Email sy fifidilbarif@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  64. Assalamualaikum mba Aisyah.. aku udah baca postingan dr yg paling atas ampe paling bawah, dan kesimpulannya pertanyaanku belum terjawab, jadilah aku bertanya di kolom ini.. hehe.. plzzz mba, jika berkenan membantu..
    saya berencana menikah bulan April soalnya. Calon saya orang Pakistan.. nah, negara pakistan ini kan visa nya hanya bisa Visit Visa, bukan VOA.. jd lah sy berencana buat Visit Visa utk dia nantinya. Dr pembahasan diatas, utk persyaratan visa ke kantor polisis sepertinya masih bisa ada keringanan sampai org bersangkutan datang. Namun yg saya bingung selanjutnya ini.. krn calon saya berencana tinggal di Indonesia dan kami mau buka usaha disini, nah bisakah saya mensponsori dia utk Permanent Visa ? (yg ktnya sudah jadi 5thn jangka waktunya sekarang) dia berencana utk tdk kembali setelah menikah, jd langsung di ubah ke permanent Visa. apakah hal ini mungkin?? plz buat pembaca lain yg juga punya jawabannya mungkin bisa di share.. krn saya sangat bingung saat ini.
    Trus kalau mba Aisyah gmn itu kondisinya? apakah setelah menikah suami kembali ke negara asalnya langsung? dan apakah sekarang menetap di Indonesia dgn visa permanent atau working permit?
    maaf ya mba kepanjangan..saya bener-bener butuh bantuan.
    terima kasih banyak sebelumnya mba Aisyah utk bantuan dan info2 berguna nya yg di share..
    may Allah always bless you and all moslem in the world :-)
    oh iya, boleh minta alamat emailnya ga, kalo seandainya saya ada yg ingin ditanyakan lg? email saya nature_ilove@yahoo.com
    trima kasih skali lg mba...

    BalasHapus
  65. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Feranita,

    Mohon maaf jika ada pertanyaan yang tidak terjawab. Perlu saya tegaskan bahwa apa yang saya tuliskan di blog ini semata-mata pengalaman saya yang semoga sedikit banyak bisa membantu atau at least sebagai gambaran apa saja yang harus di lakukan bagi mereka yang akan melaksanakan transational marriage atau penikahan dengan warga negara asing (WNA). Akan tetapi saya berlepas diri dari pertanyaan yang memang tidak bisa saya jawab karena ketidaktahuan saya dan/atau karena perbedaan kebijakan dan hukum setiap negara. Untuk jawaban yang benar dan pasti, mohon tanyakan langsung ke kedutaan calon suami masing-masing.

    Seingat saya VOA itu akan didapatkan di perbatasan negara yang akan dituju (cmiiw), jadi kalau mau ke Indonesia berarti VOA didapat di bandara di mana pertama kali dia masuk wilayah Indonesia (nanti akan distempel di passportnya). Nah, stempel itulah yang nanti di copy trus diberikan sebagai salah satu syarat yang diminta kepolisian.

    Perlu saya luruskan kalimat mba Feranita berikut ini
    "utk persyaratan visa ke kantor polisis sepertinya masih bisa ada keringanan sampai org bersangkutan datang",
    Yang memberikan keringanan waktu itu adalah KUA nya sendiri mba, bukan kepolisian. Karna saat itu semua sudah ok tapi surat kepolisian belum jadi, jadi saya minta keringanan KUA untuk menyusulkan salah satu syarat "surat dari kepolisian" dan akan diberikan di hari yang sama sebelum dilaksanakan pernikahan.

    Maaf saya tidak tau tentang izin tinggal Indonesia seperti kitas, kitap, dll, mba bisa baca disini http://www.imigrasi.go.id/. Setelah menikah, saya mengurus permanent resident untuk tinggal di negara suami.

    Semoga Allaah mudahkan urusan mba. Amin.

    BalasHapus
  66. Assalamu'alaikum mbak aisyah....
    saya Vony lagi...
    maaf mbak....td pacar saya sudah ke KBRI di islamabad dan mendpat informasi....katanya dia mesti ada bank statement jika untuk menikah...tapi kalau visit visa bisa dia dapat sekedar untuk visit...dan tidak perlu ada bank statement
    saya pengen tau.....apa visit visa itu bisa dipakai ya mbak sebagai syarat di KUA nantinya?
    maksih penjelasannya mbak aisyah.....wassalam...:)

    BalasHapus
  67. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Vony.

    Afwan (maaf) saya tidak tahu detail di luar yang pernah saya alami. Tapi kalau saya boleh menduga, "kemungkinan" KBRI di Islamabad mengatakan harus ada bank statement karena calon mba bertanya syarat kalo ingin tinggal di Indonesia setelah menikah. Jadi bukan cuma sekedar "nikah"nya atau sekedar "visitor visa"nya aja, tapi ada "tinggal di Indonesia"nya setelah menikah, jadi mereka minta bank statement. Allaah a'lam (cmiiw).

    Karena pengalaman suamiku dan keluarga dulu ke Indo cuma pake visitor visa dan itupun baru diurus di bandara, pun mereka (keluarga) tidak ditanya tujuan ke Indonesia itu untuk apa.

    Perlu ditegaskan kembali bahwa syarat yang diminta KUA itu adalah surat dari kepolisian. Nah, kepolisian inilah yang mensyaratkan adanya visa on arrival (VOA), VOA ini didapat ketika mereka baru datang ke Indonesia. Jadi bukan KUA langsung yang minta syarat VOA itu.

    Jadi linknya seperti ini mba, calonnya dateng ke Indo (sepertinya apapun visanya (cmiiw) trus dapet VOA (distempel di bandara) --> bawalah VOA tersebut sebagai persyaratan ke Kepolisian --> Nah, surat dari kepolisian inilah yang disyaratkan oleh KUA.

    Semoga pertanyaannya terjawab. :)

    BalasHapus
  68. oh mungkin begitu mbak....tadi saya sudah bilang ke dia berdasarkan keterangan mbak ini....kl dia bikin visa visit visa saja...jangan blg buat menikah.....
    baiklah mabk...doakan mudah2an saya berhasil danlancar seperti mbak aisyah juga ya....Jazakallah mbak Aisyah..mudah2an bahagia sampe kakek nenek bersm suaminya..aaminn ya rabbal 'alamin....

    BalasHapus
  69. assalammu'alaikum wr wb...

    mbak,, boleh kirim emailnya ke o3my2000@yahoo.com... aku mw ty soal ini mbak... makasih sblumnya y... =)

    BalasHapus
  70. assalamu'alaikum wr wb mbak... aku mayme,, mbak boleh kirim alamt emailnya ke o3my2000@yahoo.com... mbak aku pengen ty banyak... boleh y.. trims,,,
    wassalam...

    BalasHapus
  71. ass.. mba minta tolong kirim emailnya ke email saya yanti_qoriah@yahoo.com
    InsyaAllah setelah lebaran nanti saya akan menikah dengan warga china ..
    tapi berhubung umur saya yang masih 19th .. dan masih belum mengerti apa2 tentang pernikahan apalagi dengan warga asing ,, jadi saya mau minta bantuan infonya mba ..
    terimakasih banyak sebelumnya ..

    BalasHapus
  72. Ass?. (ketika menulis salam mohon ditulis yang lengkap ya teman-teman... karena salam itu doa dan bukan sekedar formalitas).

    Qoriah, apabila Qoriah belum tau apa-apa tentang syarat-syarat pernikahan, silahkan dibaca dan dilengkapi syarat-syarat transational marriage di atas ya.... Semoga terbantu.



    BalasHapus
  73. Assalamu'alaikum mbak aisyah....
    saya Vony lagi..:)
    saya sudah tanya sama sepupu saya yang sudah merit dengan sepupu calon saya....tahun 2011 adik ipar nya datang ke Bandung dengan visa visit family...adik iparnya itu tidak pakai bank statement dan tidak ada deposit....karena visit family dan sepupu saya sebagai sponsornya...jadi cuma pakai surat sponsor dari sepupu saya.
    satu lagi mbak..rencana akhir bulan ini saya mau mengurus CNI ke Kedutaan Pakistan...kira2 apa yg saya mesti bawa untuk membuat CNI ini mbak? saya sudah ada KTP dan pasport calon saya....tapi kalau mnta legalisir berarti mesti nunggu dia dateng kan mbak? apa lama ya kalo sekedar minta legalisir nya nanti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba vony boleh minta emailny ga? Atau kirim email kosong ke email saya dianaindahsari88@gmail.com. krn saya juga punya calon suami org pakistan. Byk hal yg mau saya tanya dg mba. Makasih sebelumnya

      Hapus
  74. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Vony, :)

    Sebenarnya syarat membuat CNI sudah ada di atas, ini saya copy kan lagi, tapi ini dari kedutaan Kanada, semoga ga jauh beda syaratnya untuk kedutaan Pakistan (lebih baik googling dulu atau langsung telpon ke kedutaan Pakistan di Indonesia sebelum ke sana ya mba..):

    To issue this letter (CNI), we need to have the following information:

    - Passport copies of both parties
    - Divorce documents if any of you were married before
    - Contact information for both of the couple (include address and phone number)
    - Fee is CAN$30.00 which is currently Rupiah265,000# payable in rupiah cash only. If you are not in Jakarta, you may send the payment via Pos Wessel. Pos Wessel is a money order through the Post Office.

    BalasHapus
  75. Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh

    Salam kenal buat mbak Aisyah ...Alhumdulillah saya menemukan blog ini,sebelumnya saya mencari info tentang legalisir buku nikah,tapi yang saya temukan adalah pertanyaan2 sebelum menikah,tapi gpp,krn blog mbak aisyah sangat berguna sekali untuk beberapa teman2 yang belum menikah,oleh sebab itu saya ada sedikit info untuk Mbak Voni yang mau menikah dengan pria pakistan, sebenarnya kedutaan pakistan di indonesia sangat membantu sekali untuk anda yang mau menikah ,untuk syarat2 pembuatan NOC hanya dibutuhkan foto copy surat N1-N4 dari kelurahan/kecamatan,fotocopy ktp,pasport calon suami,fotocopy kk aja ,prosesnya cepat dlm sehari sudah jadi bayar 185 ribu ,sore jam 4 sudah jadi..NOC ini diperlukan untuk syarat document kita ke KUA,lalu terjemahkan ke sworn translator, itu yang di minta sama KUA...demikian sekilat info dari saya semoga membantu Reny

    BalasHapus
    Balasan
    1. mashaallah..semoga ini adalah petunjuk dr Allah melalui mba..jazakillah khair..

      Hapus
    2. Saya bole minta emailny mba vony dan mba reny gak..?
      Sya mw tnya2...ngobrol lgsg..nich..

      Hapus
  76. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Reny, Alhamdulillaah... terima kasih banyak atas sharingan informasi yang sangat beguna ini semoga Allaah reward mba Reny dengan yang jaauh lebih baik lagi. Amin. Jazaakillaah khair wa baarakallaahu feek. :)

    BalasHapus
  77. Ass. Mbak Kalo merit sm wna tu pst byr ijin ting gal ndak mbak? Maklum mbak saya blm tau apa2. Saya mau merit sama org rrc, saya bingung mesti urus dr mana. Thanks febi

    BalasHapus
  78. Ass,,wr,,web
    Mbak, saya mau merit sm wna RRC saya ga tau awalnya ngurus Dari mana. Dan Apakah nanti calon suami saya dikenakan ijin tinggal.


    Trimakasi

    BalasHapus
  79. Assalamualaikum wr. wb.

    Alhamdulillah dapet blog ini. Salam kenal ya mba'.
    Mba' November ini saya ingin menikah dengan WNA Canada, sama seperti Mba'. Dan saya juga berencana untuk Apply permanent resident disana setelah menikah.


    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan ke mba, tolong di reply ya mba'.

    1. Sertifikat masuk islam;
    - Ini harus yang asli ya mba'?
    - Kalau nama setelah memeluk Islam tidak berubah, apakah ada masalah dalam pengurusannya nnti?

    2. Rencananya calon saya akan datang seminggu sebelum hari H(Pernikahan);
    - Kira2 untuk waktu yang sesingkat itu, apakah bisa terselesaikan semua? Dengan catatan CNI sudah settled lebih dahulu (InsyaAllah).
    - Boleh minta saran gak kapan baiknya saya harus mempersiapkan semua dokumennya?

    3. Untuk surat keterangan dari kepolisian itu; - apa aja ya yang perlu dilengkapi?
    - Berapa lama surat itu bisa di issue?
    - Biayanya juga dong mba', berapa? hehehe

    4. Setelah pernikahan berlangsung, saya berencana langsung ke Kanada. Jadi, kita berdua sudah planning untuk apply visa visit Canada lebih dulu, dan setelah sampai di Canada, baru apply Permanent resident. Nah, pertanyaan saya:
    - Apa aja yg perlu saya urus sebelum saya apply permanent resident di Kanada?
    - Document apa aja yg perlu saya lengkapi?
    - Menurut mba', kira-kira untuk planning kami diatas, ada hal-hal lain yang perlu saya pertimbangkan lagi gak? atau boleh nggak saya mengetahui lebih detail gimana proses yg udah mba jalanin sampai akhirnya dapet PR di Kanada?
    Terutama kesulitan2 yang mba hadapi dalam persiapan pernikahannya. supaya saya dan calon bisa lebih prepare (Sedia ember sebelum bocor mba' hehehe).

    Satu lagi mba'. Tolong kirimin email mba dong ke wina.anggun@gmail.com. Jaga3 kalau nnti ada pertanyaan lagi. hehehe
    Sebelumnya makasi banyak ya atas bantuan penjelasannya... BIG HUG untuk mba Aisyah Semoga Allah memberikan berkahnya dalam hidup mba'. Btw, InsyaAllah jika semua berjalan dengan lancar, dan saya bisa sampai di Kanada november ini, wina harap bisa ketemuan mba'Aisyah. :D Bener2 gak sabar jadinya.. pengen Sharing hehehehe

    BalasHapus
  80. Wa'alaykumussalaaam warahmatullaah wabarakaatuh
    @Febi: Tolong dibaca lagi dari awal ya... Insyaa Allaah ada jawabannya, kalo ada yang belum jelas silahkan ditanyakan kembali.

    @Wina: Amin doanya, jazaakillaah khair wa baarakAllaahu feek.
    Langsung aja ya...

    1. Sertifikat masuk islam kalau ada, insyaa Allaah cuma copy-an aja,kalo aku dulu, karena misua Alhamdulillaah sudah muslim dari lahir maka tidak punya sertifikat itu, jadi hanya menunjukkan surat keanggotaan remaja masjidnya aja.
    Justru kalau nama berubah itu yang mungkin jadi masalah. Karena kan nanti akan ada perbedaan nama di setiap dokumen. Jadi Alhamdulillaah kalau tidak ada perubahan, insyaa Allaah semoga tidak ada masalah. BiidznIllaah ta'aala.

    2. Dulu calon suami saya datang 1 hari sebelum hari H, jadilah hari ini ketemu, besoknya kami langsung menikah. So, insyaa Allaah seminggu mah cukup banget.Tapi dengan catatan semua keperluan nikah seeeemua-muanya sudah selesai diurus sebelum dia datang. Nanti cuma 1 yang belum bisa diselesaikan yaitu surat dari kepolisian karena visa on arrivalnya baru ada setelah dia ke Indonesia. Tapi untuk start ngurus CNI, KUA, undangan, dll dll aku kerjakan 1/2 bulan kelar Alhamdulillaah. Jadi sebenernya tidak ada patokan berapa lama2nya cuma lebih cepat lebih baik dan sealu minta sama Allaah untuk dimudahkan karena Allaah lah yang maha memberi kemudahan.

    3. Untuk ke kepolisian bawa aja copy CNI, passport, ktp dan visa on arrival. Bisa ditunggu ko, berapa jam juga insyaa Allaah selesai, asal dateng pagi2 aja ke sananya. Afwan (sorry) biayanya aku lupa berapa.

    4. Untuk apply visit visa trus apply PR di sana, Allaah a'lam mungkin itu yang lebih baik karena apply PR di luar Kanada setelah menikah benar2 harus sabar menanti. Untuk info tentang PR dan syarat2nya Wina bisa kunjungi situs ini http://www.cic.gc.ca

    5. Saranku kalau bisa nikah di Kanada.. mendingan di sana ajaaa hehe.

    Btw, kalau boleh tau Wina tinggalnya di daerah mana dan calonnya Kanadanya di mana?

    Semoga Allaah mudahkan jalan pernikahan Wina ya... Amin.

    BalasHapus
  81. Assalammualaikum mbak Aisyah,
    Nama saya Ratna. Bolehkan saya meminta emailnya?
    Jika berkenan ada beberapa hal yang ingin saya terkait masalah pengurusan dokumen untuk menikah dgn WN Kanada. Sudah dibaca dari awal sampe terakhir, tp kok ga afdol ya klo ga tnya lgsg melalui email mbak (hehehehe). Soalnya waktu untuk sy mengurus semua dokumen juga tidak banyak mbak, dan calon saya bilang dia akan urus yg dibutuhkan di sana lalu dikirimkan ke saya di Jakarta untuk selanjutnya diselesaikan pengurusannya di sini. jadi dia minta sy untuk mulai cari informasi ttg dokumen2 yg dibutuhkan dari skrg. Mohon mbak Aisyah berkenan untuk membantu memberikan informasi yg dapat membantu sy. Hanya Allah SWT yg dapat membalas kebaikan mbak Aisyah. terima kasih (ratna.dwm@gmail.com)

    BalasHapus
  82. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Ratna,

    Amin, Jazaakillaah khair atas doanya. Kalau dirangkum memang tidak banyak mba, cuma 3 instansi insyaa Allaah. 1. Kedutaan, 2. Kepolisian, 3. KUA.

    Untuk dokumen2 yang dibutuhkan insyaa Allaah sudah saya tulis semuanya di atas. Jadi mba Ratna bisa rangkum dan lengkapi. Semoga Allaah memudahkan semua urusan mba. Amin.

    Sejujurnya aku lebih suka ditanya lewat blog karena bisa dibaca mereka yang mungkin membutuhkan informasi tersebut juga bisa jadi media sharing informasi atau pengalaman dan bisa saling meralat kalau ada kesalahan, selain itu insyaa Allaah memudahkanku juga karena tidak mereply jawaban satu persatu pertanyaan di email yang terkadang pertanyaannya sama.

    Tapi kalau ada pertanyaan yang sangat pribadi dan tidak mau diketahui orang lain, silahkan bisa ditanyakan lewat email :). Baarakallaahu feek.

    BalasHapus
  83. Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh!
    Dear Mbak Aisyah!!
    Salam kenal mbak, nama saya Diana :)
    Insya Allah dalam waktu dekat saya merencanakan untuk menikah dengan WNA asal Amerika! Saya juga telah membaca seluruh postingan! Memang banyak yang harus dipersiapkan oleh saya dan pasangan, namun Insya Allah kami akan mampu melewatinya :)

    Begini mbak yang akan saya tanyakan untuk pengurusan Teport Certificate (Surat Tanda Melapor) harus di POLDA Metro Jaya? Apa tidak bisa dilakukan di kantor polisi di kabupaten/kota (POLRES)?

    Trima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  84. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Diana. Salam kenal juga :)

    Semoga Allaah mudahkan semua urusannya. Amin. Allaah a'lam saya ga tau mba Diana, untuk pengurusan surat keterangan kepolisian apakah bisa di polres atau harus ke polda. Karena saat itu kebetulan tempat saya dekat dengan Polda Metro Jaya, jadi sekalian ke sana. Tapi untuk lebih jelasnya lebih baik bisa ditanyakan ke Polres setempat aja mba. Semoga bisa ya... biidznillaah ta'aala. :)

    BalasHapus
  85. Assalamu'allaikum mba Aisyah,...

    Terima kasih untuk postingan dan semua informasi yg diberikan. Insha Allah saya akan menikah dengan WN Belanda, dan kebetulan saat ini memang sedang mecari-cari informasi apa2 saja yg di perlukan u/ pernikahan kami. Saya ingin bertanya mengenai waktu pengurusan CNI itu berapa lama? Karena saya asalnya dari Kalimantan dan apa harus saya datang sendiri u/ kepengurusan CNI di embassy Belanda? Kami juga belum berani menentukan u/ resepsi dan pembuatan undangan karena takut waktu u/ mengurus dokumen2 yg di perlukan tidak pasti. Setelah menikah rencananya saya akan ikut tinggal dengan suami di UK, karena dia bekerja di UK. Dan bener gak sih ribet kalo mau ngajukan sertifikat menikah di negara asal suami dengan Buku Nikah punya RI???

    Sebelumnya terima kasih u/ postingnya mba,... Semoga Allah senantiasa memberkahi mba Aisyah denngan keluarga,... :)

    BalasHapus
  86. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Nurlina...

    Mengenai waktu pengurusan CNI Allaah a'lam apakah setiap negara sama, tapi untuk Kanada kalau langsung datang ke kedutaannya insyaa Allaah selesai dalam 5 hari kerja. Untuk kepastian berapa lamanya, apakah harus datang langsung atau tidak dan lain sebagainya alangkah lebih baiknya langsung ditanyakan ke kedutaan Belandanya aja mba.

    Ribet mengajukan akte nikah dari RI? Alhamdulillaah untuk negara Kanada malah gampang, asal di sini di akui, di sana langsung diakui juga Alhamdulillaah, nah kalau untuk Belanda saya yakin beda lagi aturannya. Sekali lagi, lebih baik mba tanyakan langsung ke kedutaan Belandanya aja ya... biar lebih jelas dan benar.

    Setelahnya, sama-sama untuk pertanyaannya... Amin, jazaakillaah khair atas doanya, semoga Allaah memberikan kemudahan dalam segala urusan mba Nurlina. BaarakAllaahu fiik. :)

    BalasHapus
  87. Assalamu'alaikum Wr Wb,


    Mbak, saya ingin menikah tetapi calon saya sulit untuk datang ke indonesia, saya sudah cuba bikin invite ke kantor immgrasi tetapi saya kalah pas interview. Kami tetap ingin menikah, apakah bisa kami menikah di Thailand tetapi tetap resmi ??


    mohon jawabannya mbak ke gmail saya


    Jazakallah

    BalasHapus
  88. halo mba aisyah.. saya ingin bertanya, saya akan menikah dg pria WNA, apakah berkas yg harus dilampirkan calon suamivsaya ke catatan sipil harus diterjemahkan ke bahasa indonesia dulu? krn akta kelahiran dan CNI yg didapat calon saya masih dalam bahasa inggris..
    terimakasih dan mohon bantuannya...

    BalasHapus
  89. assalamu'alaikum.. maaf mb aisyah, sy aulia :) utk mengurus dokumen di kedutaan itu harus sy sendiri sbg catin atau bisa perwakilan dari sdr? insyaallah calon suami dari usa dan kedutaannya kan di jkt.. sedangkn sy tinggal di jogja, masih kuliah dan terikat kerja.
    maaf mb, boleh minta email mb aisyah? sy mau tanya tp agak private ni hehe email sy, est_125@yahoo.com
    mungkin cukup itu dulu ya mb.. jazakillah khairn katsir sudah mluangkn wktunya brbagi ya mb aisyah :)

    BalasHapus
  90. assalamualaikum mba
    mba aisya, boleh minta emailnya ?
    oia mba surat CNI itu dibuat minimal brp hari atau bulan sebelum hari -H ya ? terima kasih
    email saya pinky_uz@yahoo.com

    BalasHapus
  91. Assalamualaikum wr.wb
    maaf mbak sy mau tany.bgini mbak sy mau nikah dgn WNA dr mlsyia.pasangan sy rencananya insyaallah mau jd mualaf dan kita mau nikah diindo.trus lepas menikah sy ikut suami sy.
    Yg mau sy tanyakan dokumen2 apa dan apa saja yg hrs sy lakukan buat menikah mbak dan lepas menikah.sy bingung mbak .
    Tolong informasinya mbak .atas perhatian mbak sy ucapkan terima kasih.
    wassalam

    BalasHapus
  92. Assalamualaium....
    Mbak aisya ada sdkt yg mau saya tanyakan,menikah dgn WNA apa hrs berpindah kewarganegaraan dr slh satu pihak?

    Ats jwbnnya trm ksh.

    BalasHapus
  93. Assalamualaikum

    mba Aisyah..blog nya sangat berguna sekali terima kasih..

    Saya juga berencana akan menikah dengan WNA..

    Pertanyaan saya..apakah saya bisa tau Alamat KUA Jakarta mba Aisyah menikah dulu?

    ini Email saya mba.. linda.meilani7@gmail.com



    just incase saya dibikin susah KUA daerah rumah saya (Rumah saya di Tangerang)

    terima kasih

    BalasHapus
  94. asslamua'alikum
    mba thanks ya info nya...aku juga insya Allah akan menikah dengan warga asing, ..trus apakah ada syarat yang lain jika beliau sudah pensiun
    untuk daftar hingga hari pernikahan itu kira2 nunggu berapa lama ya ?
    trimakasih ya atas jawabannya
    ini blog aku dan aku baru di blog
    http://about-ourlove.blogspot.com

    BalasHapus
  95. oh ya email aku
    ayu_w01@yahoo.com
    trims ya mba

    BalasHapus
  96. Assalamualaikum mba Aisyah... thanks ya sharing info di blog ini bermanfaat banget...
    Salam kenal, nama saya Diyan
    Kalo boleh tau ada nggak kenalan mba yang senasib dengan saya, mau menikah dgn wn Pakistan di Jakarta atau di Malaysia..??

    Curhat dikit nih ya mba..
    Saat ini calonku wn Pakistan bekerja di Malaysia..
    Udah 2 kali saya coba jadi sponsor untuk ajukan turis visa dan visa sosial budaya ke Jakarta, tapi mentok ditolak waktu saya diwawancara dengan dewan clearing house di jakarta...

    trus sekarang mau coba2 daftar nikah di KBRI Kuala lumpur tapi dipersulit juga..

    Kalo ada kenalan mba Aisyah yang punya tips nikah dgn wna Pakistan boleh donk sharing2 ke email aku: diyans4ri@gmail.com

    makasih banget sharing di blog nya mba Aisyah,, may you be blessed :)

    BalasHapus
  97. Assalamualaikum wr wb
    Salam Kenal Mbak Aisyah, nama Saya Rina dari Palembang,Sumatera Selatan..sudah menikah dengan warga negara Brunei darussalam.
    Alhamdulillah persyaratan yang awalnya terlihat rumit, ternyata cukup mudah diatasi..hanya urusan kedutaan yg memaksa kita dari daerah hrs ke jakarta lagi bersama calon (waktu itu).
    Saat ini kami sudah menikah dan sudah mendapatkan sijil(akta pernikahan) dari brunei juga.
    Yang saya bingungkan, setelah menikah bagaimana proses selanjutnya karena saya akan pindah ke negara suami pd bulan Februari nanti.apakah buku nikah (yg sudah dicap resmi oleh KUA wilayah saya) hrs dilegalisir lagi ke depag,depkumham,deplu?
    Tolong sarannya ya mbak,saya liat di blog mbak jarang ada akhir2 ini mungkin sibuk ya,ini email saya : ina_kirana1@yahoo.com.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  98. Sorry ya teman2 baru sempat balas:
    @Caca: Lebih baik coba mba Caca tanyakan kepastiannya di catatan sipil di mana mba Caca mau menikah. Dulu waktu aku menikah di KUA, Alhamdulillaah mereka gak minta terjemahan kecuali CNI. Tapi ada juga teman2 yang diminta sama KUA nya untuk diterjemahkan dulu. Jadi intinya semua berdasarkan permintaan KUA setempat atau Catatan Sipil Setempat.
    @Anonim: Untuk kedutaan Kanada (ga tau kalau kedutaan negara lain), CNI jadinya 5 hari kerja dengan catatan harus datang langsung ke kedutaannya. Jangan per email apalagi per telpon, nanti mereka bilang 2 bulanan jadinya :D .
    @ Hamba Allaah: Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh. Setauku kalau menikah dengan muallaf berarti harus melampirkan keterangan dia masuk Islam mba. Jadi selain semua dokumen di atas (tolong baca lagi ya... :) ) juga harus dilampirkan keterangan kalo dia jadi Muallaf (coba tanyakan ke KUA nya, tapi kemungkinan besar sih dikeluarkan oleh Dewan Masjid di mana yang bersangkutan jadi Muallaaf. Allaah a'lam). Tuk dokumen setelah menikah nanti tanya kedutaan negara suami mba aja karena dokumennya berdasarkan kebutuhan setelah menikah. Apakah mau buat Permanent Resident ke negara suami atau gimana bergantung kebutuhan mba. Tar konfirm aja ke kedutaannya mba.
    @Intan Aulya R: Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh. Insyaa Allaah tidak ada paksaan atau keharusan setelah menikah untuk pindah kewarganegaraan salah satu pihak. Kecuali kewarganegaraan anak yang nanti harus memilih setelah usia 18 tahun kalo ga salah (antara 17 atau 18 tapi kayaknya 18 tahun deh insyaa Allaah).
    @Anonim: Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh. Dulu aku menikah di KUA Jakarta Timur mba. Hehe... tentang dipersulit atau ga itu bukan KUA nya mba...tapi personilnya, manusianya. Jadi kalau di KUA dulu aku nikah ternyata pejabatnya udah ganti yaaa..gak jaminan juga kalo tidak dipersulit. Allaah a'lam.
    Semoga Allaah selalu memudahkan urusan hidup dan kehidupan kita dan menjadikan kita selalu masuk dalam golongan orang2 yang tidak pernah mau mempersulit urusan orang lain. Semoga Allaah mudahkan pernikahannya ya mba...Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum mba aisyah
      Salam kenal ya mbak ,saya mau tanya2 tentang nikah dengan WNA. Boleh ga lewat email . ini Email saya mba. rahmayeni03@gmail.com
      Terima kasih.

      Hapus
  99. @Ayu: Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh. Allaah a'lam mba ga tau kalau ada syarat untuk yang sudah pensiun, karena setauku menikah itu kaitannya sama status apakah yang bersangkutan sudah pernah menikah sebelumnya atau ga, nah surat keterangan itu yang diperlukan. Kalau sudah pensiun tapi masih ada penghasilan nanti paling tetep ngisi penghasilan dia perbulannya di salah satu form dari KUA. Lebih baik konfirm ke KUA setempat aja mba.
    Dari daftar ke KUA hingga hari pernikahan bergantung kitanya dan bergantung jadwal KUA. seminggupun kalau KUA kosong dan mbaknya bisa, mereka siap ko insyaa Allaah.
    @Diyan Sari: Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Diyan. Salam kenal juga :). Hiks maaf banget aku ga bisa bantu mba, aku ga ngerti.... Ada sih yang nikah dengan WN Pakistan di Malaysia, sekarang tinggal di Malaysia juga tapi aku ga punya kontaknya. Barangkali ada teman2 yang senasib seperjuangan dengan mba Diyan, tolong sharing pengalaman tips dan trik nya ya... Ingatlah jika kita menolong saudara kita insyaa Allaah, Allaah akan menolong kita dan jika Allaah yang menolong kita, tidak ada satu makhlukpun di bumi ini yang bisa menahannya walaupun mereka berkumpul sedemikian banyaknya. So please temen2 tolong dibantu ya....
    Jazaakumullaah khair wa baarakallaahu feek. Amin.
    @mba Diyan, semoga Allaah mudahkan semua urusannya ya.... amin.
    @Zdanerina: Allaah a'lam mba waktu itu aku lakukan legalisasi ke kemenag, kemenhumham (tapi tidak melanjutkan ke kemenlu) semua itu karena ketakutan akan ditolaknya permanent resident ke negara suami.
    Plus pernah denger katanya kalau kita tidak mendaftarkan ke lembaga2 tersebut maka kalau suatu saat kalau ada problem, mereka akan susah menolong kita.
    Jadi sebenernya aku lakukan itu nothing to lose juga. Barangkali ada senior yang membaca ketidaktahuan kami ini, mohon sharingan dan bimbingannya ya....
    Iya, akhir2 ini sibuk banget di luar mba...hehe maklum deket2 lebaran :D . Oh, baarakallaahu feekum ya mba... semoga Allaah jadikan keluarga mba keluarga yang barakah, sakinah, ma waddah wa Rahmah. Amin :)

    BalasHapus
  100. Asskum ,
    Maf. Salam kenal dari saya Yana. Mbak aisyah , saya Mau tnya nie. Sya berencana akan menikah dgn WNA belanda, Dan sya akan melangsungkan pernikahan di belanda dulu. Calon saya seorng chatolick , tapi dia akan masuk islam mngu dpn. Pertnyaan saya adlah, persyaratan apa Saja yg harus saya lengkapi ato documents apa aja yg hrs saya bawah ke belanda? Saya mohon pertolongan nya. Saya juga uda check ke websides. Tapi blom mudeng juga. Pusiiiiing kepala saya mbak. Smga allah membls kebaikan mbak untuk membantu sesama Muslim . Thanks.
    My email, dianarif94@gmail.com

    BalasHapus
  101. Salam Mbak Aisyah, saya mau menikah dengan WNA, tapi untuk legalisasinya KUA minta sertifikat beragama islam, calon saya memang sudah beragama Islam sejak lahir. gimana ya cara mengurus sertifikatnya? mohon di balas di email saya ya mbak, rahmaibt@gmail.com. Jazakalla Khair.

    BalasHapus
  102. Maaf sebelumnya tidak jawab per email karna biar bisa bermanfaat tuk pembaca jika terdapat problem yang sama.
    @ Anonim: Sebaiknya kalau menulis salam yang lengkap ya...karna selain salam itu doa, bukan formalitas plus bisa merubah arti.
    Maaf aku ga tau jawabannya. Coba tanyakan ke kedutaan Belandanya aja.

    @Rahma: Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Rahma, ini sama percis dengan pengalamanku dulu. KUA tetap minta bukti kalau dia muslim padahal namanya pun nama muslim yang Alhamdulillaah emang suami udah muslim dari lahir. Akhirnya kami buktikan dengan surat keanggotaan beliau di masjid sana yang ada cap masjidnya. Kalau bukan anggota masjid (kalo di sini DKM kali ya), minta aja surat keterangan ke dewan masjidnya yang menyatakan kalau dia memang seorang muslim. Semoga Allaah memudahkan urusan kita semua. amin.

    BalasHapus
  103. Mbak... Mau nanya. Saya punya calon suami orang uk. Enaknya menikah di indonesia atau di inggris ya.saya dan calon beda agama. Gimana baiknya ya mbak.terima kasih.

    BalasHapus
  104. Assalaamu'alaikum wr. wb.
    Mba Aisyah, In shaa Allah saya Maia, mau menikah dengan WNA India, dia duda cerai. Ketika saya tanya surat/akte cerainya. dia hanya punya copy-an nya aja... bisakah itu dipakai..? mohon masukannya. maturnuwun

    BalasHapus
  105. Assalamu alaykum warahmatullah wa barakatuh.
    Mba, saya Layla juga berencana menikah dengan British Citizen yang kerja di Spanyol, dia kemungkinannya hanya bisa berada di Indonesia selama 3 hari. 1 hari sebelum hari H dan 1 hari setelah hari H sehubungan dengan pekerjaan yang tidak bisa ditinggal lama. Rencananya, setelah menikah saya langsung berangkat bersama dia ke Spanyol. Apa dokumen yang saya butuhkan sama dengan yang telah dijelaskan di blog ini? Apakah cukup untuk mengurus segala sesuatu berhubungan dengan hal-hal yang harus dilakukan berhubungan dengan dokumen sebelum dan setelah menikah? Atau apakah saya harus tinggal dulu untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan dokumen yang dibutuhkan saat ke Spanyol? Ada hal lain yang ingin saya tanyakan lewat email juga, mba. Boleh tolong minta alamat emailnya ke email ini (layla.layla779@yahoo.co.id)? Jazakumullah khair atas informasinya. Semoga Allah membalas kebaikan Mba atas informasi yang sangat bermanfaat kepada para pembaca blog ini dengan limpahan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Amiieen

    BalasHapus
  106. Assalaamu'alaikum Mba Aisyah.
    Saya Nesya, Insya Alloh nov sy akan menikah dgn wna UK. Coz sy msh nge blank apa saja yg mesti sy persiapkan kemungkinan sy langsung ikut ke UK. Saya divorce dgn 2 anak. Mohon infonya balas ke nesya9999@yahoo.com . Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  107. Wa'alaykumussalaam warahmatullaah wabarakaatuh
    @mba Maia: Afwan, maaf aku ga tau boleh gaknya. lebih baik ditanyakan langsung ke kua tempat dimana mba mau nikah mba.

    @Anonim: Amin jazaakillaah khair doanya mba.. Waiyyaaki.
    Untuk dokumen yang dibutuhkan sebelum nikah, sepanjang KUA mengikuti prosedur pemerintah insyaa Allaah seharusnya sama mba. Tapi kadang ada kua yang mensyaratkannya beda jadi lebih baik langsung ditanyakan ke kuanya aja.
    Allaah a'lam cukup atau tidaknya tapi pengalamanku mengurusi semua dokumen itu sendiri butuh waktu lebih dari itu mba. Terlebih jika dokumen itu berkaitan dengan fihak beruntun dan bertahap ga bisa loncat2 contohnya ngurus surat izin nikah yang ke kua itu harus ngurus ke RT-RW-Kelurahan dulu baru KUA. Iya kalo pak RT-RW dan pak Lurahnya langsung ada di hari yang sama. Kadang bapak pejabatnya baru bisa ditemui malam karena siangnya bekerja di tempat lain.
    Contoh lain jika negara Spanyol mensyaratkan adanya legalisasi buku nikah atau legalisasi lain sesuai yang Spanyol syaratkan, di Kemenhumham aja kita taro dokumen hari ini baru bisa diambil 3hari yang akan datang (kecuali pakai calo ya mba...). Jadi Allaah a'lam kalau Allaah berhendak 3hari selesai biidznillaah ta'aala tidak akan ada yang bisa menghalangi. Tapi itulah pengalaman pribadiku mengurus semua itu butuh waktu lebih dari 3 hari mba. Allaah a'lam.

    @mba Nesya: Silahkan dibaca lagi blognya ya mba... Insyaa Allaah ada jawabannya.

    @Anonim: Amin mba. Afwan waiyyaaki wa baarakallaahu fiik.

    BalasHapus
  108. Wa'alaykumussalaam warahmatullaah wabarakaatuh
    @mba Maia: Afwan, maaf aku ga tau boleh gaknya. lebih baik ditanyakan langsung ke kua tempat dimana mba mau nikah mba.

    @Anonim: Amin jazaakillaah khair doanya mba.. Waiyyaaki.
    Untuk dokumen yang dibutuhkan sebelum nikah, sepanjang KUA mengikuti prosedur pemerintah insyaa Allaah seharusnya sama mba. Tapi kadang ada kua yang mensyaratkannya beda jadi lebih baik langsung ditanyakan ke kuanya aja.
    Allaah a'lam cukup atau tidaknya tapi pengalamanku mengurusi semua dokumen itu sendiri butuh waktu lebih dari itu mba. Terlebih jika dokumen itu berkaitan dengan fihak beruntun dan bertahap ga bisa loncat2 contohnya ngurus surat izin nikah yang ke kua itu harus ngurus ke RT-RW-Kelurahan dulu baru KUA. Iya kalo pak RT-RW dan pak Lurahnya langsung ada di hari yang sama. Kadang bapak pejabatnya baru bisa ditemui malam karena siangnya bekerja di tempat lain.
    Contoh lain jika negara Spanyol mensyaratkan adanya legalisasi buku nikah atau legalisasi lain sesuai yang Spanyol syaratkan, di Kemenhumham aja kita taro dokumen hari ini baru bisa diambil 3hari yang akan datang (kecuali pakai calo ya mba...). Jadi Allaah a'lam kalau Allaah berhendak 3hari selesai biidznillaah ta'aala tidak akan ada yang bisa menghalangi. Tapi itulah pengalaman pribadiku mengurus semua itu butuh waktu lebih dari 3 hari mba. Allaah a'lam.

    @mba Nesya: Silahkan dibaca lagi blognya ya mba... Insyaa Allaah ada jawabannya.

    @Anonim: Amin mba. Afwan waiyyaaki wa baarakallaahu fiik.

    BalasHapus
  109. Percakapan dimulai hari ini

    07:30
    -Yuyun Briana LovelRosya-
    Assalaamu'alaikum Mba Aisyah
    Perkenalkan saya riana,moga m'aisyah berkenan membantu saya. Saya sudah baca persyaratan dok.menikah dgn wna. Yg msh saya bingung.
    1. Surat tanda lapor diri calon ke polda/kantor polisi setempat dkt dgn tempat tinggal saya??
    2. Calon saya muslim dari lahir (bosnian)tp jd wrga negara australia skrg. Apakah surat bukti sertifikat kl dia muslim harus mutlak dicantuumkan. Kl g da bgmana?? Atau sprti yg mba katakan coba dengan bukti anggota masjid (kl ini jg g da bgma), kl memang jg harus dilampirkan, saya harus kemana mba?? (Ada yg bilang ke masjid istiqal or al azhar aja)
    3. Akte lahir atau kartu keluarga suami apa harus wajib jg dilampirkan?? Kl g da bgama??
    4. Kira" dokumen apa saja ya mba yg hrus di translate baik dari pihak saya dan calon??
    And last, minta emailny mba (ada pertanyaan pribadi yg ingin disampaikan) terimakasih. Email saya : yufadar@yahoo.com, see u there m aisyah

    BalasHapus
  110. Ass.mba..Alhamdulillah kbtln bgt sy baca blog ini. Mba blh mnt almt emilnya? Byk yg sy ingn tnykn.sauzansite@yahoo.com thks

    BalasHapus
  111. Mba aisyah sy minta info donk. Calon suami sy org pakistan..sbnrnya kita sudah mnikah scara agama.. dan saat ini km sudah d karuniai putri.. sy ingin mndaftarkan prnikahan d indo..memang bnyk hal yg mnyulitkan. Tp kami pantang mnyerah :( aq mau tanya Bisa ga sih kita buatin visa calon suami kita di indo.. wkt itu sy pernah tanya lgsg k dirjen imigrasi..tp mereka blg tidak bs apply visa dia tuk dtg ksini.. harusnya sesama negara muslim tidak saling mnyulitkan hehe.. kenapa ya mau nikah resmi susah.. malah yg macam prostitusi malah mudah aduhhh jaman skrg parah bener..mohon balas y..sedang galau.. baby ku udh 5bln tp blm bs ktemu sm daddy nya krn urusan visa ini

    BalasHapus
  112. Assalamualaikum mb aisyah, iseng-iseng buka blog mb aisyah lagi mau ngucapin terima kasih mb infonya bener2 memudahkan aku ngurus surat2 nya dan alhamdullilah pernikahanku lancar, mau sharing aja buat temen2 barang kali ada yg mau nikah sama WN Inggris, syarat2nya sama kok dengan yg disebutkan mb aisyah cuman aku g pake surat pernyataan masuk Islam karena kebetulan suami ku masih keturunan Arab cuman tinggalnya di Ealing jadi pihak KUAnya g minta surat tersebut hehe

    Wassalam :)

    BalasHapus
  113. Sebelumnya terima kasih banyak sudah berkomentar di blog ini dan saya minta maaf sekali pada temen2 semua karena telat membalas comment. Ok to d point aja ya...

    @ mba Riana: Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh (Semoga mba Riana sudah menikah sekarang yaa.. amin).
    1. Kemungkinan besar iya mba... dulu aku di Jkt dan disuruh ke Komdak, temenku yg di daerah di suruh ke deket tempat tinggalnya. So, mba Riana coba ke Kepolisian terdekat aja mba, nanti kalau salah juga akan diarahkan ko insyaa Allaah.
    2. Pernah denger juga sih tentang 2 masjid itu mba. Tapi apapun masjidnya semua tergantung KUA nya mba karna yang minta2 syarat kayak gitu tu KUA. Seperti yang diceritakan mba Nisa.
    3. Ini juga sama bergantung KUAnya mba. Coba ditanyakan aja ya...
    4. Kalo kami dulu insyaa Allaah cuma CNI aja deh mba. Repot2 translate2 gitu tuh setelah menikah buat ngurus PR. Kalo KUA nya minta berarti tinggal diikuti aja mba... :) . Semoga Allaah berikan kemudahan selalu ya... amin.

    @mba Julia: Mba, Jujur sedih dengernya dan ga bisa komen apa2 karena siapalah aku ini kalau pihak berwenang sudah memberikan jawaban seperti itu. Tapi terus semangat dan berjuang ya mba...harapan itu pasti ada karena siapun manusia yang ingin menyusahkan, kalau Allaah berkehendak memudahkan maka sesuatu itu akan menjadi mudah. Semoga Allaah mudahkan mba Julia tuk reunite dengan suami ya... Amin.

    @ mba Nisa: Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Nisa...
    Alhamdulillaaah... baarakallaah laka wabaaraka 'alayka wajama'a baynakumaa fii khair. Semoga Allaah jadikan keluarga kalian keluarga yg sakinah mawaddah warahmah barakah dan diberkahi Allaah. amin. Makasih informasinya ya mba Nisaaaa

    BalasHapus
  114. Assalamualaikum mbak Aisyah, maaf ya saya ikutan komen...karna kebetulan saya baca pertanyaan mbak Julia Shakeel..mungkin lewat blog mbak Aisyah saya bisa bantu info dikit...sebetulnya Pakistani bisa masuk Indonesia bukannya ga bisa sama sekali cuma memang prosedurnya lebih sulit dibanding WNA lainnya..itu bukan semata2 salah pemerintah Indonesia tapi lebih sebagai proteksi dan karna Pakistan masuk negara yg memerlukan persetujuan khusus untuk disetujui permohonan visanya. Saya sendiri menikah dgn pakistani di Indonesia. Perjuangan mendapat visa memang bukan hal mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin.Kalau memang mbak Julia sudah menikah siri di luar negeri, kenapa tidak meresmikannya sekalian? Tinggal urus surat2 dr Indonesia dan Pakistan, bawa ke tempat dimana akan menikah dan mbak akan dapat surat nikah yg diakui negara. Kalau dokumen buku nikah sudah punya, apply visa utk suami kemungkinan approvalnya lbh besar. Atau bisa apply visa turis, kalau suaminya ingin berkunjung ke Indonesia. Saya mungkin tak tahu banyak info, tapi kalau mbak Julia mau ngobrol2 boleh email saya di lintangsegara@gmail.com. Trims ya mbak Aisyah utk ruang nulisnya. Wasalam

    BalasHapus
  115. Assalmu'alaikum Wr Wb.
    Subhanallah di tengah kebimbangan saya saat ini saya menemukan blok mba Aisyah..yang subhanallah membuka secercah harapan bagi saya ...untuk mewujudkan Harapan untuk menggenapkan sebagian Dien ini walaupun hinggga saat ini beliaw masih WNA.. cma mba saat ini keberadaan saya di daerah yang jauh dari ibukota jakarta..jadi mohon mba bisa memberikan alamat emailnya ke ammahmimi@ymail.com mohoon ya mbaa sya ga tau harus gimana..sedangkan ikwnx itu terus bertanya tentang prosedur u segera walmh.. syukraan Jazakillah Khoiran Katsira..ya mba...

    BalasHapus
  116. Assalmu'alaikum wr,wb,
    mbak saya umi saya mau menanyakan tentang syarat menijah dg orang luar cln saya dr bangladesh apa aja ya yg prl cln suami bagi surat ke kua dan ke kedutaan gnn urusnya mksh.

    BalasHapus
  117. Assalamualaikum WR WB. Mbak Aisyah tolong sy minta almt email nya ada yng mau sy Tanya kan secara pribadi .kbtln sa mau menikah dngn WNA warga negara UK trimakasih sebelumnya . trisni.heron@gmail.com

    BalasHapus
  118. Assalamu'alaikum...
    beruntung menemukan blog mbak...ada beberapa hal pribadi yang saya ingin share ke mbak perihal ini..(itupun klo mbak berkenan :) )
    karena ada bbrapa hal saya butuh pencerahan.. hehehe
    email saya ya mbak.. niens_trinity@yahoo.com

    Syukron jazakallah khoiran katsira.

    BalasHapus
  119. Assalamu'alaykum mbk aisyah boleh minta alamat emailnya g yah tolong reply ke fichwani@yahoo.com
    makasih byk mbk ada yang ingin saya share dengan mbk.. brhubug sangat pribadi. Makasih mbk... jazakillah

    BalasHapus
  120. assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatu...
    salam kenal mba aisyah,aku jule....blog anda sangat membantu walaupun banyakyg bertanya hal yg sama,tetapi mba aisyah begitu sabar dan banyak meluangkan waktu,,,, semoga Allah memberi banyak Rahmat dan Barokah buat mba aisyah dan kluarga,,aamiin allahumaa aaminn....saya adalah salah satu dari mereka yg ingin menikah dengan warga negara Asing dari south africa ,alhamdulillah info yg saya dapat dari KUA semua nya sama sepertiyg di info mba aisyah... saat ini saya sedang mengurus document nya ,,, in sha allah semua berjalan baik dan lancar....dan in sha allah nanti saya akan berbagi ... sedikit stress yaa ngurus nya karena harus banyak mondar mandir dan bertanya...heheheheh Mohon Doa nya agar semua berjalan baik dan lancar aamiin .... assalamu"alaikum warohmatullah wabarokatuh....

    BalasHapus
  121. assalamualaikum... salam kenal mba aisyah dan juga yg memberikan informasi seputar pernikahan dengan pakistani..saya fitri.. adik saya dan calonnya pakistani masih bekerja di dubai dan meminta saya mengurus apply visa yg sudah mereka urus di konsulat indonesia di dubai.. saya bingung karena imigrasi di kuningan bilang adik saya sendiri yg harus jadi sponsor,padahal adik saya tidak bisa datang ke indonesia lebih dulu dan meminta saya kakaknya membantu mengurus visa... benarkah saya tidak perlu bilang ke imigrasi adik saya mau menikah? bilang saja mau visit calon adik ipar saya pakistani? berapa lama ya kira2 prosesnya dan apakah harus melalui orang dalam agar diterima...tolong informasinya saya sangat perlu...terimakasih bnyak mba aisyah atas blognya...sangat bermanfaat

    BalasHapus
  122. assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatu..
    salam kenal mba aisyah, saya ayu,, saya udah membaca isian dari blog ini. alhamdulillah saya bisa punya gambaran apa yg harus saya lakukan untuk persiapan pernikahanku dengan warna negara india. insha allah awal taun depan, semoga berjalan dengan lancar amiiiinn,, terimakasih atas pencerahannya mba...:)

    BalasHapus
  123. Mikum....mbak aisyah di tempat, , saya punya pasangan warga negara thailand dan beda agama dg saya,, yg ingin saya tanyakan bagaimana cara dan syarat'y bila qt ingin melaksanakan pernikahan di Indonesia, , sedangkan qt berdua dlm posisi merantau di negara taiwan....apa bisa sehabis kontrak kerja saya lansung membawa pasangan saya untuk melaksanakan pernikahan di Indonesia, , , bagaimana cara&syarat'y??? tolong bls mbak

    BalasHapus
  124. Mohon maaf sebelumnya karena lama sekali ga bales komen temen2 semuanya dikarenakan banyak hal:

    @mba Lintang Segara: Jazaakillaahu khair atas infonya mba. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan dan semoga Allaah reward kebaikan mba dengan yang jaaaaauuuuh lebih baik lagi. Amin. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Lintang :) . BaarakAllaahu fiik.

    @ Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Ammaahmimi. Waiyyaakum mba. Semoga Allaah mudahkan semua urusannya terutama dalam rangka menggenapkan 1/2 Dien ini dan semoga Allaah jadikan kalian keluarga sakinah mawaddah warahmah setelahnya. Amin.

    @ Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Umi Rahayu, mohon dibaca lagi tulisan saya di atas ya mba... in shaa Allaah di sana ada jawabannya. :) Semoga Allaah mudahkan semua urusan mba Umi. Amin. :)

    @ Amanda Chan: Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Amanda. Mohon maaf lama sekali balasnya. Semoga mba sekarang sudah menikah ya... amin :)

    @ mba Jule. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Jule...
    Alhamdulillaah...seneng dengernya mba... semoga Allaah selalu memudahkan semua urusan mba Jule yaa. Amin.
    Hehe Alhamdulillaah mba, memang sedikit stress ketika menjalani prosesnya tetapi setelah semua selesai, rasanya semua stress yang pernah dialami hilang seketika. Alhamdulillaah. Selalu yakinlah akan ada kemudahan setelah kesulitan, adanya kebahagiaan setelah duka derita, ada senyum setelah tangis dan semuanya akan terasa ringan ketika kita menjalani dengan sabar dan berserah diri sama Allaah :) .

    @mba Fitri: Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Fitri. Salam kenal juga :) . Mohon maaf sebelumnya jika saya kurang mengerti dengan pertanyaan mba Fitri. Tetapi yang saya tangkap adalah mba Fitri ingin berkunjung ke Dubai dalam rangka pernikahan adik mba di sana dan mba ingin mengajukan visa tuk visit ke Dubai. benarkah?.
    Kalau memang seperti itu berarti kaitan mba dengan Visa visit. Allaah a'lam saya tidak berani menjawab lebih jauh karena ketidaktauan saya tetapi saya bisa mengerti jika pihak imigrasi menyarankan adik mba yang di Dubai tuk jadi sponsor. Setauku tuk jadi sponsor tidak harus datang langsung tetapi dokumen bisa dikirimkan per pos jika butuh tanda tangan dan semacamnya yang manual dan bisa dikerjakan online juga jika mereka meminta mba melakukan itu. Allaah a'lam mba untuk kebenarannya sebaiknya ditanyakan lebih jelas ke pihak terkait aja ya... :) semoga Allaah mudahkan semua urusannya. Amin.

    @ Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Ayu, salam kenal juga ya mbaaa... semoga
    Allaah memudahkan semua urusan mba Ayu terutama terkait dengan pernikahan mba. Amin :)

    @ Mikum? maaf apakah ini maksudnya Assalaamu'alaykum? jika Iya, alangkah baiknya untuk menuliskan salam secara lengkap karena salam adalah doa dan bukan formalitas terlebih untuk dipermainkan. Terima kasih.

    Menikah adalah dalam rangka beribadah kepada Allaah, dalam rangka menggenapkan separuh agama kita dan kita genapkan separuhnya lagi setelah menikah. Maka pernikahan beda agama (jika wanitanya adalah seorang muslim) maka setelah menikah pun akan dihukumi berzina, sehingga pernikahannya tidak dilaksanakan dalam rangka beribadah kepada Allaah sama sekali. Juga dengan pernikahan beda agama, mereka berarti tidak menggenapkan separuh agamanya, pun sebenarnya tidak dianggap sebagai menikah tetapi sekali lagi pernikahan tersebut adalah ZINA. Sehingga alangkah baiknya untuk tidak melakukan perikahan beda agama serta alangkah lebih baiknya untuk lebih memikirkan kehidupan akhirat kita dibandingkan "rasa cinta kepada manusia" ataupun “cinta kepada dunia” jika semua itu akan menjerumuskan kita di akhiraat nanti. Na'uzubillaah min dzaalik. Semoga Allaah selamatkan kita dari tipu daya dunia, tipu daya syaithan dan semoga Allaah berkahi kehidupan kita. Amin.

    BalasHapus
  125. Mba aisyah...boleh minta emailnya ga. Krn ada beberapa hal penting yg beraifat pribadi yang ingin saya tanyakan pada mba. Makasih mba sebelumnya. Semoga Allah merahmati keluarga mba.

    BalasHapus
  126. Amin. Semoga begitu juga dengan mba. Untuk selanjutnya tolong berikan nama yang jelas ya mba Anonim biar enak manggilnya :)

    BalasHapus
  127. Assalamualaiku mba Aisyah, perkenalkan nama saya Aurora. InShaa Allah tahun depan saya akan menikah, dengan org Inggris. Kurang lbh sy uda baca2 hal2 yg hrs dilakukan, dipersiapkan.. tp ttp yah saya takut ada yg kurang ato salah.. dan wkt kemarin2, calon suami meminta saya untuk menanyakan apa yg hrs dilakukan dan kpd siapa kita hrs bertanya, sehingga pernikahan ini bisa valid di Inggris jg. Nah ini saya agak bingung, klo menurut saya sih saya akan bertanya ke kelurahan yg mmproses surat2 nikah saya atau imigrasi. Bagaimana menurut mba Aisyah? Mohon pendapatnya, terima kasih. Salam.

    BalasHapus
  128. Assalamualaiku mba Aisyah, perkenalkan nama saya Aurora. InShaa Allah tahun depan saya akan menikah, dengan org Inggris. Kurang lbh sy uda baca2 hal2 yg hrs dilakukan, dipersiapkan.. tp ttp yah saya takut ada yg kurang ato salah.. dan wkt kemarin2, calon suami meminta saya untuk menanyakan apa yg hrs dilakukan dan kpd siapa kita hrs bertanya, sehingga pernikahan ini bisa valid di Inggris jg. Nah ini saya agak bingung, klo menurut saya sih saya akan bertanya ke kelurahan yg mmproses surat2 nikah saya atau imigrasi. Bagaimana menurut mba Aisyah? Mohon pendapatnya, terima kasih. Salam.

    BalasHapus
  129. Assalamualaiku mba Aisyah, perkenalkan nama saya Aurora. InShaa Allah tahun depan saya akan menikah, dengan org Inggris. Kurang lbh sy uda baca2 hal2 yg hrs dilakukan, dipersiapkan.. tp ttp yah saya takut ada yg kurang ato salah.. dan wkt kemarin2, calon suami meminta saya untuk menanyakan apa yg hrs dilakukan dan kpd siapa kita hrs bertanya, sehingga pernikahan ini bisa valid di Inggris jg. Nah ini saya agak bingung, klo menurut saya sih saya akan bertanya ke kelurahan yg mmproses surat2 nikah saya atau imigrasi. Bagaimana menurut mba Aisyah? Mohon pendapatnya, terima kasih. Salam.

    BalasHapus
  130. Asslammualaikum mba aisyah
    Insaallah saya akan melaksanakan pernikahan dengan warga negara german (wanita) yang alhamdulillah sudah muaalaf.jika mba aisyah berkenan mohon saran dan pencerahan untuk kami,apa yang harus kami lakukan untuk melaksanakan kewajiban kami sebaai muslim.ini alamat email saya " tuanrezka@icloud.com " semoga Allah memberikan kami kemudahan dan semoga mba aisyah selalu dalam lindungan Allah amin

    BalasHapus
  131. Asslammualaikum mba aisyah
    Insaallah saya akan melaksanakan pernikahan dengan warga negara german (wanita) yang alhamdulillah sudah muaalaf.jika mba aisyah berkenan mohon saran dan pencerahan untuk kami,apa yang harus kami lakukan untuk melaksanakan kewajiban kami sebaai muslim.ini alamat email saya " tuanrezka@icloud.com " semoga Allah memberikan kami kemudahan dan semoga mba aisyah selalu dalam lindungan Allah amin

    BalasHapus
  132. Assalamu alaikum..

    Saya senang sekali menemukan blog dan forum diskusi ini karema sangat membantu. Sebelumnya perkenalkan saya Alfi dan memiliki pacar Pakistani. Yang menjadi masalah kami adalah tuntutan orang tua yang mengharuskan saya menikah dengan status suami WNI meskipun dia berasal dari luar Indo sebelumnya.

    Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah ada konsekuensi hukum jika WNA menikah dengan WNI?
    2. Setelah menikah nanti, apakah dia bisa mengajukan permanent residence visa di Indonesia?
    3.bagaimana jika WNA melamar pekerjaan di sebuah perusahaan di Indonesia? Adakah yang punya pengalaman atau kisah ttg pekerjaan WNA di Indonesia?
    4. Apakah ada share cerita atau pengalaman ttg perpindahan kewarganegaraan WN Pakistan menjadi WNI?

    Saya benar2 membutuhkan pencerahan dan masukan dari mb Aisyah dan teman2 semua. Jika ada yang ingin membalas email silakan di alfi.nuraini19@gmail.com

    Bantuan teman2 sangat sy butuhkan dalam niat menyempurnakan separuh agama. Jazakullahu khoirul jaza'

    Wassalamu alaikum..

    BalasHapus
  133. assalamualaikum wr. wb
    mb aisyah saya mau tny mengenai CNI... calon suami saya kan dari UK dan CNI bisa diurus disana apa msih perlu lgi minta dari kedutaan yg di jakarta??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam mba Loly. Calon suami saya jg dr UK. Kebetulan wkt itu kami sempat dtg ke embassy UK. Kami tdk smpai masuk, tp bag security memberi kami alamat email yg bs dihub, dan no telp, barangkali mau mmbuat janji atau pertanyaan2. Dan sdh tdk ada yg namanya CNI mba, tp di ganti dgn Statutory Declaration. Mungkin mba Loly bs coba dtg ke embassy-nya. Itu yg saya tahu. Ok ^^ mdh2an mmbantu.

      Hapus
    2. Assalamualaikum mb aisyah.. Apa kabarnya? Lagi iseng main ke blognya mb.. Kalo boleh mo bantu ukhti loly.. Tetap harus diganti ke CNI versi indo ya itu wajib karena kedutaan diindo juga wajib tau.. Anyway CNI yg didapat di uk itu hanya notification of married jadi CNI yg digunakan adalah yg dari kedubes ya..

      Gudluck

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Wa'alaykumsalaam warahmatullah wabarakaatuh Semuanya. Mohon maaf karena sudah lama disibukkan dengan dunia nyata dan belum sempat membalas pertanyaan2nya.

      @mba Loly, apakah sekarang mba sudah menikah? (semoga yaaa)... sharing2 pengalamannya di blog ini akan sangat membantu mereka yang membutuhkan informasi terutama yang berkaitan dengan pengalaman mba Loly.

      @Anonym, makasih banyak ya sudah memberikan jawaban. SubhaanAllaah, sekarang sudah berubah ya ternyata bukan CNI lagi tapi Statutory Declaration. Terima kasih atas sharingannya ya mbaa...Jazaakillaahu khair wa baarakAllaahu fiik.

      @ mba Nisa Arsy: Wa'alaykumsalaam warahmatullah wabarakaatuh mba Nisaaaa... Alhamdulillah baik. Gimana kabarnya mbaaa?...
      Makasih banyak ya udah main ke blogku. Thanks juga udah memberikan jawaban buat mba Loly. Jazaakillaahu khair wa baarakAllaahu fiik.

      Semoga Allaah mudahkan urusan kalian semuanya. Amin.

      Hapus
  134. Assalamualaikum, mba' saya bisa minta alamat email ny? Ada bbrapa Hal yg ingin saya tanyakan seputar marriage
    Ini email saya nrlnsands@gmail.com

    BalasHapus
  135. mbak saya minta emailnya ya saya mau tanya sesuatu tentang marriage pleasee mbak karena saya sudah menikah dengan pria india
    ini email saya mbak oliviaparamitha19@gmail.com

    BalasHapus
  136. Assalamu'alaikum warohmatullahi wa barokaatuuh
    Thanks atas sharing infonya mbak Aisyah dan aameen Allahumma aameen atas do'anya..
    Tolong minta alamat email atau fbnya ya mbak,,
    Jazakillah khairan sebelumnya
    Wassalamu'alaikum warohmatullohi wa barokaatuuh

    BalasHapus
  137. Wa'alaykumsalaam warahmatullah wabarakaatuh mba Dian.

    Sama2 mbaa. waiyyaaki... mohon tuliskan emailnya di sini ya mba nanti saya email balik in shaa Allaah. BaarakAllaahu fiik.

    BalasHapus
  138. Wa'alaykumsalaam warahmatullah wabarakaatuh mba Dian.

    Sama2 mbaa. waiyyaaki... mohon tuliskan emailnya di sini ya mba nanti saya email balik in shaa Allaah. BaarakAllaahu fiik.

    BalasHapus
  139. Assalamu'alaikum mba aisyah, ada yg mau saya tanyakan personal. Boleh kontak ke email saya di panggilakubunga@gmail.com
    Saya mengharap kabar baik dari mba aisyah.

    BalasHapus
  140. Assalamu'alaikum mba aisyah.

    Wah terbantu banget dengan tulisannya ini. Soalnya saya ada planning juga ke sana. Cuman masih ada beberapa kendala sieh, semoga semuanya bisa berjalan dengan lancar. Aamiin.

    Masih ada beberpa hal yg personal yang mau saya tanyakan ke Mba Aisyah, jadi klo bisa Qta emailan ya mba' Jazakillah Khairan Katsira ni Mba'

    kasminithirteen@gmail.com

    BalasHapus
  141. Assalamualaikum mba..
    Saya berencana menikah dengan lelaki polandia tetapi skrg bekerja di inggris...
    Saya masih bingung mba ngurus2 nya..
    Bisa mba email saya di tarripewe@gmail.com atau pin bbm saya 549B0556

    Mohon bantuannya ya mba

    BalasHapus
  142. Assalamualaikum mba aisyah...

    Saya rencananya mau menikah dengan pria polandia tetapi skrg sdng bekerja di inggris...
    Bagaimana ya untuk mengurus dokumentnya...saya masih bingung bgt..

    Email: tarripewe@gmail.com
    Pin BBM: 549B0556
    Line: tarripewe

    BalasHapus
  143. Assalamualaikum mba..
    Saya berencana menikah dengan lelaki polandia tetapi skrg bekerja di inggris...
    Saya masih bingung mba ngurus2 nya..
    Bisa mba email saya di tarripewe@gmail.com atau pin bbm saya 549B0556

    Mohon bantuannya ya mba

    BalasHapus
  144. Assalamualaikum
    Saya mau bertanya mengenai CNI.
    1. Syarat passport yg diminta ITU hanya fotocopy or asli? Krn calon saya TDK ada di indo.
    Krn saat saya tell kedutaan srilanka, dibilang harus semua asli Dan yg bersangkutan yg datang urus sendiri.
    2. Syarat yg diminta untuk CNI selain passport apalagi MBA?
    3. Untuk akte kelahiran, Surat cerai,surat masuk islam asli atau copy Dan diserahkan kemana MBA?
    4.apa diminta pasfoto tuk calon juga MBA?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba Hasna.

      Kalau negara Srilanka saya tidak berani menjawab mba karena setiap negara beda persyaratan dan beda juga kebijakannya.

      Mba bisa coba datang ke kedutaan Srilanka (kalau lewat telepon biasanya jawabnya ga memuaskan mba hiks pengalaman soalnya, jadi lebih baik dateng langsung ke kedutaan) trus ditanyakan semuanya secara jelas. Semoga Allaah mudahkan semua urusannya ya mba. Aamiin.

      Hapus
  145. tulisannya bagus dan bermanfaat bagi banyak orang.. barakallahu fikum Aisyah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah. Terima kasih Nixon. Wafiikum baarakAllaah.

      Hapus
  146. MashaALLAH... setelah rambut ini mengeriting kribo.. alhamdulillah ketika baca isi dan comment2 nya saya dapat pencerahan banyak di blog ini ... saya bookmark dulu...

    Assalamu'alaikum wr wb mba Aisyah...
    Semogga ALLAH SWT selalu menyucurkan kebahagiaan, keberkahan dan rahmatnya kepada mba sekeluarga, Aamiin Allahuma Aamiin..

    Perkenalkan mba nama saya Miranda, calon saya kelahiran Algeria tetapi sudah 15 tahun tinggal dan kerja di UK , sekarang dia sudah dapat British Citizen Alhamdulillah. Kami rencana menikah di bulan July 2017 inshaALLAH, dan saya berencana akan ikut dan tinggal dengan nya di UK. Nah.. karena kami berdua memang tidak paham dengan pernikahan beda negara, jadi saya memohon dengan sangat agar pertanyaan saya dijawab sesuai yg mba aisyah ketahui dan teman2 lain mungkin juga bisa membantu saya... Semoga ALLAH selalu memudahkan segala urusan kita semua, Aamiin.. langsung aja ke pertanyaan ya mbak..

    1. Kira2 mana yang lebih baik, menikah di Indonesia atau di UK mba ? (sedangkan saya bakalan tinggal di UK nantinya, tapi saya tidak mau sampai kehilangan kewarganegaraan Indonesia)

    2. Jika kami menikah diIndonesia, lebih baik saya mengajukan VISA apa untuk ke UK? dan pengajuan VISA itu dilakukan sebelum menikah atau sesudah menikah ?

    3.Jika kami menikah di UK, VISA apa yang sebaiknya saya ajukan ?

    4.Jika kami menikah di Indonesia, Apakah Akte Kelahiran WNA itu diwajibkan mba? (soalnya calon suami tidak memiliki Akte Kelahiran dari negara asalnya Algeria) gimana ituh :(

    5.Boleh kirim email kosong ke email saya mbak, mana tau terdesak krn kegalauan ini.. hehe.. email : nandaandinimiranda@gmail.com

    Gak terasa comment saya cukup panjang juga ya mba.. hehe..
    Saya sangat mengharapkan jawaban dari Mba Aisyah dan teman2 lain yang membaca comment saya ini.. Jazakullah

    Wassalamu alaikum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalaam warahmatullaah wabarakaatuh mba.

      Hehe Alhamdulillaah seneng dengernya. Aamiin doa2nya semoga Allaah mereward doa2 mba dengan kebaikan yg jaaaaaauuuuh lebih baik dari doa tadi. Aamiin.

      Ok aku coba jawab pertanyaannya ya mbaa...

      1. Pengalamanku dulu dan baca pengalaman temen2 yang lain juga. Jauh lebih mudah nikah di negara calon suami (tapi ga bisa di-generalisir juga karna tiap negara beda kebijakan harus di ek dulu ke negara ybs). Cuma sepengetahuanku dan pengalaman temen2 lainnya nikah di luar lebih mudah dibandingkan di Indo. Kenapa aku dah tau nikah di Indo lebih susah tapi tetep dilakukan? Karna faktor tuntutan keluarga dan adat. Insyaa Allaah mba dan teman2 mengerti yang saya maksud. Jadi terpaksalah kami menikah di Indo.

      2&3 (jawabannya sama). Mohon maaf sebelumnya aku ga gau aturan di UK (tolong ditanyakan ke kedutaan UK nya ya mba). Tapi saranku jika mba menikah di Indo lalu pergi ke UK atau pergi ke UK untuk menikah di sana, mba coba pake visit visa. Setelah mba sampai di sana entah untuk menikah atau untuk tinggal tetap, mba apply permanent resident agar bisa menetap di UK.

      4. Dulu kasusku sama mba. Suami ga puya akte kelahiran akhirnya pake driver license. Alhamdulillaah KUA nya mau.

      5. Yup minta tolong dicek emailnya ya mba.

      Semoga Allaah mudahkan semua urusan mba dan teman2 lainnya yang ingin menggenapkan 1/2 agama dengan menikah. Aamiin.

      Hapus
    2. Alhamdulillah... trimakasih mba Aisyah atas responnya yang sangat berarti buat saya... bener2 kami ini lagi galau bgt utk masalah pengurusan nikah beda negara... huhuhu... tapi semua saya serahkan lagi kepada ALLAH , Semoga ALLAH meridhoi niat baik kami dan melancarkan segala urusan kami... begitu juga mba aisyah dan semua temen2 disini, semoga ALLAH selalu memberi kelancaran dan kebahagiaan untuk semuanya... Aamiin ya rabbal alamin...

      Btw saya suka dengan tulisan2 nya mba Aisyah... Sangat bermanfaat... Sukses selalu buat mba Aisyah...

      Wassalam,

      Hapus
  147. Perkenalkan kami Halimun Translator Agency
    Biro Penerjemahan Dokumen Tersumpah / Tidak Tersumpah (Sworn Translation / Non Sworn Translation)
    kami ingin mengajak kerjasama dalam Bidang Penerjemahan Dokumen, mungkin saja jika ada rekan / saudara membutuhkan Jasa Penerjemahan Dokumen.
    Dokumen Seperti :
    1. Dokumen Pribadi ( KTP, KK, SKCK atau dokumen Pribadi Lainnya)
    2. Dokumen Perusahaan (Akte Pendirian, SIUP, TDP, NPWP dan DLL)
    3. Dokumen Manual Book
    4. Dokumen Perjanjian Perusahaan
    5. Dokumen yang diharuskan diterjemahkan oleh Penerjemah Tersumpah
    6. Dokumen WNA untuk keperluan Pernikahan dengan WNI, RPTKA, IMTA, dan sejenisnya
    Bahasa Asing yang dapat kami terjemahkan :
    1. Indonesia - Inggris (v.v)
    2. Belanda
    3. Spanyol
    4. German
    5. Portugis
    6. India, Latin, Korea, China, Jepang, Vietnam, Rusia, Ukraina, Denmark, Thailand, Turki
    untuk biaya akan kami berikan harga terbaik demi kelancaran jika sudah terjalin kerja sama  
    Jika ingin berbincang-berbincang silahkan Kontak Kami :
    Telephone : 0812 - 8546 - 9992 / 085774860146
    WA : 0812-1181-2181
    ( Kiki)
    E-mail : Halimun.translet1@gmail.com / Halimuntranslator@gmail.com

    BalasHapus

Terima kasih atas komentar Anda di blog ini. :)

-- Admin Dourbest2day.blogspot.com --